iklan

5 Langkah Gampang Biar Fasih Berbicara Bahasa Inggris Layaknya Penutur Asli

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, umum digunakan di dunia akademik dan dunia kerja. Ingin bisa cas-cis-cus berbicara dalam Bahasa Inggris menyerupai Cinta Laura? Speaking memang merupakan salah satu hal yang cukup sulit untuk dikuasai oleh orang-orang ketika mencar ilmu Bahasa Inggris. Namun, ada beberapa trik yang sanggup kau coba untuk meningkatkan kemampuanmu. Salah satunya dengan membiasakan diri untuk berpikir dalam Bahasa Inggris. Cara ini akan membuatmu terlihat natural dan fasih ketika berbicara dalam Bahasa Inggris. Pasalnya, ketika kau berbicara dalam Bahasa Inggris dengan cara menerjemahkan setiap katanya dari Bahasa Indonesia, struktur kalimatmu akan berantakan. Nah, ingin tau bagaimana caranya bisa berpikir dalam Bahasa Inggris? Baca terus hingga akhir, ya!

berbicara bahasa inggris

Kunci keberhasilan dari trik pertama ini yakni konsistensi. Kamu harus secara rutin mempraktikkan cara ini. Ketika kau berdiri tidur di pagi hari, coba perhatikan barang-barang yang ada di sekitarmu. Setelah itu, sebut barang-barang tersebut dalam Bahasa Inggris. Contohnya, lamp, bed, wardrobe, dan lain-lain. Kamu juga sanggup melaksanakan hal yang sama ketika dalam perjalanan menuju sekolah atau kampus, lho. Pikirkan saja hal-hal yang kau temukan di jalan dalam Bahasa Inggris.

 

berbicara bahasa inggris - kata-kata bahasa inggris Kata-kata sederhana dalam Bahasa Inggris. (Sumber: youtube.com)

 

berbicara bahasa inggris

Ketika kau sudah sukses melaksanakan cara sebelumnya, kau sanggup mulai melaksanakan trik yang satu ini. Coba buat satu kalimat sederhana dari hal-hal yang kau lihat sehari-hari. Misalnya, gunakan Bahasa Inggris untuk mengomentari atau menjelaskan insiden yang sedang kau alami. Contoh kalimatnya yakni ‘I’m eating sandwich for lunch’. Lakukan hal tersebut sesering mungkin. Jika kau belum percaya diri untuk berbicara secara keras, kau bisa bicara dalam hati saja kok, smart buddies. Yang penting, kau dihentikan menerjemahkan kalimat tersebut dari Bahasa Indonesia, ya.

berbicara bahasa inggris

Saat kau berdiri pagi, coba rencanakan kegiatan harianmu dengan memakai Bahasa Inggris. Ini ia contohnya.

Today I will go to school by bus. After lunch, I have to return a book to the library. I’m going to ask my best friend to accompany me. At night, I will watch some episodes from my favorite television series before I go to sleep.

 

berbicara bahasa inggris - aktivitas harian dan mingguan Agenda harian dalam Bahasa Inggris. (Sumber: pinterest.com)

 

Kamu tidak perlu menciptakan kalimat yang sulit kok. Kegiatan sehari-hari yang sederhana saja sudah akan cukup membantu proses belajarmu. Luangkan waktu yang cukup untuk bisa benar-benar menyusun seluruh kalimatnya dalam Bahasa Inggris.

berbicara bahasa inggris

Saatnya untuk naik ke level yang lebih tinggi. Kini, kau ditantang untuk bisa berpikir dalam Bahasa Inggris dalam sebuah percakapan. Uniknya, percakapan ini tidak kau lakukan dengan orang lain. Dengan kata lain, kau mengobrol dengan dirimu sendiri. Kamu sanggup melakukannya dengan volume keras atau dalam hati saja. Melatih diri untuk berpikir dalam Bahasa Inggris melalui suatu percakapan akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kemampuan bahasamu. Pasalnya, kau akan menunjukkan pertanyaan sekaligus memikirkan jawabannya. Meskipun kedengarannya agak aneh, tapi cara ini akan membantumu membiasakan diri untuk berpikir dalam Bahasa Inggris. Berikut ini yakni rujukan percakapan yang bisa kau buat.

It's so hot today.

I should have brought an umbrella.

Now I become so thirsty, I will buy a bottle of drink first before I enter the classroom.

berbicara bahasa inggris

 

berbicara bahasa inggris - dua orang bercakap-cakap Mengobrol dengan orang lain memakai Bahasa Inggris. (Sumber: freepik.com)

 

Jika merasa sudah cukup lancar melaksanakan cara sebelumnya, kau bisa mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Kuncinya yakni kau harus mempersiapkan semua hal yang ingin kau utarakan di pikiranmu dalam Bahasa Inggris. Aktivitas ini lebih menantang, alasannya yakni kau tidak akan tahu apa yang akan diucapkan atau ditanyakan oleh lawan bicaramu. Apabila memungkinkan, akan lebih baik bila kau mengobrol dengan orang asing. Selain lebih menantang, bukan mustahil orang asing yang kau ajak bicara akan membetulkan kalimatmu yang masih kurang tepat. Kamu jadi menerima ilmu baru, deh.

Itu ia lima kegiatan yang bisa kau lakukan semoga kau terlatih untuk berpikir dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, kau akan semakin hebat memakai Bahasa Inggris ketika berbicara. Struktur kalimat, penggunaan kata, dan intonasi bicaramu akan menyerupai dengan orang-orang yang bahasa utamanya yakni Bahasa Inggris. Kamu tidak perlu khawatir lagi bila dihadapkan dengan wawancara dalam Bahasa Inggris ataupun speaking saat tes IELTS. Selamat mencoba ya, smart buddies! Kalau kau punya tips lainnya, silahkan tulis di kolom komentar ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu. (AZN/TN)

0 Response to "5 Langkah Gampang Biar Fasih Berbicara Bahasa Inggris Layaknya Penutur Asli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel