iklan

Kisah Sukses – Raih Untung Berbisnis Flora Terarium

Kisah sukses kali ini berasal dari Bogor Jawa Barat. Raden Nanda Teguh Perkasa yakni seorang lulusan dari Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran yang telah berhasil menciptakan usahanya sendiri pada bidang flora hias. Beliau berhasil berbagi usahanya yaitu dengan menjual flora terarium. Terarium yakni model cara menanam flora hias pada wadah yang tembus pandang dan ditata dengan sedemikian rupa sehingga nampak ibarat flora hias yang menawan. 


Nanda begitu nama panggilannya, telah berhasil menjual flora terariumnya ke banyak sekali kota di Indonesia. Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 800.000 per buah. Harga produk ditentukan menurut ukuran dan materi yang digunakan. Omzet yang didapat oleh Nanda dari berjualan flora terarium ini rata – rata mencapai Rp 10 juta perbulannya. Saat ini hambatan yang dihadapai oleh dia yakni kapasitas produksinya yang masih terbatas. Dalam satu bulan Nanda hanya bisa memproduksi 100 flora terarium kecil atau terarium mini dengan ukuran diameter 8cm, 10 – 20 flora terarium sedang  dengan diameter 15 cm dan 5 – 10 ukuran besar dengan diameter 30 cm.


Kisah sukses kali ini berasal dari Bogor Jawa Barat Kisah Sukses – Raih Untung Berbisnis Tanaman Terarium
Produk dari a little of gardenia

Awal Mula Bisnis Tanaman Terarium


Awal mula Nanda terjun dalam bisnis flora terarium dimulai pada selesai tahun 2011. Ketika itu ia mendapatkan ide untuk membangun sebuah kebun kaktus. Tips dan peluang bisnis souvenir kaktus hias bisa Anda klik di sini.


Namun, alasannya yakni tidak terlalu menyukai acara berkebun, maka Nanda menentukan bergerak pada bidang agribisnis hilir, yaitu menciptakan flora terarium. “Saya sangat menyukai desain dan saya lebih suka untuk menciptakan flora terarium sekaligus untuk menyalurkan hobi” kata beliau.


Pada tahun 2013, peraih 10 pebisnis pemula terbaik dari PT Shell Indonesia ini mendirikan gerai berjulukan a little of Gardenia. Pada ketika itu meskipun sudah mempunyai gerai tapi bisnis yang dikembangkannya tidak begitu berkembang pada bulan – bulan pertama. Nanda menerka bahwa mendeknya bisnis flora terarium yang ditekuninya alasannya yakni belum profesional dalam mengatur kas keuangan. Pada ketika itu dia memang tidak pernah menghitung pengeluaran dan pemasukan dan mengalami kerugian sekitar Rp 500.000 setiap bulannya.


Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat cowok yang berasal dari Sukabumi ini. Beliau terus menjalankan usahanya hingga hingga pada tahun 2012 Nanda dipertemukan oleh Kepala Bidang Florikultur di program Agronomi Fair 2012 dan dipertemukan dengan para pebisnis yang telah sukses membangun usahanya. Pada program itulah Nanda banyak mendapatkan pencerahan perihal bagaimana menjalankan sebuah bisnis dengan baik dan benar.


Langkah Sukses Bisnis Tanaman Terarium


Nanda berkata bahwa ia sangat ingin untuk berbagi bisnisnya untuk lebih baik lagi. Oleh alasannya yakni itu salah satu langkah yang dilakukannya yakni menciptakan a little of Gardenia menjadi tubuh aturan dan menjadi sebuah merek. Untuk meningkatkan penjualan flora terarium miliknya, Nanda sering melaksanakan promosi melalui media daring atau online. Nanda merasa bahwa melaksanakan promosi melalui media online yakni promosi yang sangat efektif dan efisien alasannya yakni modal yang dipakai sangat kecil dan jangkauan promosinya sangat luas.


Untuk penjualan secara offline atau secara langsung, Nanda sering mengikuti program pameran atau bazar. Minimal pameran yang diikutinya yakni pameran tingkat nasional. “Pada program pameran atau pameran rata – rata pembeli produknya yakni kalangan menengah ke atas” kata anak ke 2 dari 3 bersaudara ini. Kadang juga Nanda memanfaatkan momen – momen tertentu untuk mendongkrak penjualannya. Misal pada momen program wisuda, hari – hari besar ibarat hari raya idul Fitri dan juga hari ulang tahun Kemerdekaan Indonesia.


Nanda juga sering mendapatkan order terarium untuk cendra mata pernikahan. Untuk souvenir janji nikah flora terarium minimal pemesanan  yang dipatok yakni 500 buah. Desain yang dibentuk untuk souvenir ini sangat ekslusif dan berbeda – beda untuk setiap program atau pemesannya. Pemuda kelahiran 27 September 1993 ini mendesain sendiri flora terarium pesanan dari pelanggannya sehingga dia menjamin kualitasnya yakni yang terbaik.


Untuk cara menciptakan terarium kecil atau terarium mini, biasanya materi yang dipakai oleh Nanda yakni 1 – 2 flora hias dengan ornamen pemanis kerikil – batuan. Sedangkan untuk flora terarium sedang dia memakai 3 flora hias dan untuk cara menciptakan terarium besar memakai 5 flora hias. Beliau menentukan banyak sekali macam flora hias kecil dengan warna warni bagus ibarat kaktus, echeveria, opuntia,lithops dan cryptanthus untuk diisi pada wadah flora terarium. Tanaman – flora hias tersebut Nanda dapatkan dari para petani di Lembang  Jawa Barat. Beliau bekerja sama dengan para petani flora hias di Lembang  untuk dijadikan kawan usahanya. Nah bagaimana jikalau Anda menanam sendiri flora hiasnya, sehingga nantinya tidak tergantung terhadap ketersediaan petani dan keuntungan yang didapat pun bisa lebih besar. Baca tips awal untuk memulai bisnis flora hias di sini


Kendala lain yang dihadapai Nanda ketika ini yakni dilema pengiriman, terutama kiriman terarium ke luar pulau. “ Kadang saya khawatir jikalau pengiriman dilakukan ke luar pulau,takut barangnya menjadi rusak. Jika pengiriman masih di dalam pulau kerusakannya masih bisa diminimalisir”, kata Nanda. Untuk mengatasi dilema pengiriman tersebut, Nanda sudah mempunyai rencana untuk membuka cabang di banyak sekali kota di luar tempatnya tinggal sekarang.


Kisah sukses kali ini berasal dari Bogor Jawa Barat Kisah Sukses – Raih Untung Berbisnis Tanaman Terarium
Bahan menciptakan terarium

Terinspirasi Oleh Steve Jobs


Nanda mempunyai harapan bahwa suatu ketika di masa depan setiap rumah di Indonesia mempunyai satu produk flora terarium dari a litte of Gardenia miliknya. Harapannya ini terispirasi dari Steve Jobs pendiri Apple Inc yang produknya tersebar luas di seluruh penjuru dunia. “Dengan doa dan kerja keras,InsyaAllah segala sesuatunya niscaya sanggup diraih”,kata Nanda.


Dibalik wadah beling Nanda membangun taman harapan untuk diberikan kepada konsumennya dan dari sana pulalah wirausahawan muda ini mendapatkan keuntungan yang diinginkannya. Semoga ilham pengusaha sukses Raden Nanda Teguh Perkasa ini bisa menunjukkan semangat untuk Anda.


Disadur ulang dari: Trubus

sumber gambar: junkmail,twitter,peluangusaha




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Kisah Sukses – Raih Untung Berbisnis Flora Terarium"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel