iklan

3 Jenis Tes Berbasis Komputer Yang Harus Kau Ketahui

3 Jenis Tes Berbasis Komputer Sumber: www.itp.net

Selama ini, umumnya kita mengerjakan tes di atas kertas, dengan berbekal pensil, pulpen, penghapus, atau tip-ex sebagai amunisinya. Namun, tahukah teman-teman bahwa ada 3 jenis tes berbasis komputer yang sanggup kita ikuti di Indonesia? Mari simak klarifikasi kami berikut ini. :)

1. TOEFL CBT (Computer-Based Test)

Computer Based Test TOEFL Sumber: www.asianscientist.com

Selain berbasis kertas (PBT) dan berbasis internet (iBT), TOEFL juga mempunyai tes berbasis komputer (CBT). Jenis tes ini mengharuskan penerima untuk mengerjakan soal memakai perangkat lunak resmi dari Educational Testing System (ETS) sebagai penyelenggara TOEFL internasional. Materi yang diujikan antara lain mendengar, membaca, menulis, dan berbicara dengan total waktu 2 hingga 2,5 jam. Skor tertinggi pada TOEFL CBT ialah 330.

2. UN Berbasis Komputer (UNBK)

Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer Sumber: pemerintah.net

Indonesia juga ikut menyelenggarakan tes berbasis komputer semenjak 2015, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk sanggup menyelenggarakan UNBK, sekolah harus mendaftarkan diri dan memenuhi syarat kecukupan infrastruktur, sumber daya manusia, serta kesiapan para pesertanya itu sendiri. Untuk mengerjakan soal UN, siswa harus log in memakai username dan password yang tertulis di kartu ujian. Jadi, jangan hingga lupa membawa kartu ujian, ya!

3. SBMPTN CBT

SBMPTN CBT 2016 Sumber: fikrielchicharito24.blogspot.com

Mengikuti jejak Ujian Nasional, ternyata Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) juga akan menyelenggarakan tes berbasis komputer di 2016 ini. SBMPTN CBT kurang lebih memakai sistem yang sama dengan TOEFL CBT, yaitu penerima mengerjakan soal di perangkat lunak resmi yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara. Saat mendaftar nanti, teman-teman sanggup menentukan untuk mengikuti SBMPTN CBT, dengan syarat akomodasi pendukungnya sudah tersedia di area ujian yang kau pilih. :)

Untuk teman-teman yang tahun ini akan mengikuti tes berbasis komputer, harap persiapkan dengan baik, ya! Jangan lupa untuk berlatih alasannya pengalaman mengerjakan tesnya niscaya berbeda dengan versi kertas yang selama ini biasa kau kerjakan. :D

Cheers! ;)

0 Response to "3 Jenis Tes Berbasis Komputer Yang Harus Kau Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel