iklan

Hindari Kesalahan-Kesalahan Ini Dalam Persiapan Sbmptn

Pendaftaran SBMPTN 2016 sudah dibuka. Kemungkinan besar akseptor tes seleksi tersebut sedang berbondong-bondong mengikuti bimbel, try out, dan berguru intensif demi memastikan daerah mereka di dingklik perguruan tinggi tinggi incaran. Dari tahun ke tahun, selalu ada siswa yang kurang siap atau melaksanakan kesalahan tertentu sehingga mengalami kegagalan. Berikut ini merupakan sejumlah kesalahan umum yang biasa dilakukan akseptor SBMPTN.

Menyamakan SBMPTN dengan UN

 

persiapan sbmptn Foto: streetsmartbrazil.com 


Tentunya cara berguru untuk SBMPTN dan UN tidak sanggup dibilang sama, lantaran kedua ujian ini diadakan untuk tujuan yang berbeda. SBMPTN merupakan tes untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di universitas. Sementara itu, UN merupakan bentuk penilaian terhadap hasil berguru siswa selama tiga tahun bersekolah di SMA. Saat UN, kau tidak berkompetisi dengan siswa lainnya, berbeda dengan SBMPTN. Tes SBMPTN juga mengukur contoh berpikir kau dan bagaimana kau menganalisa masalah. Maka dari itu, perjuangan berguru kau harus lebih besar dan contoh bahan yang kau kuasai haruslah sesuai dengan bahan SBMPTN.

Salah memakai taktik berguru

 

persiapan sbmptn Foto: tria.co.ke

 

Ya, strategi belajar merupakan hal yang krusial apabila kau ingin menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri favoritmu. Kesalahan yang biasa dilakukan beragam, mulai dari tidak mengerti dengan baik hukum SBMPTN atau kelompok ujian yang harus tempuh, sampai tidak menciptakan jadwal berguru yang jelas. Ada pula siswa yang hanya mengandalkan seluruh soal-soal SBMPTN yang kemudian dan melahapnya tanpa benar-benar mempelajari bahan pelajarannya.

Kurang cermat menentukan jurusan dan kampus

 

persiapan sbmptn Foto: businessschools.com

 Tentunya, semua siswa berharap supaya tidak salah menentukan aktivitas studi. Namun, tidak jarang alasan menentukan prodi tersebut kurang rasional atau jelas. Memang tidak sanggup dipungkiri bahwa siswa menentukan prodi dengan bermacam-macam alasan yang berbeda. Apapun alasannya, pastikan bahwa kau memahami dengan terang aktivitas studi yang kau pilih tersebut. Banyak-banyaklah mencari isu wacana prodi incaran. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang memahami aktivitas studi yang menjadi minatmu.

Pilihan prodi kedua dan ketiga juga harus disertai alasan yang matang. Anggap saja keduanya sebagai kesempatan ekstra kau untuk masuk PTN. Tidak menutup kemungkinan kau diterima di aktivitas studi alternatif tersebut, asalkan kau memperhitungkan peluang tersebut dengan baik dan rasional.

Tidak memperhitungkan passing grade

 

persiapan sbmptn Foto: csnews.com 

Kalau kau tidak mengetahui jumlah peminat dan passing grade tiap-tiap aktivitas studi pilihanmu, kau tidak sanggup memperkirakan peluangmu diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang diinginkan. Informasi wacana aktivitas studi yang kau inginkan sesungguhnya sanggup diakses melalui situs resmi SBMPTN. Dengan begitu, semisal kau mengikuti tryout atau mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu, kamu sanggup mengestimasikan seberapa besar kesempatan kau untuk diterima di Perguruan Tinggi Negeri incaran.

Salah mengisi lembar identitas diri

 

persiapan sbmptn Foto: pixabay.com 

Ya, hal sederhana ibarat mengisi identitas diri masih menjadi salah satu penyebab siswa tidak lulus SBMPTN. Pastikan kau mengisi identitas diri yang benar semenjak kau mendaftar. Identitas formulir registrasi juga harus sama persis dengan identitas di lembar tes ujian. Jangan lupa juga untuk memeriksanya kembali sebelum meninggalkan ruangan.

0 Response to "Hindari Kesalahan-Kesalahan Ini Dalam Persiapan Sbmptn"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel