iklan

Cara Memakai Apar

 Pada artikel sebelumnya telah kita bahas perihal  Cara Menggunakan APAR
Pada artikel sebelumnya telah kita bahas perihal pengertian APAR, fungsi, jenis dan persyaratan teknis. Kali ini kita akan membahas cara menggunakan APAR.

Tata cara penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)  : 
1. Tarik/Lepas Pin pengunci tuas APAR 
2. Arahkan selang ke titik sentra api. 
3. Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR  
4. Sapukan secara merata sampai api padam dengan cara gerakkan ujung pipa ke kiri dan ke kanan untuk membuatkan materi pemadam api yang keluar dari tabung.

Yang perlu diperhatikan : 
· Posisi harus membelakangi arah angin, caranya dengan menyemprotkan terlebih dahulu APAR ke udara sebelum mengoperasikan ke areal terbakar. 
· Pastikan ruang gerak cukup untuk mendekati api. 
· Bergerak merunduk. 
· APAR diuji coba terlebih dahulu sebelum dipergunakan. 
· Berhati-hatilah terhadap sambaran balik api, harus selalu waspada. 
· Selalu bersiap dan sigap untuk mundur kebelakang menghindari api. 
· Selalu memadamkan api dengan jarak maksimum antara tabung APAR mengarah eksklusif ke api. 
· Ada APAR yang perlu dibalik terlebih dahulu sebelum dipergunakan, supaya media isi APAR yang sudah usang tidak dipergunakan sanggup beroperasi dengan optimal.

Klasifikasi kebakaran Indonesia sesuai dengan pembagian terstruktur mengenai berdasarkan NFPA, menyerupai yang tertuang pada Peraturan Menteri Nakertrans : 04/Men/tahun1980, yaitu :
Kelas A 
Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat, contohnya kertas, kayu, plastik, karet, busa, dan lain-lainnya. Media yang baik untuk pemadaman kebakaran untuk kelas ini adalah: air, pasir, karung goni yang dibasahi, dan APAR tepung kimia kering. 

Kelas B 
Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda gampang terbakar berupa cairan, contohnya bensin, solar, minyak tanah, spirtus, alkohol, dan lain-lainnya. Media yang baik untuk pemadaman kebakaran untuk kelas ini adalah: pasir, APAR tepung kimia kering. Dilarang menggunakan air untuk jenis ini lantaran berat jenis air lebih berat daripada berat jenis materi di atas, sehingga jikalau kita menggunakan air maka kebakaran akan melebar kemana-mana. 

Kelas C 
Kebakaran yang disebabkan oleh listrik. Media yang baik untuk pemadaman kebakaran untuk kelas ini adalah: APAR tepung kimia kering. Matikan dulu sumber listrik biar kita kondusif dalam memadamkan kebakaran. 

Kelas D 
Kebakaran pada logam menyerupai magnesium dan sodium. Ini tergolong kebakaran berat dan dalam mematikan api kita perlu menggunakan alat khusus.Ukuran APAR juga perlu diperhatikan lantaran akan kuat pada luas api yang akan dimatikan. Misalnya APAR ukuran 9 kg dipakai untuk 5 m2 luas api, jadi per kilonya sanggup dipakai untuk 0,5 m2. 


Referensi :
meowwwhoney.blogspot.com/search?q=pengertian-apar
http://tabungpemadamapi.org/cara-menggunakan-alat-pemadam-api/
http://www.slideshare.net/ekokiswantoslide/materi-pelatihan-apar-1#


Sumber http://kampanyek3.blogspot.com/

0 Response to "Cara Memakai Apar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel