iklan

Penilaian Profil Risiko Pasar (Market Risk)

Risiko pasar ialah kerugian pada posisi neraca dan rekening administratif termasuk transaksi derivatif akhir perubahan keseluruhan pada kondisi pasar. Risiko ini sanggup bersumber dari trading-book maupun banking book bank.

Risiko pasar dari trading book (Traded market risk) ialah risiko dari suatu kerugian nilai investasi akhir kegiatan trading (melakukan pembelian dan penjualan instrumen keuangan secara terus menerus) di pasar dengan tujuan untuk mendapat keuntungan. Hal ini timbul sebagai akhir dari tindakan bank yang secara sengaja  menciptakan suatu posisi yang berisiko dengan keinginan untuk mendapat laba dari posisi risiko yang telah diambilnya. (high risk high return).

Berbeda dengan Traded market risk,  risiko pada banking book merupakan konsekwensi alamiah akhir sifat bisnis bank yang dilakukan dengan nasabahnya. Umumnya, bank memiliki struktur dana yang sifatnya jangka pendek / short funding lantaran kredit yang diberikan umumnya berjangka waktu lebih usang dari simpanan dana nasabah. (lihat pula artikel risiko pasar).

Risiko pasar terdiri dari empat jenis yaitu :

Risiko Suku Bunga - Risiko kerugian pada posisi keuangan (neraca dan rekening administratif) lantaran perubahan suku bunga. Risiko Suku Bunga pada Banking Book merupakan bentuk risiko pasar paling secara umum dikuasai di perbankan Indonesia yang meliputi repricing risk, yield curve risk, basis risk, options risk. Selain banking book, Bank wajib pula mengelola risiko harga yang disebabkan oleh eksposur trading book (tanpa memandang jenis risiko) lantaran unrealized Mark to Market (MTM) gain/loss besar lengan berkuasa secara pribadi pada pendapatan dan atau regulatory capital.

Risiko Nilai Tukar - Risiko kerugian pada posisi keuangan (neraca dan rekening administratif) akhir perubahan nilai tukar valuta asing, termasuk perubahan harga emas dimana.

Risiko Ekuitas – Risiko kerugian pada posisi keuangan (neraca dan rekening administratif) akhir perubahan nilai ekuitas, dan meliputi seluruh posisi ekuitas pada kategori AFS (available for sale).

Risiko Komoditas – Risiko kerugian pada posisi keuangan (neraca dan rekening administratif) akhir perubahan nilai komoditas. Risiko translasi nilai tukar atas seluruh posisi valas (aset dan kewajiban) pada neraca, baik trading maupun banking book




Mari Berteman ^^
David Iskandar | Create Your Badge

Sumber http://belajarperbankangratis.blogspot.com

0 Response to "Penilaian Profil Risiko Pasar (Market Risk)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel