iklan

Tabungan Emas Pegadaian Rugi Atau Untung? Review Pengalaman

gadang sebagai salah satu cara investasi emas yang paling menarik diantara semuanya Tabungan Emas Pegadaian Rugi Atau Untung? Review PengalamanTabungan emas pegadaian digadang-gadang sebagai salah satu cara investasi emas yang paling menarik diantara semuanya. Namun apakah benar menabung emas di pegadian rugi atau justru menguntungkan? Mari kita cermati bersama. Karena cermat dalam menentukan instrumen merupakan faktor terbesar yang menentukan untung ruginya sebuah investasi.


Bahkan ketika belum diluncurkan, dikala mendengar bahwa pegadaian akan mengeluarkan produk tabungan emas, banyak pihak menyambut dengan antusias. Setelah periode sebelumnya, yaitu 2011-2013, teknik berkebun emas menjadi booming. Dan kemudian mencapai titik lesu, alasannya yaitu ternyata teknik berkebun emas juga butuh perhitungan yang jitu supaya menuai hasil yang memuaskan. Faktanya banyak pihak yang tanpa perhitungan, mengikuti tren, dengan berbekal beli-gadai-beli-gadai. Pada dikala panen bukannya untung, justru buntung yang didapat.


Sekali lagi perlu ditekankan, bahwa investasi emas merupakan investasi jangka panjang. Jangan mengharapkan laba dalam jangka pendek. Jika toh mendapat laba dari investasi emas dalam jangka pendek, itu berarti Anda sedang beruntung. Karena secara jangka pendek, harga emas sanggup naik, sanggup juga turun. Namun secara jangka panjang, sanggup dipastikan harga emas selalu naik.


Karena itu ketika terdengar kabar PT Pegadaian Persero akan mengeluarkan produk tabungan emas, maka itu akan lebih cocok dengan profil investasi kebanyakan orang. Sehingga siapapun sanggup dengan gampang ikut serta berinvestasi melalui jadwal tabungan emas tersebut.


Dan kini sesudah sekian tahun keberadaan tabungan emas yang dikeluarkan oleh PT Pegadaian, kita harus melihat dengan kacamata objektif, apakah tabungan emas pegadaian rugi atau menguntungkan. Mari kita lihat satu per satu aspek secara menyeluruh.


Apa Itu Tabungan Emas Pegadaian?


Penjelasan ini khusus untuk yang belum mengerti mengenai tabungan emas pegadaian, jikalau sudah faham Anda sanggup eksklusif skip ke sub bab berikutnya.


Tabungan emas pegadaian pada prinsipnya sama dengan menabung pada umumnya. Hanya saja dalam tabungan emas, uang yang kita setorkan akan secara otomatis dikonversikan dalam bentuk gram emas. Bisa dikatakan kita membeli emas dalam jumlah kecil (bisa 0,01 gram). Kaprikornus memang benar sesuai namanya, menabung emas.


Setelah emas terkumpul kita sanggup melaksanakan order cetak emas fisik, sehingga kita akan memperoleh fisik emas batangan bersertifikat Antam. Order cetak emas batangan Antam dalam pilihan keping 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Namun jikalau toh Anda tidak menghendaki bentuk fisik emas batangan, maka Anda tidak perlu melaksanakan order cetak, dan itu tidak menjadi masalah.


Jika kurang terang dengan klarifikasi tersebut, Anda sanggup eksklusif membacanya di laman web resmi Pegadaian disini.


Keuntungan Menabung Emas


Berikut ini laba tabungan emas pegadaian:


1. Modal Kecil.


Hanya dengan modal Rp 5.900,- Anda sanggup melaksanakan investasi emas. Menabung emas mulai dari 0,01 gram, dikala artikel ini ditulis setara dengan Rp 5.900,-


2. Aman.


Membeli emas batangan atau emas pelengkap mungkin menciptakan Anda was-was atau paling tidak harus memikirkan cara menyimpan emas supaya tidak gampang hilang. Karena resiko emas perhiasan, yaitu dijambret atau hilang terjatuh dikala dipakai. Sedang emas batangan yang disimpan di rumah resiko hilang dicuri. Dengan tabungan emas pegadaian Anda tidak perlu menyimpan emas dalam bentuk fisik. Sehingga resiko emas hilang sanggup dikatakan tidak ada.


3. Jasa Titip Murah.


Agar emas batangan atau emas pelengkap aman, alternatifnya yaitu disimpan di safe deposit box atau jasa titip pegadaian. Namun tarif sewa safe deposit box tidak sanggup dikatakan murah. Apalagi jikalau jumlah logam mulia yang dimiliki dibawah 100 gram, tentu akan memberatkan nilai investasi emasnya. Sebagai pembanding, tarif safe deposit box Bank BCA ukuran super kecil Rp 150.000 – Rp 250.000 per tahun, plus uang jaminan Rp 750.000,- per tahun.


Sedangkan biaya titip di tabungan emas pegadaian hanya Rp 30.000,- per tahun. Dibanding dengan biaya manajemen tabungan di bank saja masih jauh lebih murah biaya tabungan emas pegadaian.


4. Mudah


Mudah daftar atau membuka rekening tabungan emas pegadaian. Bisa dilakukan secara online, namun buku tabungan tetap harus diambil di pegadaian terdekat.


Mudah melaksanakan penyetoran, sanggup dilakukan secara online.


5. Dapat Ditransfer.


Emas yang Anda miliki dalam tabungan emas pegadaian sanggup ditransfer. Kaprikornus Anda sanggup dengan gampang dan cepat melaksanakan pengiriman emas dengan tarif yang sangat murah dibanding kirim emas fisik melalui jasa pengiriman.


6. Liquid


Emas yang Anda miliki di tabungan emas pegadaian sanggup dicairkan kapanpun dengan cepat. Sama cepat layaknya mengambil uang tabungan di bank.


Kelemahan Menabung Emas


Berikut ini kelemahan tabungan emas pegadaian:


1. Pembatasan Transaksi

Sebenarnya pembatasan transaksi merupakan hal yang wajar. Bahkan menabung di bank juga terdapat pembatasan transaksi. Berikut ini pembatasan transaksi tabungan emas pegadaian:

gadang sebagai salah satu cara investasi emas yang paling menarik diantara semuanya Tabungan Emas Pegadaian Rugi Atau Untung? Review Pengalaman


Cara Menabung Emas Di Pegadaian


Cara membuka rekening tabungan emas di pegadaian sangatlah mudah. Berikut ini langkahnya:



  1. Datang ke Pegadaian terdekat, utarakan harapan Anda untuk membuka rekening tabungan emas.

  2. Lengkapi syarat-syaratnya (ada di sub bab berikutnya)

  3. Tunggu beberapa dikala (tergantung antrian)

  4. Rekening siap digunakan untuk menabung emas.


Cara membuka rekening tabungan emas pegadaian secara online:



  1. Unduh aplikasi Pegadaian Digital di Play Store atau IOS.

  2. Buka aplikasi Pegadaian Digital yang sudah terinstall

  3. Klik Registrasi, ikuti langkah-langkahnya

  4. Setelah berhasil terdaftar, silakan Login

  5. Pilih sajian Emas, kemudian pilih sajian Daftar Rekening, klik Buka Tabungan

  6. Isi form sesuai dengan identitas, di bab paling bawah unggah foto KTP/Passport, klik Selanjutnya

  7. Pilih salah satu outlet Pegadian dimana Anda ingin melaksanakan pembukaan tabungan, klik Selanjutnya

  8. Akan muncul Rincian Administrasi, centang Saya Setuju dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku, klik Selanjutnya

  9. Pilih metode pembayaran, melalui BNI Virtual Account atau Mandiri ClickPay.

  10. Langkah selanjutnya yaitu pembayaran melalui metode pembayaran yang sudah Anda pilih

  11. Selesai. Buku tabungan sanggup diambil di outlet Pegadaian yang telah Anda pilih di opsi nomor 7.


Syarat Menabung Emas Di Pegadaian


Berikut ini syarat membuka rekening tabungan emas Pegadaian:



  1. KTP atau kartu identitas lainnya. Serahkan pada petugas, nanti petugas akan foto copy untuk Anda

  2. Mengisi formulir sesuai dengan identitas

  3. Membayar Materai Rp 6.000,- (sudah disediakan petugas)

  4. Membayar biaya pembukaan rekening Rp 10.000,-

  5. Membayar biaya titip tahun pertama Rp 30.000,-

  6. Membayar saldo awal 0,01 gram (saat artikel ini ditulis Rp 5.900,-)


Cek Saldo Tabungan Emas Pegadaian


Mungkin Anda akan sedikit gundah dikala pertama melihat mutasi rekening yang tercetak di buku tabungan emas pegadaian. Bagi Anda yang tidak ingin ribet, cara gampang cek saldo tabungan emas pegadaian yaitu dengan eksklusif melihat ke kolom Saldo Emas baris terakhir. Angka yang tertera di sana yaitu jumlah emas yang Anda miliki dalam tabungan.


Selain itu Anda juga sanggup cek saldo tabungan emas pegadaian online melalui aplikasi Pegadaian Digital. Silakan unduh aplikasinya di playstore atau IOS.


Setiap setor tabungan akan tertulis dalam 3 baris transaksi, meliputi:



  1. Transaksi uang

  2. Transaksi pembelian emas

  3. Transaksi sisa uang


Buku tabungan berisi 10 kolom yang terdiri dari:



  1. No – Nomor urut transaksi

  2. Tanggal – Tanggal transaksi

  3. Sandi – arahan sandi transaksi

  4. Gram – Jumlah gram emas yang kita beli

  5. Harga –  Harga per 0,01 gram emas

  6. Nominal – Nominal uang yang digunakan untuk transaksi

  7. Tipe – Kredit (K) atau Debit (D)

  8. Saldo Nominal –  Saldo dalam rupiah

  9. Saldo Emas – Saldo tabungan emas yang kita miliki

  10. Pengesahan – Kode pengakuan Pegadaian


Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian


Cara mencairkan tabungan emas pegadaian tidak jauh beda dengan mencairkan tabungan di bank. Perbedaannya, di tabungan emas terdapat istilah buy back, yaitu pihak Pegadaian membeli kembali emas yang kita miliki. Uang hasil penjualan emas itulah yang nanti kita peroleh.


Sebagaimana lazimnya transaksi emas, terdapat selisih kurs antara kurs jual dan kurs beli. Harga jual yang dimaksud yaitu harga jual pegadaian. Jika Anda hendak membeli, maka harga jual inilah yang hendaknya Anda lihat. Sedangkan harga beli yaitu harga beli emas oleh pegadaian. Jika Anda hendak menjual emas, maka harga beli inilah yang menjadi patokan harganya.


Update harga di Pegadaian biasanya pada jam 10.00 waktu setempat.


Simulasi Tabungan Emas Pegadaian


Tips Menabung Emas


Berikut ini tips menabung emas supaya memperoleh hasil maksimal:



  1. Menabung secara rutin dengan jumlah yang tetap. Misal menabung tanggal 1 tiap bulan dengan nominal Rp 500.000,-

  2. Hedging. Saat harga turun lakukan pembelian/menabung dengan jumlah lebih banyak dari biasanya. Misal, penurunannya sama dengan harga emas lima bulan yang lalu, menabunglah 2 kali lipat dari biasanya.

  3. Disiplin.


 


sumber gambar tabungan emas pegadaian: tribunnews



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Tabungan Emas Pegadaian Rugi Atau Untung? Review Pengalaman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel