iklan

Tips Kondusif Menghindari Begal Motor

Kian hari begal motor kian marak. Pembegal semakin sadis, tak segan-segan melukai korban sampai membunuh untuk merampas motor. Tentu ini sangat meresahkan masyarakat. Kita menjadi was-was ketika keluar atau bepergian terutama pada malam hari. Tak hanya menjadi kiprah penegak keadilan, namun partisipasi masyarakat juga menjadi bab terpenting. Melalui operasi-operasi yang diadakan komunitas-komunitas tertentu dan pengaktifan kembali siskamling menjadi solusi yang jitu. Lalu, bagaimana dengan kita pengendara motor? Ada baiknya pengendara motor juga mengantisipasinya dengan melaksanakan tips berikut ini.

1. Kenali tempat rawan begal
Ketahui daerah-daerah rawan kejahatan yang akan dilalui. Jika memang ada alternatif jalur yang lebih kondusif dan ramai, lebih baik menentukan jalur kondusif tersebut. Meskipun harus sedikit lebih jauh. Sehingga penting untuk memperhitungkan jarak dan waktu. Daerah rawan begal biasanya dengan jalur panjang dan penerangan sedikit serta rumah-rumah warga yang sepi. 

2. Lihat waktu bepergian
Hindari bepergian dalam jam malam diluar jam keramaian. Misalnya jam 10 malam ketika sebagian warga telah beristirahat. Sebaiknya hindari keluar rumah jikalau tidak dalam keadaan darurat dan jikalau benar-benar tidak ada keperluan.

3. Beramai-ramai 
Jika memang dalam keadaan darurat bepergian pada malam hari, sebaiknya beramai-ramai lebih dari 1 motor. Karena ketika ini pergi berdua dalam 1 motor pun masih sangat berbahaya. Pembegal sekarang beroperasi secara berkelompot. Sebaiknya beramai-ramai lebih dari 2 motor jikalau hendak keluar malam. 

4. Berhati-hati 
Waspada ketika melintasi tempat yang rawan. Peka terhadap gerak-erik mencurigakan. Jangan segan untuk teriak minta tolong jikalau dirasa ada yang janggal atau ada yang mengikuti.

Sebenarnya kita dapat memakai senjata untuk membela diri, namun tentu akan beresiko juga jikalau terkena razia aparat. Oleh alasannya itu, menjadi kiprah abdnegara mengamankan jalan-jalan di perkampugan warga. Memperbanyak posko-posko keamanan dan rutin melaksanakan razia dan operasi tentu akan sangat membantu. Lebih baik lagi jikalau memang disiapkan personil yang khusus membantu mengantar warga melintasi area berbahaya. Jangan lupakan juga kiprah komunitas-komunitas yang turut membantu mengamankan tempat rawan. Serta kiprah pemerintah tempat untuk melaksanakan penerangan pada jalan-jalan yang dianggap berbahaya.

Sumber http://kampanyek3.blogspot.com/

0 Response to "Tips Kondusif Menghindari Begal Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel