Ciptakan Berguru Efektif Ala Guru Dengan Menciptakan Silabus Sendiri!
Tahun fatwa gres akan segera tiba. Apakah Bapak dan Ibu guru sudah mulai mempersiapkan silabus atau rencana pembelajaran? Silabus setiap mata pelajaran berisikan komponen pokok yang sanggup menjawab kompetensi yang akan dikembangkan pada siswa, cara mengembangkannya, dan cara mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dicapai oleh siswa. Berikut langkah-langkah untuk membuat silabus untuk membuat berguru efektif.
1. Perhatikan komponen silabus
Pada format silabus, terdapat 8 komponen yang harus diisi. Kedelapan komponen tersebut ialah standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, indikator (penanda pencapaian kompetensi dasar), penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
2. Petakan standar kompetensi dan kompetensi dasar
Ini merupakan langkah pertama dalam membuat silabus. Standar kompetensi ialah seperangkat kompetensi yang harus dicapai siswa sebagai hasil belajarnya. Sedangkan kompetensi dasar ialah rincian dari standar kompetensi , berisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang secara minimal harus dicapai siswa.
3. Pilih dan tentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar
Dalam memilih materi pembelajaran, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan. Hal-hal tersebut adalah:
- Potensi penerima didik
- Relevansi dengan karakteristik daerah
- Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual penerima didik
- Kebermanfaatan bagi siswa
- Struktur keilmuan
- Aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
- Relevansi dengan kebutuhan penerima didik dan tuntutan lingkungan
- Alokasi waktu
4. Merancang aktivitas pembelajaran
Buatlah aktivitas pembelajaran semenarik mungkin sehingga sanggup memotivasi siswa untuk terus belajar. Bapak/Ibu guru sanggup mencari acuan untuk metode aktivitas pembelajaran unik dan menarik lewat artikel ini.
5. Tentukan indikator pencapaian biar lebih gampang merancang penilaian
Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan sikap yang sanggup diukur. Indikator tersebut sanggup meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Setiap kompetensi dasar dikembangkan sekurang-kurangnya menjadi 3 indikator.
6. Tentukanlah jenis penilaian
Penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaian kompetensi dasar dan indikator oleh penerima didik. Alat evaluasi sanggup memakai tes tertulis, tes lisan, proyek, dan sebagainya. Sebaiknya, alat evaluasi yang dipakai betul-betul menguji pehamaman penerima didik, bukan sekadar hafalan.
7. Alokasikan waktu aktivitas pembelajaran
Alokasi waktu yang dicantumkan pada silabus ialah asumsi waktu rata-rata bagi penerima didik untuk menguasai kompetensi dasar. Saat menentukan, yang perlu diperhatikan ialah tingkat kesulitan, keluasan, dan tingkat kepentingan materi. Jangan lupa juga mengalokasikan waktu untuk tes/ulangan, remedial, dan cadangan.
8. Tentukanlah sumber berguru yang akan digunakan
Penentuan sumber berguru didasarkan pada standar kompetensi,kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. Sumber berguru tidak harus berupa buku, tetapi sanggup juga website , video, dan sebagainya. Gunakanlah sumber berguru yang bervariatif biar penerima didik tidak merasa bosan.
Itulah langkah-langkah dalam membuat silabus yang nantinya akan dipakai sebagai contoh untuk aktivitas berguru di kelas. Semoga langkah-langkah yang Ruangguru berikan sanggup mempermudah Bapak dan Ibu guru, ya. (NF/DR)
0 Response to "Ciptakan Berguru Efektif Ala Guru Dengan Menciptakan Silabus Sendiri!"
Posting Komentar