iklan

Perngertian Audit Dan Macam-Macam Audit

Perngertian Audit dan Macam-Macam Audit

Audit atau auditing merupakan bab yang tidak terpisahkan dari akuntansi. Jika akuntansi keuangan merupakan proses pencatatan sampai pelaporan transaksi keuangan, audit merupakan proses pengecekan atas pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan apakah sesuai dengan standar dan prinspi akuntansi yang berlaku. Dengan kata lain, kita dapat menyampaikan bahwa audit ialah proses pengecekan akuntansi.

Audit atau auditing merupakan bab yang tidak terpisahkan dari  Perngertian Audit dan Macam-Macam Audit
Pengertian Audit

Pengertian Audit

Pengertian audit secara umum berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, ialah sebagai berikut:

  1. Pemeriksaan pembukuan wacana keuangan (perusahaan, bank dan sebagainya) secara berkala;
  2. Pengujian efektivitas keluar masuknya uang dan evaluasi kewajaran laporan yang dihasilkannya

Menurut Chartered Institute of Management Accountant (CIMA), audit ialah pengujian sistematis terhadap acara dan status sebuah entitas berdasarkan pemeriksaan dan analisis sistem, control dan pencatatannya.

Dari kedua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa audit merupakan proses pengujian secara sistematis terhadap acara akuntansi (pencatatan, pengklasifikasian dan pelaporan transaksi keuangan) dari entitas tersebut.

Proses audit atau proses pemeriksaan pencatatan dan laporan keuangan ini disebut dengan istilah auditing. Sedangkan, orang yang melaksanakan audit disebut sebagai auditor.

Macam-Macam Audit

Audit Eksternal

Audit eksternal yaitu audit yang dilakukan oleh pihak-pihak independen yang berasal dari perusahaan lain. Audit eksternal bukan merupakan karyawan dari perusahaan tersebut sehingga tidak bertanggungjawab kepada manajer peruahaan. Audit eksternal harus dilakukan oleh akuntan public.

Di masyarakat, terjadi salah pengertian atau persepsi bahwa audit dilakukan untuk mengetahui adanya kecurangan (fraud) yang dilakukan oleh manajemen. Faktanya, adanya temuan kecurangan hanyalah side effect dari proses audit. Tujuan utama dari audit ialah untuk meyakinkan pengguna laporan keuangan bahwa transaksi keuangan perusahaan dicatat dan dilaporkan sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi yang belaku.

Ketika auditor eksternal simpulan melaksanakan pekerjaannya, mereka akan melaporkannya kepada owner atau pemilik perusahaan. Laporan yang dihasilkan oleh proses audit berupa opini yang menyatakan apakah laporan keuangan perusahaan disajikan secara masuk akal atau tidak berdasarkan prinsip dan standar akuntansi yang berlaku.

Untuk menghasilkan laporan audit tersebut, mereka terlebih dahulu melaksanakan pengecekan secara sampling terhadap pencatatan transaksi keuangan atau akuntansi. Format laporan audit terdiri dari paragraph pembuka, scope atau ruang lingkup laporan dan opini audit.

Audit Internal

Audit internal yaitu audit yang dilakukan oleh karyawan internal perusahaan yang disebut sebagai internal auditor. Internal auditor ditunjuk oleh manajer perusahaan, sehingga mereka bertanggung jawab kepada manajer.

Internal auditor melaksanakan kiprah rutin dan melaksanakan pengecekan terhadap mekanisme akuntansi perusahaan. Pekerjaan dari audit internal perusahaan mencakup pengecekan mekanisme controlling dan planning.

Originally posted 2017-09-18 04:16:50.


Sumber https://akuntansikeuangan.com/

0 Response to "Perngertian Audit Dan Macam-Macam Audit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel