iklan

Pahami 5 Ciri Pelaku Bullying!

Smart Buddies, tahukah kau ketika ini perkara bullying kembali marak? Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bullying? Dalam bahasa inggris, tindakan ini bermakna sebagai bentuk intimidasi kepada orang lain. Nah, akhir-akhir ini perkara bullying berakhir dengan adanya upaya bunuh diri dari sang korban. Akibatnya tekanan yang didapatkan dari orang  sekitarnya. Sayangnya, tidak semua pelaku menyadari bahwa ia sudah melaksanakan sikap tersebut. Nah, ancaman kan? Yuk, mulai kini coba kita kenali apa saja gejala orang yang melaksanakan bullying. Jangan hingga selama ini secara tidak sadar kita juga sudah melakukannya. Baca terus ya!

1. Selalu ingin berkuasa

pelaku bullying-merasa selalu berkuasa Merasa selalu berkuasa (Sumber: 0-bullying.com)

Orang yang mempunyai kecenderungan untuk berkuasa, terkadang merasa dirinya lebih andal dari yang lain. Benar, kan? Tipe orang ibarat ini kerap kali memerintah teman-temannya untuk melaksanakan aneka macam hal. Misalnya, untuk sekedar mengambil buku, mengerjakan kiprah sekolah, dan bahkan membeli makanan. Padahal bekerjsama hal-hal tersebut sanggup dilakukan sendiri. Orang yang selalu ingin berkuasa terkesan ingin selalu mempunyai kiprah penting di lingkungannya. Nah, apakah ada satu di antara kalian yang ibarat ini?

2. Bersikap egois

pelaku bullying Pelaku bersikap egois (Sumber: roking.mama.id)

Setiap orang memang perlu mementingkan diri sendiri. Akan tetapi, kalau dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus juga menjadi bahaya, lho. Kalau kau terlalu egois, sanggup jadi inilah faktor utama yang memicu bullying. Alasannya, kau akan terlalu peduli terhadap harapan dan kesenangan kau pribadi. Orang yang egois juga gampang mengabaikan perasaan orang lain. kebiasaan tersebut menciptakan kau nantinya menjadi orang yang tidak sanggup bersimpati dan tenggang rasa terhadap sesame. Jika diberi saran atau kritik, bahkan selalu menunjukkan respon yang negatif.

3. Praktis marah

pelaku bullying Pelaku bullying gampang murka (Sumber: bullied.id)

Ciri lain bahwa kau sudah melaksanakan bullying ialah gampang murka kepada orang lain. Tindakan ini sanggup disebabkan oleh banyak hal. Misalnya selalu tidak puas terhadap keadaan sekitar atau kurang perhatian. Ketika seseorang mempunyai sifat ini, mereka cenderung bersikap agresif, merasa tidak aman, dan cemas. Akhirnya, kemarahannya pun dilampiaskan dengan melaksanakan keonaran atau justru memarahi orang lain.

4. Tidak merasa bersalah

Seusai kau murka atau berbuat salah kepada teman, pernahkan kau merasa bersalah? Jika jawabannya tidak, sanggup jadi kau mempunyai salah satu sifat pelaku bullying. Kebiasaan orang yang mempunyai sifat ini, kerap gampang melontarkan ejekan, memperolok, serta mempermalukan orang lain tanpa merasa bersalah. Kalau terus dibiarkan, sanggup sangat berbahaya, lho! Bahkan dari hasil perbuatanmu ini, sanggup menciptakan korban menjadi pendendam, dan juga melaksanakan bullying terhadap orang lain.

5. Tidak mempunyai tenggang rasa dan rasa iba

Pelaku bullying - Pelaku tidak mempunyai rasa iba Pelaku tidak mempunyai rasa iba (Sumber: istick.com)

Para pelaku bullying akan mengalami krisis rasa tenggang rasa dan iba terhadap keadaan di sekitarnya. Mereka tidak sanggup membayangkan posisinya sebagai korban. Terlebih, mereka tidak peduli ketika melihat keadaan korban yang telah mereka intimidasi. Oleh lantaran itu, adanya penanaman rasa tenggang rasa begitu penting untuk kau lakukan. Coba mulai sekarang, perbanyak mengikuti acara kemanusiaan yang sanggup menumbuhkan rasa empatimu kepada orang lain!

Nah, adakah sikapmu yang telah disebutkan pada lima poin klarifikasi di atas? Semoga tidak ya, Smart Buddies! Yuk, berikan komentarmu ihwal bullying dan share artikel ini ke temanmu semoga mereka sanggup menghindari kelima sifat tersebut ya! (NN/RE)

0 Response to "Pahami 5 Ciri Pelaku Bullying!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel