iklan

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Ngedrop Pada Motor


ilustrasi aki kering
 Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop - Aki merupakan sebuah komponen power bank sebuah motor. Kerjanya menyimpan arus listrik yang dihasilkan dari generator motor ketika menyala. Sehingga ketika aki mengalami kerusakan mati, megakibatkan sistem kelistrikan pada sebuah motor menjadi bermasalah sebab cadangan listrik tidak sanggup tersimpan di aki, contohnya tidak bisa distarter, lampu mati, bahkan motor tidak bisa menyala.

Aki dibagi menjadi dua jenis Menurut materi material dan sebutanya yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering dipakai pada motor atau kendaraan beroda empat keluaran baru. Dan aki berair merupakan aki yang dipakai motor jenis keluaran lama. namun kali ini kita akan membahas memperbaiki aki kering.

Aki kering sering juga disebut dengan MF battery [battery maintanance free] mempunyai keunggulan dalam hal efesiensi penempatan. Selain itu aki kering terbebas dari korosi sebab mempunyai materi material yang berkualitas sehingga dalam segi perawatan tidak teralalu menghawatirkan. Harga aki kering pun cenderung lebih mahal dibanding dengan aki basah.

Penyebab kerusakan aki beraneka ragam, contohnya rusak dimakan umur, terjadi korsleting pada sistem kelistrikan motor atau terjadi kerusakan pada sistem pengisian aki. Melihat penyebabnya tersebut lebih baik diselidiki terlebih dahulu antara aki benar-benar rusak atau kerusakan malah terjadi pada sistem kelistrikan motor anda. Ini sangat penting dipahami biar nanti ketika sudah berhasil memperbaiki aki malah bukan akinya yang rusak malah kelistrikanya yang bermasalah.

Untuk memastikan ini cek dengan cara mengecas aki secara pasif, ketika sudah penuh gunakan lagi. Jika terjadi drop berarti terjadi kerusakan pada aki atau bisa jadi terjadi korsleting beban berlebih pada kelistrikan, contohnya pada lampu utama yang mengalami korsleting. atau aki terkuras meski mesin dalam keadaan mati.

Benarkah aki kering sanggup diperbaiki? Mungkin inilah yang menjadi pertanyaan penuh harap bahwa aki sanggup diperbaiki bekerja normal sesudah diperbaiki. memang hal tersebutlah yang yang kita harapkan bahwa aki sanggup diperbaiki.

Dalam banyak sekali fakta yang ada bahwa aki sanggup diperbaiki dengan cara yang gampang dan semua orang sanggup memperbaiki. Tidak ada salahnya jikalau dicoba.

Cara memperbaiki aki kering ngedrop

Permasalahan yang sering terjadi pada aki kering yaitu tidak bisa menyimpan arus secara penuh/lemah. Sehingga ketika akan dipakai lagi tidak berpengaruh menopang beban berat. Atau ngedrop. Seperti halnya sebuah batrai hp jikalau sudah mengalami drop maka tidak akan bisa bertahan lama. dan pribadi habis. Namun yang terjadi pada aki yaitu kerja aki mengisi pada ketika mesin menyala jikalau aki rusak maka meski dicarger akan mengalami hal serupa pada kemudian hari yaitu selalu tekor. Letak kerusakan pada aki yaitu problem penyimpanan arus lemah, seketika habis tidak sanggup terisi secara full ketika mesin motor menyala.

Alat dan materi
·         Air aki
·         Lem stel
·         Obeng
·         Suntikan
·         Gergajibagi yang memakai cover pada lubang pengisian aki
·         Tang jepit

Berikut langkah yang sanggup anda tempuh dalam memperbaiki aki kering ngedrop/lemah.
·         Pertama copot aki dari kabel yang terhubung dengn motor
·         Kedua buka epilog aki kering, pada tahap ini ada beraneka ragam sistem cover pada pengisian cairan pada beberapa aki, sehingga perlu pemahaman bagaimana membuka epilog aki. Ada yang harus melalui pemotongan dan ada juga yang melalui prodses hanya membuka epilog dengan cara mecongkelnya saja. Namun in harus berhati hati biar tidak merusak body pecahan bawh yang mengakibatkan kebocoran pada cairan aki.

·         Setelah berhasil melihat lubang pengisian cairan, lihatlah lubang tersebut dengan secama apakah benar kering atau masih terdapat cairan accu. Jika masih lebih baik buang saja ganti dengan yang baru. Sebelum pengisian air aki baru, basuh aki memakai air panas kemudian di keringkan sejenak.

·         Isilah air aki secukupnya tidak secara penuh lebih baik diisi sekitar 90% saja pada setiap lubang material aki. Ada sebuah cara unik untuk memperbaiki aki yaitu dengan memakai media bodrek dan puyer sebagai materi komplemen cairan suur. Katanya, bodrek sanggup bereaksi dengan material aki bersifat memperbaiki material aki. Benar dan tidaknya tentu memakai metode experiment Silahkan anda coba bila berminat dengan teknik bodrek tersebut.

·         Pastikan pengisian sama tidak ada yang Kelebihan cairan dan kekurangan, yang niscaya seimbang. Agar pengisian lebih gampang gunakan suntikan cairan biar nanti ketika proses pengisian mengalami Kelebihan bisa dikurangi dengan cara menyedot memakai suntikan tersebut.

·         Setelah final pada tahap pengisian Selanjutnya tutup lubang menyerupai semula. Jika pada beberapa aki memakai epilog cover paten yang tadinya di gergaji bisa dilem memakai lem plastic. Dan jangan biarkan kebocoran sedikitpun untuk menghindari korosi pada konektor aki.

·         Selanjutnya tahap pengecasan aki kering.

·         Aki yang gres di isi ciran tdi tidak bisa pribadi dipakai harus melalui tahap pengcasan.


·         Pengecasan aki kering bisa melalui dua cara yaitu dengan cara memakai trafo cas aki dan memakai media motor yang masih manis akinya dengan cara menjumper dengan keadaan motor menyala pada ketika proses pengisian. Aki sanggup terisi dengan cepat jikalau cas yang dipakai mempunyai daya yang lebih besar dari aki. Sehingga ketika aki dicas memakai media motor, harus berada pada level tinggi, dalam waktu yang cukup panjang hingga aki benar terisi secara penuh.

Praktis bukan?
Itulah yang sanggup aku bagikan mengenai cara memperbaiki aki kering ngedrop/ semoga aki kering anda rusak sanggup diperbaiki dan bekerja menyerupai semula. Bagi yang sudah mengganti aki dengan yang gres bisa dijadikan sebagai cadangan. Jika masalahnya ketika anda sudah membeli aki gres namun aki masih tetap saja ngdrop ini bisa jadi terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan motor anda.  



Sumber http://soldiradem.blogspot.com

0 Response to "Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Ngedrop Pada Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel