Pemeriksaan Kopling Otomatis
a. Sepeda motor ini dilengkapi dengan kopling otomatis yang fungsinya diatur oleh putaran mesin dan mekanis sentrifugal yang terletak di kopling. Untuk menjamin kemampuan daya tekan kopling secara keseluruhan, maka sengatlah perlu kopling sanggup bekerja dengan lancar dan halus
b. Pemeriksaan korelasi pertama
c. Pemeriksaan ketika kopling berfungsi untuk memilih kopling
sanggup bekerja penuh dan tidak terjadi selip.
d. Jangan membuka gas hingga habis lebih dari 3 detik, karena
sanggup menyebabkan kopling atau mesin cepat rusak
Sumber http://ilmuteknikmesinindonesia.blogspot.com
b. Pemeriksaan korelasi pertama
- Panaskan mesin hingga mencapai panas yang normal
- Hubungkan digital engine tachometer.
- Duduklah di atas sepeda motor, naikan putaran mesin secara perlahan dan lihatlah digital engine tachometer pada putaran berapa sepeda motor mulai bergerak maju.
Gambar:Konstruksi kopling otomatis tipe centripugal,
(A) centripugal tipe kanvas/sepatu, (B) centripugal tipe plat
c. Pemeriksaan ketika kopling berfungsi untuk memilih kopling
sanggup bekerja penuh dan tidak terjadi selip.
- Injak peda rem belakang sekuat mungkin
- Buka gas dengan singkat hingga habis dan perhatikan putaran
d. Jangan membuka gas hingga habis lebih dari 3 detik, karena
sanggup menyebabkan kopling atau mesin cepat rusak
0 Response to "Pemeriksaan Kopling Otomatis"
Posting Komentar