iklan

Ini Beliau Kunci Sukses Cara Menanam Secara Hidroponik Dari Seorang Kepala Daerah

Minimnya lahan pertanian kawasan perkotaan merupakan salah satu hambatan bagi sebagian orang untuk menyalurkan hobinya dalam bertani. Menurut sebagian orang bertani yaitu kegiatan dengan meluangkan banyak waktu dan harus berhadapan dengan tanah. Hal ini pula lah yang mengakibatkan masyarakat perkotaan sangat jarang kita jumpai sebagai pertani. Bagi Anda yang hidup di perkotaan dan mempunyai hobi bertani, jangan khawatir alasannya dikala ini sudah berkembang cara menanam secara hidroponik di kawasan perkotaan.


Sudah sangat benyak sekali masayarakat perkotaan yang manggunakan cara menanam secara hidroponik untuk menyalurkan hobinya dalam bertani. Perkembangan tren hidroponik sudah menyentuh beberapa kalangan masyarakat tidak terkecuali para politisi bahkan artis. Sebagian para pelaku hidroponik memakai cara ini untuk menyalurkan hobi, lambat laun hobi bertani malah berpotensi meraih keuntungan. Disinilah, para pelaku hidroponik melihat peluang bisnis tannaman hidroponik.


Cara Menanam Secara Hidroponik Di Awali Dari Hobbi


Cara menanam secara hidroponik juga dilakukan oleh kepala pemerintahan Bandung H Dadang Mohamad Naser SH, SIP, MSi. Menjadi kepala pemerintahan tentunya sangat sibuk sekali memikirkan keadaan kawasan belum lagi ditambah dengan duduk kasus yang amat pelik. Bupati bandung mempunyai hobi bercocok tanam terutama tumbuhan sayuran. Disela-sela kesibukannya Bupati Bandung ini meluangkan waktunya untuk  bertani secara hidroponik.


Minimnya lahan pertanian kawasan perkotaan merupakan salah satu hambatan bagi sebagian orang Ini Dia Kunci Sukses Cara Menanam Secara Hidroponik Dari Seorang Kepala Daerah
Cara menanam secara hidroponik oleh Kepala Daerah Bandung – foto : Jabarprov

Bupati Bandung H Dadang sangat menyadari dengan kiprah dan tanggung jawabnya sebagai kepala pemerintahan, dilain sisi beliau juga mempunyai hobi dalam bercocok tanam. Sangat mustahil rasanya bercocok tanam secara konvensional alasannya membutuhkan waktu yang banyak. Cara menanam secara hidroponik menjadi solusi terbaik buat kepala pemerintahan Bandung dalam menyalurkan hobinya.


Pada prarteknya cara menanam secara hidroponik tidak perlu mencangkul atau mengolah lahan, justru ini yang menimbulkan hidroponik lebih efisien dan tidak kotor. Kebutuhan air untuk hidroponik juga tidak terlalu banyak alasannya air hanya diharapkan untuk media tanam yang diletakkan di dalam wadah dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, tidak menyerupai tumbuhan konvensional yang membutuhkan banyak air untuk menyiram tanaman, tumbuhan hidroponik tidak perlu disiram.


Baca Artikel Terkait :



Minimnya lahan pertanian kawasan perkotaan merupakan salah satu hambatan bagi sebagian orang Ini Dia Kunci Sukses Cara Menanam Secara Hidroponik Dari Seorang Kepala Daerah
Cara Membuat Media Tanam Semangka

Cara menanam secara hidroponik ternyata mendorong harapan warga untuk mengikuti langkah yang dilakukannya. Warga mulai memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk bercocok tanam secara hidroponik. Hasil dari tumbuhan hidroponik yang ditanam oleh warga bisa untuk memenuhi kebutuhan sayur sehat rumah tangga, sehingga ibu-ibu rumah tangga tidak perlu lagi belanja kebutuhan sayur ke pasar.


Aktifitas yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga dalam menanam sayur hidroponik selaras dengan aktivitas Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang berjalan semenjak 3 tahun silam. Hasil panen oleh KRPL ini dibagikan ke Kelempok Wanita Tani sehingga sanggup merasakan secara eksklusif apa mereka tanam. Menurut ratifikasi warga, dikala ini mereka sangat praktis sekali mendapat sayuran segar, higienis dan sehat sesudah mengetahui cara menanam secara hidroponik.


Lebih Efektif Dan Banyak Manfaat 


Cara menanam secara hidroponik memperlihatkan manfaat yang cukup besar bagi masyarakat, selain sanggup memenuhi kebutuhan sayur rumah tangga, hidroponik juga sanggup memperlihatkan penghasilan tambahan. Melihat dari perkembangan tren hidroponik yang stabil tentunya akan memperlihatkan peluang pasar yang cukup besar. Kesadaran masyarakat akan kebutuhan gizi yang seimbang dan sehat tentu hidroponik merupakan salah satu sumber makanan yang bergizi dan sehat.


Dadang M Naser menanam sayuran hidroponik dengan sistem nutrient film technique (NFT) dengan 2 tipe : tanpa atap dan di dalam net house atau rumah jaring. Di kedua tipe itu, laki-laki kelahiran Bandung 24 Juli 1961 itu memakai pipa PVC berukuran 2 inci sebagai wadah tanam.


Cara menanam secara hidroponik tentu lebih efektif alasannya tidak perlu membutuhkan lahan yang cukup luas. Pemanfaatan lahan pekarangan rumah sanggup ditanami hidroponik dengan memakai kerangka besi sebagai penyangga dan pipa PVC sebagai media tumbuh. Pipa tersebut sanggup disusun meningkat keatas. Tentunya cara menanam secara hidroponik lebih baik dan lebih optimal dalam pemanfaatan lahan, ucap Dadang.


Kualitas Sayur Lebih Renyah Dan Harga Lebih Tinggi


Harga sayuran hidroponik tentu lebih mahal dibandingkan dengan harga sayuran dipasaran alasannya secara rasa sayuran hidroponik lebih lezat dari sayuran konvensional, hal ini tentunya menghipnotis harga dari hidroponik itu sendiri. Menurut kurnia Ketua Umum Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung, rasa sayuran hidroponik lebih lezat dibandingkan dengan sayuran konvensional. Menurut Dadang, “sayuran hidroponik jenis kailan contohnya kalau dimasak rasanya lebih renyah, empuk dan praktis dikunyah”, kata Dadang yang merupakan Kepala Pemerintahan Kabupaten Bandung tersebut.


Minimnya lahan pertanian kawasan perkotaan merupakan salah satu hambatan bagi sebagian orang Ini Dia Kunci Sukses Cara Menanam Secara Hidroponik Dari Seorang Kepala Daerah
Hasil panen lebih segar, renyah dan harga jual lebih tinggi

Saat ini Dadang bisa menjual sebanyak 200 kg sayur kailan per 2 pekan dengan harga jual Rp 12.000 per kg. dengan begitu Dadang bisa menghasilkan omset 2-4 juta. Stelah dikurangin biaya produksi sekitar 60% maka Dadang mendapat penghasilan pemanis sebesar Rp 960.000 per 2 pekan atau Rp 1,9-juta per bulan.


Dadang memang sudah sangat usang menyayangi dunia pertanian. Dadang mengakui bahwa beliau bisa sekolah dan menjadi sarjana berkat uang yang dihasilkan dari bertani. terlahir dari seorang anak petani menambah kecintaan Dadang pada dunia pertanian. Dahulu, Dadang pernah menjabat sebagai ketua bina padi sehingga Dadang memahami ilmu dasar dalam bercocok tanam.


Kurnia yang merupakan sitri dari Dadang juga ikut membantu dalam menyebarkan hidroponik. Bahkan Kurnia ikut berperan aktif untuk mengajak masyarakat mulai berguru cara menanam secara hidroponik. Harapannya melalui penerapan cara menanam secara hidroponik sanggup memberdayakan masyarakat sekitar dan membantu pertumbuhan ekonomi rakyat.


Keikutsertaan Kurnia dalam membantu menyebarkan hidroponik ditunjukkan dengan membangun janji bersama Dadang dengan memanfaatkan rumah dinas sebagai miniatur atau kebun percontohan hidroponik dari 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung. Dengan lahan yang tidak mengecewakan luas diharapakan kebun percontohan hidroponik sanggup membangkitkan ide masyarakat Bandung. Dengan adanya kebun percontohan bahwa masyarakat akan melihat bahwa pemerintah tidak hanya menghimbau melainkan ikut serta dalam pengembangan hidroponik.




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Beliau Kunci Sukses Cara Menanam Secara Hidroponik Dari Seorang Kepala Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel