iklan

Standart Kelengkapan Pada Penyelaman (Scuba Diving)

Menyelam ialah acara yang dilakukan dibawah permukaan air dengan atau tanpa memakai peralatan selam, dengan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam acara penyelaman terdapat dua jenis acara selam berdasarkan kebutuhan dan kelengkapannya, yaitu skin diving dan scuba diving. Skin diving merupakan penyelaman yang dilakukan dengan memakai peralatan selam dasar (masker, snorkel dan fins) dan biasanya hanya dilakukan untuk acara snorkling (menikmati pemandangan bawah permukaan air) atau sport diving (penyelaman olahraga. Sedagkan scuba diving merupakan penyelaman yang memakai peralatan selam lengkap atau biasa disebut peralatan SCUBA (Self Breathing Underwater Breathing Apparatus) yang biasanya digunakan untuk acara penyelaman ilmiah (Scientific Diving), penyelaman komersial (engginering dive, ship salvage, inspection & repair), ataupun penyelaman yang dilakukan oleh para marinir untuk acara pertahan dan keamanan (Tactical / Combat Diving). Nah, kali ini kita akan membahas standart kelengkapan yang digunakan pada scuba diving. 


Kita kehilangan hangat badan 20 kali lebih cepat dari bawah air daripada di darat. Itu menciptakan kau memerlukan isolasi yang cukup untuk menyelam nyaman.
1. Silinder
Mengandung udara bertekanan tinggi atau udara kaya oksigen, untuk memperlihatkan udara bagi kau untuk bernapas di bawah air. Tanki silinder terdiri dari banyak ukuran, yang umum ialah 12 Liter atau 80 cubic feet, terbuat dari besi atau aluminium, satuan ukur dalam PSI atau BAR. Untuk standar, biasanya itu diisi dari kisaran 150-200 kafe atau 2250-3000 psi.

2. Buoyancy Compensating Device (BCD)
Digunakan menyerupai hidup jaket penyelamat, sanggup menciptakan kau mengapung di permukaan air dikala diisi oleh udara dari tangki silinder. Ketika jaket kosong, beliau sanggup memperlihatkan daya apung negatif untuk karam ke bawah air dengan pinjaman sistem pemberat (dibahas pada butir 10). Alat ini termasuk sistem harness yang sanggup membawa silinder di punggung kamu.

3. Baju selam
Kita kehilangan hangat badan 20 kali lebih cepat dari bawah air daripada di darat. Itu menciptakan Anda memerlukan isolasi yang cukup untuk menyelam nyaman. Berbagai jenis pakaian selam untuk suhu air yang berbeda: wet suit atau dry suit.

4. Regulator
Memberikan udara dari silinder dikala kita menarik napas. Hal ini juga membantu untuk menyesuaikan tekanan udara tinggi dari tangki silinder semoga sesuai dengan tekanan udara sekitarnya untuk digunakan bernapas.

5. Sumber Udara Alternatif
Ekstra regulator untuk menyebarkan udara dengan penyelam lain dalam situasi darurat. Alat ini biasanya berwarna kuning dan harus digunakan di antara segitiga antara dagu dan sudut tulang rusuk kau semoga gampang ditemukan.

6. Submersible Pressure Gauge (SPG)
Memberi tahu kau berapa banyak udara yang tersisa di tangki silinder. Kamu harus menyidik secara teratur untuk menghindari situasi kekurangan udara.

7. Masker
Sedikit berbeda dari kacamata renang, alasannya ialah mempunyai epilog pada hidung juga, yang digunakan untuk menjebak udara di sekitar mata dan hidung sehingga kau sanggup melihat di bawah air.

8. Fins atau Kaki Katak
Menyediakan area permukaan yang luas untuk kaki, sehingga kita sanggup bergerak di bawah air dengan menendang dibanding memakai tangan. Tipe dasar ada 2 jenis, yaitu kaki penuh dan tumit terbuka. Untuk tumit terbuka, digunakan dengan booties, untuk digunakan untuk berjalan di sepanjang pantai sebelum menyelam, misalnya.

9. Dive Komputer
Biasanya digunakan di pergelangan tangan untuk memberitahu kau perihal kedalaman, waktu penyelaman, suhu air, menghitung waktu yang tersisa untuk menyelam.

10. Sistem Pemberat
Pemberat memperlihatkan bobot untuk mengimbangi daya apung sehingga kau sanggup turun ke bawah air. Alat ini mempunyai beberapa jenis:
  • Pemberat sabuk : Digunakan menyerupai ikat pinggang pada pinggul kau dengan gesper dan logam berat yang biasanya terbuat dari timah.
  • Pemberat terpadu : Terintegrasi dengan saku BCD, dengan prosedur quick-release untuk dilepas dengan gampang dalam keadaan darurat.



Sumber http://kampanyek3.blogspot.com/

0 Response to "Standart Kelengkapan Pada Penyelaman (Scuba Diving)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel