Prinsip Kerja Sistem Starter Elektrik
Motor Starter tidak sanggup bekerja kalau tidak ada sumber tenaga yang menggerakkannya. Sistem Starter ialah serangkaian komponen yang terkait satu sama lain untuk menghidupkan starter. dan Prinsip kerja Sistem Starter Elektrik ialah sebagai berikut mencakup ;
1) Saat Kunci Kontak Off
Hubungan sumber tegangan dengan rangkaian sistem starter terputus, tidak ada arus yang mengalir sehingga sistem starter tidak sanggup digunakan.
2) Saat Kunci Kontak On
a) Kunci kontak posisi ON, tetapi tombol starter tidak ditekan.
Tombol starter tidak ditekan (posisi OFF) menjadikan arus dari sumber tegangan (baterai) belum mengalir ke sistem starter sehingga sistem starter belum bekerja
b) Kunci kontak posisi ON dan tombol starter ditekan.
Apabila tombol starter ditekan (posisi START) pada ketika kunci kontak ON, maka kemudian sistem starter akan mulai bekerja dan arus akan mengalir :
Baterai ⇒ Sekering ⇒ Kunci Kontak (ON) ⇒ Kumparan Relay
Starter ⇒ Tombol Starter (START) ⇒ massa.
Kondisi ini akan menjadikan terjadinya kemagnetan pada kumparan relay starter sehingga menghubungkan arus utama starter dari baterai menuju ke motor starter. Motor starter mengubah arus listrik dari baterai menjadi tenaga gerak putar,
Sumber http://ilmuteknikmesinindonesia.blogspot.com
1) Saat Kunci Kontak Off
Hubungan sumber tegangan dengan rangkaian sistem starter terputus, tidak ada arus yang mengalir sehingga sistem starter tidak sanggup digunakan.
2) Saat Kunci Kontak On
a) Kunci kontak posisi ON, tetapi tombol starter tidak ditekan.
Tombol starter tidak ditekan (posisi OFF) menjadikan arus dari sumber tegangan (baterai) belum mengalir ke sistem starter sehingga sistem starter belum bekerja
b) Kunci kontak posisi ON dan tombol starter ditekan.
Apabila tombol starter ditekan (posisi START) pada ketika kunci kontak ON, maka kemudian sistem starter akan mulai bekerja dan arus akan mengalir :
Baterai ⇒ Sekering ⇒ Kunci Kontak (ON) ⇒ Kumparan Relay
Starter ⇒ Tombol Starter (START) ⇒ massa.
Kondisi ini akan menjadikan terjadinya kemagnetan pada kumparan relay starter sehingga menghubungkan arus utama starter dari baterai menuju ke motor starter. Motor starter mengubah arus listrik dari baterai menjadi tenaga gerak putar,
kemudian memutarkan poros engkol mesin untuk menghidupkan mesin.
Mekanisme Penggerak/Penghubung Sistem Starter
Motor starter tidak terhubung secara langsung dengan poros engkol, melainkan dihubungkan melalui prosedur penggerak/ penghubung. Tujuan prosedur penghubung ini antara lain :
1) Meningkatkan momen putar motor starter melalui perbandingan/reduksi roda gigi perantara, dan
2) Memungkinkan ditambahkannya prosedur kopling satu arah yang akan melepaskan hubungan putaran motor starter dengan poros engkol sehabis mesin hidup.
Terdapat dua jenis mekanisme penggerak/penghubung motor starter pada sepeda motor, yaitu: 1) Mekanisme penghubung memakai sprocket & rantai penggerak, dan 2) Mekanisme penghubung memakai roda gigi (gear).
Gambar . Mekanisme Penghubung Motor Starter Dengan Rantai
Mekanisme Kopling Satu Arah
Mesin akan mulai berputar alasannya ialah digerakkan oleh motor listrik melalui perantaraan rantai starter atau roda gigi.
Agar sehabis mesin hidup motor starter tidak ikut berputar pada rotor flywheel dipasangkan prosedur kopling satu arah
Gambar . Konstruksi dan Kerja Kopling Satu Arah
0 Response to "Prinsip Kerja Sistem Starter Elektrik"
Posting Komentar