iklan

8 Fakta Harbolnas 2018 Yang Wajib Diketahui Pengusaha Indonesia

Hari Belanja Nasional 2018 atau yang dikenal dengan sebutan HARBOLNAS sudah usai. Namun terdapat fakta-fakta menarik dari HARBOLNAS yang wajib diketahui oleh para pengusaha di Indonesia. Mulai dari total transaksi sampai produk-produk terlaris di HARBOLNAS 2018.


Ada fakta menarik di HARBOLNAS kali ini. Sebelumnya dikatakan bahwa 90 % produk e-commerce di Indonesia ialah produk impor. Padahal pertumbuhan e-commerce di Indonesia cukup pesat, namun tugas dari produk orisinil Indonesia sangat minim.


Namun di HARBOLNAS 2018 ada fakta-fakta menarik wajib diketahui oleh banyak pebisnis di Indonesia. Apa saja kah fakta-fakta tersebut, berikut SolusiUKM berikan:


Produk Lokal jadi Raja


Hasil riset forum survei, Nielsen membeberkan kalau produk lokal menjadi produk yang cukup laku di selama ajang HARBOLNAS. Total transaksi yang dihasilkan oleh produk lokal mencapai angka Rp 3,1 triliun dari total transaksi keseluruhan sebesar Rp 6, 8 triliun.


“Harbolnas kali ini, memang kita fokuskan untuk meningkatkan daya jual produk lokal di platform e-commerce. Kami sangat bahagia hampir setengah dari nilai transaksi HARBOLNAS 2018 berasal dari produk lokal,” terperinci ketua HARBOLNAS 2018 Indra Yonathan pada siaran pers yang diterima SolusiUKM.


Tentunya hasil HARBOLNAS 2018 pertanda eksistensi UMKM di Indonesia bisa bersaing secara digital. Sebab belum begitu banyak UMKM di Indonesia yang menginjakan kakinya di ranah digital. Padahal Kementerian Perindustrian, Kementerian BUMN serta Kementerian Komunikasi dan Informatika mengencarkan kampanye biar UMKM di Indonesia segera digital.


Saat ini jumlah UMKM di Indonesia diperkirakan gres 58,97 juta orang. Dan yang sudah go digital sebesar 4 juta UMKM. Pemerintah menginginkan 2019 menjadi tahunnya UMKM dengan lebih banyaknya UMKM yang go online.


Meningkatnya Penggunaan e-Wallet


HARBOLNAS 2018 juga meningkatkan penggunaan e-wallet dikalangan masyarakat. Di tahun 2017 pengguna e-wallet hanya 11% ketika belanja HARBOLNAS namun di 2018 meningkat 4% menjadi 15 %. e-Wallet ialah uang digital sebagai metode pembayaran di kurun digital ketika ini.


Meningkatnya penggunaan e-Wallet di HARBOLNAS 2018 cukup banyak faktor. Salah satunya ialah cukup banyak promo menarik kalau buyer membayar memakai e-Wallet. Bahkan cukup banyak platform e-commerce yang menunjukkan cashback bagi pembeli yang membayar memakai e-Wallet.


Minat Masyarakat Meningkat


Ternyata HARBOLNAS memberi efek yang luar biasa. Sebab, berdasarkan hasil data milik Nielsen ada pertumbuhan 46% dibandingkan tahun 2017 masyarakat yang berpartisipasi dari HARBOLNAS 2018. Namun peningkatan masih didominasi oleh masyarakat di Pulau Jawa. Sedangkan peningkatan di luar Jawa mencapai angka 6 %.


Hampir 90% Pengguna Internet Mengetahui HARBOLNAS


88% pengguna internet mengetahui HARBOLNAS 2018, sumber utama pengguna internet mengetahui isu mengenai HARBOLNAS berasal dari situs belanja online, kedua dari media sosial. Sementara platform video hanya menunjukkan angka 2% awareness masyarakat mengenai event HARBOLNAS.


Di Dominasi Fashion dan Kosmetik


 atau yang dikenal dengan sebutan HARBOLNAS sudah usai 8 Fakta Harbolnas 2018 yang Wajib Diketahui Pengusaha Indonesia


Banyak yang menerka ketika HARBOLNAS masyarakat akan mengincar produk-produk gadget. Namun, di HARBOLNAS 2018 produk fashion dan kosmetik merupakan produk-produk yang paling diburu oleh masyarakat selama HARBOLNAS. Menunjukan kalau tren masyarakat selalu berubah setiap waktu.


Nilai Transaksi e-Commerce Meningkat


Rata-rata e-Commerce berhasil meningkatkan transaksi sampai 6,9 kali dibandingkan dengan transaksi harian mereka. Bahkan uniknya, ketika HARBOLNAS masyarakat lebih banyak belanja sekitar pukul 09.00 sampai 15.00. Menunjukan bahwa para pembeli di HARBOLNAS 2018 melaksanakan belanja ketika jam kerja.


88% Pengguna Smartphone


Data ini menjadi data yang wajib dipegang oleh para pelaku e-Commerce untuk meningkatkan UI/UX di smartphone. Terbukti bahwa transaksi ketika HARBOLNAS 2018 88 % berasal dari Smartphone. Angka ini meningkat sekitar 13 % dibandingkan tahun lalu. Sementara pengguna laptop hanya 23%, PC 11 % dan tablet 6 %.


Mobile Banking Diminati


Peningkatan jumlah transaksi memakai smartphone ketika HARBOLNAS 2018, mendorong peningkatan pembayaran melalui mobile atau internet banking lebih diminati dibandingkan memakai mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Persentasenya pun meningkat sampai 49 % meningkat sekitar 3% dibandingkan dengan tahun 2017.


Fakta-fakta hasil HARBOLNAS 2018 menjadi contoh brand dan online shop untuk mengetahui huruf pembeli. Fakta ini bisa menjadi dasar bagi para pemilik bisnis online untuk bisa memilih seni administrasi sempurna untuk meningkatkan penjualan di tahun depan.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "8 Fakta Harbolnas 2018 Yang Wajib Diketahui Pengusaha Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel