iklan

Sebarkan Beritanya, Bukan Kengeriannya: 3 Budbahasa Share Isu Viral

14 Januari 2016 menjadi hari yang kelam bagi Indonesia terutama warga ibukota, DKI Jakarta. Sekitar pukul 11.00-an WIB telah terjadi agresi bunuh diri dan baku tembak di sekitaran tempat Sarinah. Sontak isu tersebar dengan sangat cepat terutama melalui media umum maupun online chat platform.

Mulai dari berita, himbauan, gambar, dan video dibagikan oleh para pengguna media umum dan menyerupai biasa, gerakan hashtag pun dimulai dengan #prayforjakarta #indonesiabrave #kamitidaktakut dan lainnya.

Hal tersebut sangat masuk akal terjadi. Namun, kita wajib menentukan lho isu menyerupai apa yang patut untuk disebarluaskan.

Berikut tiga hal pertimbagan etis yang perlu kau perhatikan sebelum menekan tombol “send” atau “share” itu!

 

1. Apakah gambarnya sanggup mengganggu orang lain?

Media massa memiliki arahan etik untuk menawarkan sensor untuk gambar yang dinilai terlalu vulgar, contohnya saja gambar korban kecelakaan yang luka parah dan muka pelaku atau korban. 

gambar disamarkan gambar disamarkan

Nah, kita juga sebaiknya membuatkan gambar yang sudah disamarkan saja dan jangan ikut membuatkan gambar-gambar yang sanggup memicu ketidaknyamanan pembacanya.

 

2. Apakah beritanya “verified”? 

bukan hoax bukan hoax

Bila kau mendapatkan banyak broadcast pesan terkait satu peristiwa, wajib dicek lagi nih sumbernya darimana. Sebelum ada keterangan resmi dari pihak berwajib atau terkait dan dari media yang terpercaya, jangan ikut-ikutan jadi penyebar hoax ya!

 

3. Mau berkomentar? Pahami dulu konteksnya

Memang susah menahan harapan untuk tidak turut dalam “percakapan” yang ada di media umum terutama kalau konten atau isunya viral.

Namun, jangan asal sembarang berkomentar yaa sebelum kau tahu apa yang gotong royong terjadi. Pelajari konteksnya dan menyerupai poin kedua, cek dulu informasinya dari sumber yang sanggup dipercaya.

 

Ayo menjadi pengguna media umum yang cerdas!

Cheers!

0 Response to "Sebarkan Beritanya, Bukan Kengeriannya: 3 Budbahasa Share Isu Viral"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel