iklan

Inilah 9 Jurusan Kuliah Terfavorit Calon Mahasiswa 2017

Setiap tahun, ribuan calon mahasiswa berjuang mendapat bangku di jurusan kuliah idaman di perguruan tinggi tinggi. Sementara, setiap jurusan hanya menyediakan kuota tertentu untuk setiap angkatan. Melalui Ruangguru Digital Bootcamp, Ruangguru melaksanakan survei pada 423 siswa kelas 12 Sekolah Menengan Atas untuk mengetahui jurusan kuliah terfavorit 2017. Penasaran bagaimana hasilnya? Berikut jurusan-jurusan yang paling diminati calon mahasiswa 2017. Check these out!

9. Akuntansi

jurusan kuliah - Peralatan yang biasa dibutuhkan mahasiswa Akuntansi
Peralatan yang biasa dibutuhkan mahasiswa Akuntansi. (Sumber: studentzoektwereld.be) 

Sebagai makhluk ekonomi, hitung-hitung mengenai transaksi keuangan menjadi suatu yang sangat bersahabat dalam hidup kita. Ketika mempelajari jurusan ini, tak hanya keuangan langsung yang sanggup diselesaikan. Umumnya, setiap perusahaan bahkan organisasi niscaya memerlukan fungsi Akuntansi di dalamnya. Tidak perlu heran jikalau peminat jurusan ini melimpah. Lapak pekerjaannya pun sangat luas, tidak hanya auditor.

8. Farmasi

 

jurusan kulliah - Aktivitas mahasiswa jurusan Farmasi di lab
Aktivitas mahasiswa jurusan Farmasi di lab. (Sumber: cdu.edu.au) 

Meskipun jurusan ini cenderung mempunyai image dengan dominasi perempuan, tak sedikit lho kaum pria yang meminati jurusan ini. Pesatnya perkembangan dunia medis menjadi salah satu alasan jurusan ini mempunyai banyak peminat. Selain itu, banyak yang bilang jurusan ini merupakan paket komplet dari dunia kesehatan. Pasalnya, selama pendidikan mahasiswa Farmasi akan mencar ilmu mengenai peracikan obat sampai kosmetik, praktik klinis, sampai anatomi badan manusia. 

7. Hukum

jurusan kuliah - Siap-siap membaca kitab-kitab aturan dan perundang-undangan
Siap-siap membaca kitab-kitab aturan dan perundang-undangan. (Sumber: usnews.com) 

Sebagai negara yang menjunjung hukum, masuk akal jikalau jurusan ini mempunyai peminat yang tinggi di Indonesia. Pasalnya, begitu banyak lowongan pekerjaan untuk pejabat negara atau pun pemerintahan yang terbuka bagi lulusan-lulusan jurusan Hukum. Smart buddies damai saja, untuk sukses di jurusan ini tak harus menjadi keturunan suku tertentu kok. Itu hanya stereotype semata, hehe.

6. Teknik

jurusan kuliah -Mengoprek elektronik ala mahasiswa teknik
Mengoprek elektronik ala mahasiswa teknik. (Sumber: wsu.edu) 

Di jurusan ini, Matematika dan Fisika menjadi modal utama. Pastikan kau tidak jengah dengan kedua mata pelajaran itu jikalau ingin mengambil jurusan ini ya. Bahkan, Teknik Kimia pun sebagian besar materinya masih terkait Fisika dan Matematika lho. Jurusan-jurusan ini biasanya tertarik dengan industri-industri yang terus berkembang. Oleh sebab itu, peminat jurusan ini tak pernah berkurang dari tahun ke tahun. Apakah kau ingin mengembangkan produk untuk fasilitas umat insan juga, smart buddies? 

5. Psikologi 

jurusan kuliah - Sesi konseling di dalam salah satu mata kuliah Psikologi
Sesi konseling di dalam salah satu mata kuliah Psikologi. (Sumber: utl.edu) 

Banyak yang bilang kalau mahasiswa jurusan Psikologi mencar ilmu untuk mengobati diri sendiri. Meskipun begitu, pekerjaan yang membutuhkan ilmu ini tak bisa dibilang sedikit lho. Berbagai institusi yang mempekerjakan manusia, niscaya memerlukan kemampuan lulusan jurusan Psikologi. Bahkan, bukan mustahil kau dibayar tinggi dari hasil memotivasi orang lain. Sungguh menarik, bukan? 

4. Manajemen 

jurusan kuliah - Menganalisis banyak sekali perkara bisnis selama kuliah di Manajemen
Menganalisis banyak sekali perkara bisnis selama kuliah di Manajemen. (Sumber: mtlblog.com) 

Bermimpi menjadi chief executive officer (CEO) suatu perusahaan, smart buddies? Mungkin kau bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan ini. Di dalamnya kau akan mempelajari pengelolaan sumber daya, analisis keamanan investasi, sampai strategi-strategi dalam bisnis. Kamu yang berkeinginan mengelola bisnis sendiri pun patut mempertimbangkan jurusan Manajemen. Tidak terbatas pada perusahaan, jurusan ini sanggup diterapkan di banyak sekali bentuk organinasi. Tidak heran ya jikalau peminatnya pun banyak. 

3. Ilmu Komunikasi

Di kurun teknologi informasi sekarang, setiap inspirasi sanggup dikemas dan disebarkan pada khalayak ramai. Apalagi kini pelanggan memandang produk tidak hanya dari segi teknis tapi juga pelayanan yang diberikan. Hal ini yang menjadi alasan jurusan ini banyak diminati. Saat ini, peluang pekerjaannya pun sangat luas. Selain para penyampai informasi semacam reporter dan announcer, jurusan Ilmu Komunikasi juga berlaku untuk pekerjaan-pekerjaan menyerupai public relation officer sampai praktisi periklanan. 

jurusan kuliah - Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang komunikatif menyebarkan ide
Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang komunikatif menyebarkan ide. (Sumber: ohio.gov)
 

2. Hubungan Internasional

Kesempatan untuk berafiliasi dengan orang-orang banyak sekali latar belakang budaya rupanya menjadi magnet besar lengan berkuasa bagi para calon mahasiswa gres jurusan Hubungan Internasional. Selain mempelajari korelasi antarnegara, jurusan ini juga mempelajari isu-isu politik, sosial, ekonomi, bahkan hukum. Prospek pekerjaan jurusan ini pun tidak terbatas sebagai diplomat lho. Wartawan, international officer, dan politisi merupakan beberapa di antaranya.  

jurusan kuliah - Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional berkesempatan mengikuti ajang debat ala sidang PBB
Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional berkesempatan mengikuti ajang debat ala sidang PBB. (Sumber: ecolejeanninemanuel.org)
 

1. Pendidikan Kedokteran

Tuturnya ramah dan tangannya cekatan membantu setiap pasien yang datang. Siapa yang tidak terpesona dengan jubah putih dengan senyum hangat dari seorang dokter? Meskipun populer dengan waktu studi yang lama, peminat jadwal ini dari tahun ke tahun tak pernah surut lho. Apakah kau berminat mengabdi sebagai dokter juga? Silakan mempersiapkan diri, smart buddies 

jurusan kuliah - Calon dokter masa depan
Calon dokter masa depan. (Sumber: medicalbag.com) 

Bagaimana, smart buddies? Apakah kau juga tertarik dengan jurusan kuliah yang ditampilkan di atas? Jangan mengalah memperjuangkan cita ya! Kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh jurusan yang kau ambil kok. Kamu bisa mempersiapkan diri dengan menonton video pelajaran dan latihan soal di ruangbelajar loh. Semangat! (NM/TN)

ruangbelajar

0 Response to "Inilah 9 Jurusan Kuliah Terfavorit Calon Mahasiswa 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel