iklan

Cara Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Cara mengubah hardisk internal Laptop menjadi eksternal Cara Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Jika anda merasa tidak puas dengan kapasitas penyimpanan pada Laptop yang ketika ini anda gunakan, maka solusi terbaik yakni dengan mengganti hardisk memakai kapasitas yang lebih besar. Atau, jikalau anda merasa kecepatan hardisk yang anda gunakan ketika ini sudah sangat lambat, maka anda sanggup melaksanakan upgrade dari HDD ke SSD. Ketika anda sudah mengganti hardisk Laptop, dan hardisk usang tersebut masih bagus, maka anda sanggup mengubah hardisk internal Laptop tersebut menjadi eksternal. (Baca juga: Perbandingan kecepatan HDD dan SSD)

Akan sangat disayangkan jikalau anda harus menganggurkan atau bahkan membuang hardisk bekas Laptop maupun PC Desktop yang sudah diganti. Padahal anda sanggup memanfaatkannya dengan melaksanakan convert hardisk PC tersebut menjadi external. Anda sanggup menciptakan hardisk eksternal sendiri dengan memakai hardisk bekas internal Laptop yang dibantu oleh sebuah hardisk converter maupun casing hardisk.

Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Jika anda hendak mengubah hardisk internal Laptop yang sebelumnya dipakai pada Laptop maupun PC Desktop, maka anda harus mengidentifikasi jenis hardisk yang digunakan. Ada dua jenis hardisk komputer jikalau ditinjau dari segi ukuran, yaitu hardisk 2,5″ dan hardisk 3,5″. Hardisk 2,5″ merupakan jenis hardisk yang dipakai pada Laptop, sementara hardisk 3,5″ yang ukurannya lebih tebal dipakai sebagai media penyimpanan pada PC Desktop (CPU tabung).

Mengubah Hardisk Internal Laptop Menjadi Hardisk Eksternal

Jika anda hendak mengubah hardisk internal Laptop yang berukuran 2,5″ menjadi hardisk eksternal, maka anda sanggup memakai salah satu diantara dua alat perhiasan berikut. Kedua alat perhiasan tersebut adalah Converter SATA to USB maupun Casing HDD. Kedua alat ini intinya mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk mengubah hardisk biar sanggup dipakai melalui sambungan USB.

1. Mengubah Hardisk Laptop Menjadi Hardisk Eksternal Menggunakan Converter SATA to USB

Alat atau komponen pertama yang sanggup anda gunakan jikalau hendak mengubah hardisk internal Laptop menjadi hardisk eksternal yakni dengan memakai converter SATA to USB. Alat ini mempunyai fungsi untuk mengubah interface SATA yang terdapat pada hardisk menjadi USB biar sanggup dihubungkan melalui port USB di Laptop maupun PC Desktop.

Cara memakai alat ini untuk mengubah hardisk internal Laptop menjadi eksternal sangat mudah. Yang perlu anda lakukan pertama kali hanyalah membeli alat converter SATA to USB ini. Alat atau komponen konverter hardisk ini sanggup anda peroleh di toko elektronik terdekat maupun di banyak sekali toko online. Agar diperoleh kecepatan transfer data yang maksimal nantinya, maka sangat disarankan untuk membeli Converter SATA to USB 3.0.

Setelah anda mempunyai converter SATA to USB, maka anda cukup hubungkan ujungnya yang mempunyai interface SATA ke sambungan hardisk Laptop anda, kemudian sambungkan interface USB ke port USB Laptop. Maka anda akan melihat bahwa hardisk tersebut sudah terbaca dan sanggup digunakan, yang berarti anda sudah berhasil mengubah hardisk internal Laptop menjadi eksternal memakai konverter hardisk.

Cara mengubah hardisk internal Laptop menjadi eksternal Cara Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal

2. Mengubah Hardisk Laptop Menjadi Hardisk Eksternal Menggunakan Casing Hardisk

Alat kedua yang sanggup anda gunakan untuk menciptakan hardisk eksternal dari hardisk komputer Laptop yakni dengan memakai casing hardisk. Fungsi casing hardisk intinya sama saja dengan alat yang sebelumnya yaitu untuk mengubah interface SATA menjadi USB. Dengan demikian hardisk internal Laptop sanggup dipakai dengan cara disambungkan melalui port USB.

Kelebihan dari alat kedua ini yakni alasannya yakni merupakan sebuah casing hardisk yang artinya tidak hanya sanggup menghubungkan hardisk melalui USB, tapi juga akan membungkus hardisk tersebut. Dengan demikian, hardisk internal Laptop anda akan terlihat sama persis dengan hardisk eksternal yang beredar dipasaran.

Untuk mengubah hardisk Laptop menjadi hardisk eksternal, maka anda harus mempunyai casing hardisk terlebih dahulu. Anda sanggup menemukan alat ini di toko elektronik atau online shop favorit anda. Agar kecepatan transfer data menjadi maksimal, silahkan beli casing hardisk yang memakai sambungan USB 3.0.

Setelah anda mempunyai alat ini, maka silahkan buka casing hardisk tersebut. Langkah selanjunya silahkan masukkan hardisk anda dengan menghubungkan interface SATA hardisk dengan kesing hardisk. Jika sudah selesai, tutup kembali casing hardisk tersebut dan anda sudah sanggup menggunakannya sebagai hardisk eksternal.

Cara mengubah hardisk internal Laptop menjadi eksternal Cara Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Mengubah Hardisk Internal PC Desktop Menjadi Hardisk Eksternal

Jika anda mempunyai PC Desktop usang yang hardisknya sudah diganti, atau bahkan komputer desktop tersebut juga sudah tidak digunakan, maka anda sanggup memanfaatkan hardisknya. Anda sanggup mengubah hardisk internal PC Desktop tersebut dengan menjadikannya sebagai penyimpanan eksternal atau hardisk eksternal.

Sama menyerupai hardisk yang berasal dari Laptop, anda juga sanggup mengubah hardisk internal PC Desktop yang berukuran 3,5″ menjadi hardisk eksternal. Yang anda butuhkan hanyalah sebuah alat untuk mengubah sambungan SATA pada hardisk menjadi USB biar sanggup dihubungkan melalui port USB komputer. Alat yang sanggup anda gunakan yakni converter SATA menyerupai yang dipakai pada hardisk Laptop.

Namun, hardisk PC Desktop mempunyai ukuran yang besar dibanding hardisk Laptop. Dengan demikian hardisk 3,5″ sudah tentu membutuhkan daya yang lebih besar pula. Jika anda hanya mengubungkannya ke port USB Laptop atau PC Dekstop, maka hardisk tersebut tidak akan terbaca alasannya yakni tidak mempunyai daya yang cukup. Oleh alasannya yakni itu, anda membutuhkan daya perhiasan biar hardisk PC Desktop ini sanggup terbaca dan dipakai sebagai hardisk eksternal. Penambah daya tersebut yakni adaptor universal yang nantinya akan disambungkan ke listrik dan ke converter SATA to USB.

Jadi, jikalau anda hendak menyulap hardisk internal PC Desktop yang berukuran 3,5″ menjadi sebuah hardisk eksternal, maka anda membutuhkan dua alat. Alat-alat tersebut yakni converter SATA to USB dan juga sebuah adaptor penambah daya yang akan dipasang pada converter hardisk. Makara pastikan anda sudah mempunyai kedua alat ini, jikalau belum silahkan cari di toko elektronik terdekat atau di online shop.

Setelah anda mempunyai kedua alat tersebut, silahkan siapkan hardisk PC Desktop yang akan dijadikan hardisk eksternal. Selanjutnya, silahkan sambungkan adaptor ke terminal listrik, kemudian sambungkan ujung adaptor ke port yang terdapat di converter SATA to USB.

Cara mengubah hardisk internal Laptop menjadi eksternal Cara Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Setelah itu, silahkan sambungkan converter SATA to USB ke interface SATA pada hardisk. Kemudian sambungkan interface USB konverter hardisk tersebut ke port USB yang terdapat pada Laptop maupun PC Dekstop. Jika sudah selesai, maka hardisk internal PC Desktop anda akan terbaca dan sanggup dipakai sebagai hardisk eksternal.

Cara mengubah hardisk internal Laptop menjadi eksternal Cara Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Itulah cara mengubah hardisk internal menjadi eksternal, baik itu hardisk Laptop yang berukuran 2,5″ maupun hardisk PC Desktop yang berukuran 3,5″. Jadi, jikalau anda membutuhkan penyimpanan perhiasan yang sanggup dibawa ke mana-mana, maka tidak perlu mengeluarkan biaya perhiasan untuk membeli hardisk eksternal. Anda sanggup memanfaatkan hardisk bekas untuk dijadikan hardisk eksternal yang sanggup dipakai pada komputer manapun.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Cara Mengubah Hardisk Internal Menjadi Eksternal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel