iklan

Mengapa Ekonomika Industri Penting?

Pada masa kini ini, Ekonomi Industri menjadi cabang ilmu ekonomi yang semakin penting untuk dipelajari. Hal ini didasarkan oleh sejumlah hal berikut (dirumuskan menurut Hasibuan, 1993):
  1. Praktik-praktik struktur pasar yang semakin terkonsentrasi dalam acara bisnis telah dikenal semenjak lama, praktik-praktik konsentrasi pasar ini cenderung mendorong terjadinya sikap pelaku pasar yang mengakibatkan banyak sekali kerugian bagi konsumen, contohnya dalam hal penetapan harga yang tinggi. Dengan memahami ekonomika industri, konsumen sanggup memahami fenomena yang terjadi di pasar dan memilih seni administrasi untuk meminimalkan resiko kerugian yang akan ditanggungnya, akhir struktur dan sikap pasar yang ada.
  2. Semakin tinggi konsentrasi industri maka persaingan antarperusahaan akan semakin rendah dan sering kali muncul banyak sekali kendala bagi pesaing masuk ke dalam pasar. Hal ini akan semakin menjadikan terjadinya inefisiensi perekonomian. Dengan memahami ekonomika industri, kita sanggup mengambil seni administrasi maupun kebijakan-kebijakan yang sempurna untuk memengaruhi konsentrasi tersebut dalam rangka mendorong terwujudnya efisiensi perekonomian
  3. Konsentrasi industri yang tinggi berakibat pada adanya konsentrasi kekayaan. Hal ini selanjutnya sanggup menghambat terwujudnya pemerataanpembangunan, baik dalam hal  pemerataan pendapatan maupun pemerataan kesempatan kerja (berusaha).  Pemahaman perihal ekonomika industri akan memperlihatkan landasan berpikir untuk menganalisis permasalahan dan membangun solusi untuk mengatasi permasalahan terkait pemerataan pembangunan tersebut.
  4. Kaitan struktur industri dengan penyelesaian masalah-masalah ekonomi terkait bersahabat dengan intervensi pemerintah. Dalam hal ini, pemahaman mengenai ekonomi industri akan memberi landasan bagi kita untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan pemerintah dalam membuat struktur industri yang mengoptimalkan benefit bagi perekonomian dan menganalisis kebijakan pemerintah apakah yang sekiranya sempurna untuk diaplikasikan pada struktur industri yang ada.
  5. Kajian-kajian perihal struktur perilaku, kinerja, dan industri tidak terlepasdari masalah-masalah ekonomi, yaitu apa yang diproduksi, bagaimana, dan untuk siapa saja barang dan jasa diproduksi. Dalam hal ini, pemahaman ekonomika industri akan memberi landasan bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dalam perekonomian, baik rumah tangga, produsen, pemerintah untuk mengambil keputusannya secara sempurna dalam mendukung terwujudnya tujuan ekonominya, khususnya dalam konteks ini, yaitu pencapaian kesejahteraan masing-masing pemangku kepentingan tersebut.

Sumber http://ilmuteknikmesinindonesia.blogspot.com

0 Response to "Mengapa Ekonomika Industri Penting?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel