iklan

Penyebab Tv Tidak Ada Gambarnya Ada Suaranya

Penyebab tv tidak ada gambarnya ada suaranya – kerusakan tv dengan tanda-tanda ada bunyi tapi layar gelap yang ia alami oleh tv crt merek LG, SHARP, POLYTRON, PANASONIC, dan tv china. Ini disebabkan oleh kepingan tegangan yang bekerjasama dengan sistem crt.

Penyebab tv tidak ada gambarnya ada suaranya Penyebab TV Tidak Ada Gambarnya Ada Suaranya


Beberapa orang memfonis ini kerusakan terjadi pada crt yang rusak. Padahal tidak demikian. Ini disebabkan lantaran beberapa tegangan asing pada sistem video, rgb, heater, abl, flyback.

Kali ini kita akan membahas mengenai penyebab tv ada gambarnya ada suaranya. Atau layar gelap namun ada suara.

Kerusakan ibarat ini memang terkadang membingungkan lantaran gejalanya Lampu Indikator Tv Tetap Aktif namun bunyi terdengar dengan jelas. Berikut aku akan menuliskan beberapa penyebab kerusakan gambar tidak ada tapi ada suaranya.

Pertama pastikan bahwa ketika tv menyala lihatlah pada kepingan leher tabung CRT kepingan belakang apakah ada cahaya atau tidak. Normalnya ketika tv dinyalakan akan terlihat cahaya pada leher tabung ibarat bohlam. Jika tidak ada cahaya atau filament tidak menyala ini harus diperiksa pada kepingan penyuplay filament yang biasanya disuplay dari flyback. Ukur tegangan penyuplay filamen memakai ac meter, lantaran filamen ini memakai tegangan c dari flyback. Tegangan normal sekitar 3v ac.

Kedua jikalau filamen dalam keadaan menyala berarti problem pada komponen lain. Cek tegangan abl. Cari kaki abl pada kaki flyback. Abl ini bekerjasama pribadi dengan ic croma. Karena fungsi abl sebagai pengaturan kecerahan kontras melalui aktivitas tv. Pastikan bahwa resistor pembatas pada abl tidak gosong atau molor dari nilai aslinya.

Ketiga, penyebab kerusakan tv tidak ada gambarnya disebabkan oleh pasokan b 115 drop. Hal ini pernah aku alami yakni disebabkan oleh elco b+ kering sehingga tegangan yang disuplay ke flyback kurang setabil atau drop. Jika terjadi drop pada tegangan b+115 ini akan mengakibatkan drop juga pada output flyback. Terutama pada filamen suplayer.

Tegangan video 180v juga menjadi biang kerok kerusakan tv tidak ada gambarnya ada suaranya. Tegangan 180v ini berfungsi sebagai suplay penguat video rgb. Sehingga jikalau terjadi drop maka tv menjadi gelap atau tanda-tanda warna kurang tajam. Agar lebih gampang menemukan tegangan ini carilah elko berukuran 250v pada sekitaran flyback atau terkadang terletak pada pcb yang melekat pada soket CRT.

baca juga; penyebab tv bergaris garis dan cara memperbaikinya

Kerusakan ini juga terkadang disebabkan oleh kepingan yang sepele contohnya soket crt mengalami korosi/berjamur. Sehingga tegangan filamen yang kecil terhambat oleh korosi.

Apakah flyback juga menjadi penyebab kerusakan? Bisa jadi jikalau terjadi tanda-tanda contohnya ketika pengukuran terjadi beberpa tegangan dari output flyback tidak ibarat seharusnya. Misalnya tegangan heater tidak keluar namun tegangan lainya sudah normal. Misalnya tegangan video tidak keluar padahal yang lain normal, ini juga menjadi tanda kerusakan pada flyback.

Nah itulah beberapa Penyebab Tv Tidak Ada Gambarnya Tapi Ada Suaranya. Jika kita mengetahui apa penyebabnya, kita dapat tahu blog mana saja yang harus di cek ketika menemukan kerusakan ibarat ini. Sehingga proses perbaikan menjadi lebih mudah. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
servis tv layar gelap bunyi normal
panduan servis tv layar redup
Sumber http://soldiradem.blogspot.com

0 Response to "Penyebab Tv Tidak Ada Gambarnya Ada Suaranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel