iklan

Tips Sehat Bekerja Di Depan Monitor


 Bekerja di depan monitor mungkin telah menjadi tuntutan pekerjaan kita sehari Tips Sehat Bekerja Di Depan Monitor

Bekerja di depan monitor mungkin telah menjadi tuntutan pekerjaan kita sehari-hari. Di masa kini ini komputer/laptop memegang peranang penting dalam kehidupan. Tak hanya digunakan untuk bekerja dan mencar ilmu tapi juga untuk refreshing ibarat bermain game. Terlalu usang berada di depan komputer menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan. Selain perut buncit alasannya minim pembakaran kalori dalam tubuh, juga berdampak serius pada kesehatan mata akibat radiasi gelombang elektromagnetik. Gangguan lain yang menyertainya ibarat sakit kepala,sakit leher dan pundak pegal. Oleh alasannya itu, perlu diperhatikan cara yang kondusif dan sehat bekerja di depan monitor. Berikut ini beberapa tips sehat bekerja di depan monitor bagi Anda.

1. Atur Posisi Duduk
Hindari posisi membungkuk alasannya akan menciptakan cepat lelah terutama di bab leher dan punggung.  Sebaiknya atur posisi badan dan mata sejajar dengan layar komputer biar badan menjadi lebih rileks dan sanggup mengurangi rasa lelah pada mata dan punggung. Duduklah secara tegak dengan posisi duduk berada pada sudut siku-siku atau 90 derajat. Jarak siku dengan posisi keyboard pun harus berada pada kisaran 100 derajat dari siku tangan. 

2. Perhatikan Penempatan Keyboard dan Mouse
Tempatkan keyboard pada posisi paling nyaman, atur biar pergelangan tangan tetap lurus ketika mengetik. Untuk mouse sendiri sebaiknya letakkan di posisi yang gampang dijangkau.

3. Atur Cahaya Ruangan 
Tidak disarankan cahaya ruangan lebih cerah atau terperinci dibandingkan dengan kecerahan layar monitor. Redupkanlah beberapa lampu namun jangan hingga ruangan terlalu gelap alasannya hal ini juga sangat tidak baik. Bisa juga cara yang lebih mudah dan gampang yaitu mengatur tingkat kecerahan layar monitor. Aturlah cahaya sesuai kondisi cahaya yang menerangi ruangan.

4. Atur kecerahan layar monitor 
Kornea mata sangat sensitif yang terlalu terang. Oleh alasannya itu, atur kecerahan layar monitor biar nyaman ketika digunakan. Layar yang terlalu cerah akan menciptakan mata cepat lelah dan sakit. 

5. Hindari Bekerja di Tempat Gelap
Saat bekerja dengan menggunakan komputer, hindari bekerja dengan suasana kawasan yang gelap. Tempat yang gelap akan menciptakan mata bekerja lebih keras ketika menatap layar komputer yang terperinci sehingga menciptakan mata kau cepat lelah. 

6. Gunakan screen protector 
Pertimbangkan untuk menggunakan screen protector/pelindung layar pada komputer/laptop Anda. Screen protector berfungi mengurangi dampak radiasai yang dipancarkan layar komputer. 

7. Atur jarak pandang 
Jarak ideal mata dengan monitor yaitu 100 cm, atau paling tidak 50 cm lebih masih diperbolehkan. Terlalu erat mata Anda dengan layar monitor, maka akan menciptakan mata cepat lelah dan sakit. 

8. Lakukan Pola 20 20 20
Pola 20 20 20 merupakan contoh yang diperkenalkan oleh Mark Rosenfield, PhD, seorang professor dari Amerika. Pengertian dari contoh ini yaitu bahwa setiap 20 menit mata harus diistirahatkan dengan frekuensi selama 20 detik dengan melihat atau mengamati objek lain dalam jangkauan sejauh 20 meter.

9. Mengistirahatkan mata secara berkala 
Normalnya kita mengedipkan mata 18 kali setiap satu menit. Namun ketika di depan layar komputer kita akan terpaku dengan pekerjaan yang sedang dihadapi sehingga akan lebih sedikit untuk berkedip. Sebaiknya, meskipun pekerjaan sangat menumpuk, tapi usahakan biar meluangkan waktu sekitar 10-15 menit untuk mengistirahatkan tubuh. Bisa dengan berjalan santai di sekitar meja kau atau melaksanakan gerakan-gerakan kecil ibarat memutar leher searah atau berlawanan dengan jarum jam, meregangkan jari, atau melaksanakan gerakan ibarat sedang senam. 

10. Alihkan perhatian sejenak 
Menggunakan komputer akan menciptakan mata Anda tertuju hanya pada objek di monitor. Sebaiknya alihkan pandangan beberapa ketika untuk memperhatikan hal sekitar biar mata tak cepat lelah. 

11. Gunakan Kacamata
Penggunaan kacamata tidak hanya berlaku bagi orang-orang yang mempunyai minus ataupun silindris. Kacamata juga cukup membantu bagi mereka yang masih normal. Hal ini juga bermanfaat biar mata tidak minus dan tetap sehat. Disarankan penggunaan kacamata khusus, contohnya kacamata antiradiasi. Kacamata ini sangat mempunyai kegunaan apalagi bagi mereka yang masih menggunakan monitor CRT (tabung) 

12. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur 
Buah-buahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik untuk kesehatan mata. Untuk itu, perbanyaklah konsumsi buah yang baik untuk kesehatan mata.

13. Lakukan Tes Mata Secara Berkala 
Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata Anda, sebaiknya periksakan kepada dokter seorang hebat mata setiap 3 bulan sekali. Dengan begini, jikalau ada keluhan pada mata akan segera menerima penanganan.

14. Minum Teh Madu
Teh madu dipercaya sanggup membantu mata menahan radiasi komputer. Beristirahat sejenak sambil menikmati manisnya teh madu akan menciptakan mata kembali segar. Tak hanya mengatasi problem mata lelah, badan pun kembali rileks sesudah penat mengerjakan banyak sekali tugas.

15. Pembersihan Layar Monitor
Pemakaian layar komputer yang terlalu sering tentu akan menyebabkan adanya noda dan debu pada layar komputer Ternyata hal ini cukup mengganggu mata, menciptakan mata jadi tegang, dan sulit fokus. Untuk itu pencucian layar komputer sangat penting dilakukan.

Tips sehat bekerja di depan monitor merupakan upaya untuk tetap menjaga kesehatan kita walau dengan intensitas bekerja di depan monitor secara terus menerus. Jangan hingga kita mengorbankan kesehatan kita yang merupakan aset masa depan. Tetap jaga kesehatan diri kita.

Sumber http://kampanyek3.blogspot.com/

0 Response to "Tips Sehat Bekerja Di Depan Monitor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel