iklan

5 Cara Gampang Memulai Kebiasaan Membaca

Buku dan membaca. Hmmm, seringkali dihubungkan dengan figur cupu berkacamata tebal dan pergi ke perpustakaan setiap hari, atau membaca hanya menjadi “keharusan”  ketika kita akan menghadapi ujian atau kuis di kelas. Kegiatan membaca selalu dikaitkan dengan buku pelajaran tebal, yang terkadang kita gunakan sebagai obat tidur alami :p.

Namun kau niscaya setidaknya menikmati membaca beberapa jenis buku tertentu, kan? Bisa jadi majalah, komik, atau novel pop dari rak best seller di toko buku. Well, itu juga sudah menjadi awal yang baik untuk meningkatkan kebiasaan membaca kamu.

Kali ini Ruangguru ingin menyebarkan 5 tips untuk mengembangkan minat kau membaca buku. Dengan membaca dan tahu banyak hal, kau dapat menjadi the-cool-geek-ever. Check this out!

1. Mulai dari rekomendasi. Kamu dapat mulai dengan browsing daftar buku klasik yang wajib dibaca atau subscribe ke situs yang berisikan review buku. Sesuaikan dengan jenis bacaan yang akan kau nikmati, ya! Bisa self-help, romansa, science fiction, atau perihal travelling.

2. Pinjam. Kalau kau masih belum yakin untuk membeli buku, atau bila kantong kau lagi kering alias bokek, maka manfaatkan sumber gratis di sekitar kamu. Dari perpustakaan sampai sobat dan keluarga yang punya banyak koleksi buku, dapat kita pinjam terlebih dahulu.

3. Coba genre lain. Kalau kita hanya membaca perihal sci-fi terus menerus, kita mungkin gak akan pernah tahu cara keren Sherlock dalam memecahkan suatu kasus atau bagaimana trik persuasi dan memperbanyak sobat dalam buku self-help. Coba deh baca buku dengan genre lain. Selain akan menambah wawasan kamu, membaca banyak sekali buku dengan genre berbeda dapat menciptakan kau makin kreatif alasannya yaitu gaya menulis yang beragam.

4. Membaca setiap hari, minimal 10 menit. Bagi kau yang belum terbiasa membaca, ayo coba mulai luangkan 10 menit perhari untuk membaca buku-buku yang ringan terlebih dahulu. Percaya deh, usang kelamaan kau akan terbiasa dan malah keasyikan sendiri. Selalu siapkan buku berukuran kecil untuk dibaca saat kita sedang menunggu sesuatu. Daripada melongo dan main HP, mendingan kita membaca bukan? ☺

5. Punya target. Kamu dapat menciptakan sasaran tersendiri dalam membaca buku. Misalnya, dalam satu bulan harus menuntaskan minimal satu buku bacaan, atau setidaknya membaca dua atau tiga buku genre tertentu untuk ‘memperdalam’ pengetahuan kamu.

Yuk mulai membaca! Bukan sebagai paksaan atau hanya sekedar kewajiban untuk bisa menjawab ujian, tetapi lebih ke self-fulfilment atau pengembangan diri untuk semakin banyak tahu! :)

0 Response to "5 Cara Gampang Memulai Kebiasaan Membaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel