iklan

Urutan Instalasi Sound Sistem 2 Way Dan 3 Way

Urutan instalasi sound system 2 dan 3 way - Ada banyak pendapat mengenai urutan instalasi sound sistem. Setiap soundman mempunyai cara tersendiri dalam hal instalasi aksesoris sound sistem. Kali ini saya akan sedikit menunjukkan dasar dalam aneka macam macam instalasi sound sistem. Menurut yang pernah saya lakukan dan menurut pengalaman.

Perangkat yang dipakai oleh sound audio sistem memakai beberpa alat diantaranya mixer, equalizer, speaker menejemen, crossover, amplifier, crossover pasif dan speaker. Instalasi yang paling sederhana akan mempermudah dikala berada dilapangan. Berikut saya berikan beberapa jenis instalasi yang berbeda-beda.

urutan Instalasi pada sound sistem 2 way hight dan low

Instalasi ini merupakan instalasi yang sederhana. Biasanya dipakai pada audio sederhana. Urutan yang dipakai yaitu mulai dari mixer >> equalizer>> tone control>> amplifier>> crossover passive>> speaker>>.

 Ada banyak pendapat mengenai urutan instalasi sound sistem Urutan Instalasi Sound Sistem 2 Way dan 3 Way
2way


Dalam instalasi ini akan sangat menghemat power amplifier alasannya yang dipakai merupakan crossover pasif. Jika memakai crossover aktif mungkin akan memakai dua amplifier untuk memisahkan suara. Namun jikalau menggunan crossover pasif ini akan menghemat perangkat amplifier. Namun Kelemahan dalam sistem ini masih kalah dengan sistem instalasi yang memakai crossover aktif. Sehingga amplifier yang diguanakan harus yang powerful dan multi frekunsi.

penggunaan crossover pasif sanggup dihilangkan dengan mengganti preamp dengan crossover aktif 2 way sebelum input amplifier. atau sanggup juga opsi lain dengan mengatur eq streo menjadi dua medan frekuensi. namun amplifier harus streo. atau menambah satu amplifier.

urutan instalasi sound system 3 way

Sebenarnya pada sistem tiga way tidak jauh beda dengan sistem 2 way. Yang menjadi perbedaan ialah pada pembagian bunyi speaker/speker menejemen. Crossover yang dipakai ialah crossover aktif dan pasif. Sehinggga pemahaman dalam menghandle frekuensi lebih ketat. terutama pada eq.

 Ada banyak pendapat mengenai urutan instalasi sound sistem Urutan Instalasi Sound Sistem 2 Way dan 3 Way

keterangan gambar;

  • pertama audio dioleh dari mixer
  • kemudian masuk ke pengaturan frekunsi /EQ
  • Dari eq dipisah memakai crossover aktiff maupun speaker menejemen/driverack
  • pembagian kepada amplifier memakai dua buah. biar kerja amplifier seimbang masing masing amplifier dikususkan senada biar kerja seimbang
  • menuju crosover pasif pada box speaker yang memakai sistem 3 way midlow, mid hig dan twitter.

Opsi lain Perangkat yang dipakai sanggup memakai crossover aktif 3 way namun harus menambah satu amplifier lagi. Sehingga amplifier yang diharapkan yaitu tiga buah maupun dua perangkat. Ini merupakan instalasi sistem yang sering dipakai olah kebanyakan sound sistem. Bisa dikatakan sistem 3way low mid high merupaka sistem yang ideal dalam standar instalasi audio sound sistem. Low mid high. Low biasanya ditekan pada sublow dan low mid untuk menghasilkan bunyi yang utuh pada frekuensi 30hz hingga 300hz.

pemahaman urutan instalasi sound system 2 way dan 3 way sangat penting bagi yang keseharianya bergerak dibidang audio sistem.ini hanyalah refrensi menurut pengalaman pribadi. jikalau ada salah mohon koreksi!

semoga bermanfaat!
Sumber http://soldiradem.blogspot.com

0 Response to "Urutan Instalasi Sound Sistem 2 Way Dan 3 Way"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel