iklan

Keunikan Alat Musik Khas Kalimantan Utara

Alat Musik Khas Kalimantan Utara
Provinsi Kalimantan Utara ialah salah satu kawasan yang mempunyai warisan budaya melimpah, dan semua itu arus tetap dilestarikan supaya tetap lestari, semua alat musik yang ada harus tetap sering dimanfaatkan supaya kearifan budaya yang ada tersebut sanggup dimainkan secara terus menerus, dan hal itu tentunya akan menambah nilai tersendiri di mata Internasional. Berikut ini ialah klarifikasi tiga alat musik khas provinsi Kalimantan Utara :

1. Alat Musik Babun Kalimantan Utara

Alat musik Babun merupakan alat musik khas provinsi Kalimantan Utara yang terbuat dari serta dilapisi dengan kulit hewan dam terdapat lubang di penggalan ujung ujungnya, bentuk dari alat musik Babun seolah-olah gendang dan dimainkan dengan cara dipukul, selain di Kalimantan Utara Babun juga sanggup dijumpai di Kalimantan Selatan.

Babun sanggup dijumpai hampir di seluruh Kabupaten yang ada disana, alat musik babun biasanya diungsikan sebagai pengiring grup tari-tarian kawasan serta alat musik pengiring wayang kulit khas Kalimantan Utara, para pemain musik Babun juga memainkan alat musik tersebut dengan mengembangkan metode, hal tersebut diadaptasi dengan suasana.

Babun dimainkan dengan posisi pemain duduk sila sedangkan penempatannyapun bebas sesuai dengan impian si pemainnya, alat musik tersebut juga sanggup dijadikan sebagai instrumen alat musik “Gamelan” dan alat musik “Panting”.


2. Alat Musik Gambang Kalimantan Utara
Gambang juga merupakan alat musik khas dari provinsi Kalimantan Utara, terbuat dari bilah kayu berjumlah 18 bilah. Alat musik Gambang mempunyai resonator berbentuk bahtera dengan kotak bunyi penggalan atas dilapisi memakai beberapa bilah kayu tipis yang dibentuk persegi panjang. Dan pada penggalan ujung resonator berbentuk  piramid yang berfungsi sebagai  penutup di penggalan pangkal tersebut.
Alat musik gambang ini dimainkan dengan cara dipukul dengan alat pukul khusus terbuat dari kayu dengan penggalan ujung dilapisi dengan kain berbentuk bulat, Alat musik Gambang khas Kalimantan Utara ini mempunyai tangga nada dengan jumlah yang bermacam-macam mulai dari  17 sampai 21 bilah sedangkan nada yang dipakai diantaranya Mayor, Minor, dan Gregorian.
Gambang dengan nada terendah dimiliki oleh bilah dengan ukurannya terpanjang dan ter lebar sementara itu untuk nada tertinggi dimiliki oleh gambang dengan berbentuk pendek, tebal serta lurus kolam trapesium.

Untuk menghasilkan nada yang sesuai biasanya pada ujung bilah dipotong atau ditipiskan, Sedangkan untuk memilih nada rendah pada tengah bilah biasanya ditipiskan.

3. Alat Musik Rebab Kalimantan Utara


Rebab juga merupakan alat musik khas Kalimantan Utara, selain dimanfaatkan sebagai musik ansambel Rebab juga difungsikan sebagai musik pengiring program agenda etika yang di selenggarakan di kawasan Kalimantan Utara. Di Indonesia Rebab sudah cukup terkenal, bahkan sampai ke luar negeri khususnya wilayah Asia Tenggara.
Di kawasan  Jawa alat musik Rebab juga ada akan tetapi namanya berbeda. Alat musik Rebab sanggup dibentuk dari materi setengah tempurung kelapa, dan sanggup juga dibentuk dengan kotak bunyi dari logam serta kulit sapi, biasanya juga di hiasi dengan ukiran-ukiran yang indah. Di pulau Jawa Rebab juga masuk dalam instrumen  Gamelan dimainkan dengan cara digesek dan sanggup menghasilkan nada-nada melodis.
Melalui alat musik tradisional yang ada di setiap daerah, sanggup dijadikan sebagai sarana hubungan sosial antara masyarakat satu dengan yang lain, sebagai generasi penerus bangsa tentu ialah menjadi kewajiban kita untuk terus menjaga serta melestarikan kekayaan budaya yang kita miliki.

Nah demikianlah klarifikasi ihwal tiga alat musik khas provinsi Kalimantan Utara kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua, salam .

Sumber http://kurtilas-sd.blogspot.com

0 Response to "Keunikan Alat Musik Khas Kalimantan Utara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel