iklan

Peluang Masuk Stan: 7.301 Kuota Di Tahun 2018, Kamukah Salah Satunya?

RG Squad, kau ingin melanjutkan kuliah ke STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)? Semangat! Peminatnya memang banyak sekali sehingga menciptakan persaingannya menjadi juga sangat tinggi. Hal ini dikarenakan reputasinya yang bagus, lulusannya berkualitas, dan biaya sekolahnya yang gratis hingga lulus. Namun, jangan khawatir, kau niscaya punya peluang masuk STAN! Tetapi, perhatikan dulu ketentuannya untuk tahun aliran 2018/2019 sehingga kau tidak salah langkah mengejar impian. Simak ya!

Hayo, siapa yang tahu kalau Politeknik Keuangan Negara STAN berada di bawah naungan Kementerian Keuangan? Makanya, biaya perkuliahannya sanggup ditanggung Anggaran Pembelanjaan dan Belanja Negara (APBN). Wah, sangat membantu meringankan beban orang bau tanah 'kan

Selain itu, berdasarkan Surat Menpan-RB nomor B/225/M.SM.01.00/2018 wacana Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/SiswiPKN STAN Tahun Anggaran 2018, terdapat kuota mahasiswa sebesar 7.301 orang. Hampir 80% dari lulusannya nanti akan bekerja untuk Kementerian Keuangan, sedangkan 20% bekerja untuk non-Kementerian Keuangan (lembaga pemerintahan lainnya). Masa depan yang menjanjikan inilah menjadi faktor pendukung mengapa banyak calon mahasiswa tertarik dengan kampus ini. 

Tetapi, tahukah kau selama masa perkuliahan, diterapkan sistem Drop Out (DO)? Tenang, rasa solidaritas antarmahasiswa yang sangat kuat, menciptakan sering dilakukannya sesi berguru bersama sebagai upaya semoga tidak ada yang di-DO, dan bisa lulus bersama. Menarik banget, ya? 

Nah, kemudian jurusan apa saja yang bisa kau daftarkan di periode pendaftaran 9-30 April 2018 ini? Perhatikan poin-poin berikut ini:

1. Akuntansi

peluang masuk stan

(Sumber: rocketmanajemen.com)

Inilah salah satu jurusan yang paling diincar calon mahasiswa, sehingga juga menjadi yang paling sulit ditembus. Namun, jaminan pekerjaan yang sangat elok akan membayar susah payahnya kau ketika berjuang tes. Oh ya, terdapat dua kegiatan studi di dalamnya yaitu D-III akuntansi dan D-IV akuntansi. Lalu, apa yang akan kau pelajari? Tentu saja penerapan dan pengembangan ilmu serta teknologi di bidang akuntansi. Selain itu, kau juga dituntut untuk meningkatkan kompetensi dalam hal tata kelola keuangan yang baik.

2. Kepabeanan dan Cukai 

peluang masuk stan(Sumber: beacukai.go.id) 

Jurusan yang sering dikenal dengan sebutan Bea Cukai ini juga terdiri dari dua kegiatan studi. Pertama, D-I Kepabeanan dan Cukai dan D-III Kepabeanan dan Cukai. Ada beberapa syarat khusus bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar jurusan ini. Contohnya, minimum tinggi tubuh 165 cm untuk pria dan 155 cm untuk perempuan. Selain itu juga tidak diperbolehkan buta warna, memakai kacamata (minus/plus/silindris maksimal di angka 2 dioptri), dan cacat badan. Sebab ketika bekerja nanti, petugas bea cukai harus mempunyai ketangkasan dalam menyidik barang-barang yang mencurigakan khususnya di potongan imigrasi. 

3. Manajemen Keuangan

Khusus untuk yang mau jadi bendahara di pemerintahan, jurusan ini pas banget untuk kamu. Dikarenakan tugasmu nantinya ialah mengurus anggaran, kebendaharaan, dan kekayaan negara. Selain itu, kau akan mempelajari penyusunan APBD, sistem perencanaan anggaran, dan wacana banyak sekali macam kementerian yang ada di negara. Hmm, terdengar rumit ya? Tapi tenang, semua akan mempunyai kegunaan untuk ke depannya, kok! Bagi kau yang tertarik, ada tiga kegiatan studi yaitu D-III Kebendaharaan Negara, D-III Manajemen Aset, dan D-I Kebendaharaan Negara.

4. Pajak

peluang masuk stan

Dilihat dari kuota penerimaan STAN di tahun ini, ternyata porsi paling besar diperuntukkan bagi calon mahasiswa jurusan pajak. Seperti administrasi keuangan, terdapat tiga kegiatan studi pada jurusan ini yaitu D-III Pajak, D-III Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, D-I Pajak. Proses berguru mengajar bagi mahasiswa D-III akan berlangsung di Kampus STAN Bintaro. Sementara, untuk mahasiswa D-1 Pajak akan tersebar di 11 kota-kota besar di Indonesia.  

Nah, ketentuan yang sudah ditulis di atas bisa kau peroleh informasinya secara lengkap di sini ya!

Pengumuman SPMB PKN STAN 2018

Jika kau memang berminat ingin masuk STAN, berguru lebih ulet ya dan persiapkan mentalmu! Sebelum menghadapi tes, yuk, latih kemampuanmu kini dengan tryout STAN gratis ruanguji dari Ruangguru.

New call-to-action

0 Response to "Peluang Masuk Stan: 7.301 Kuota Di Tahun 2018, Kamukah Salah Satunya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel