iklan

Waspadai Sakit Yang Tak Terlihat: 4 Tanda Kau Mulai Stres

stres

Judulnya cukup menakutkan ya teman-teman? Hehe.

Eits, tapi memang benar lho kalau anak seusia kita cenderung sering mengabaikan rasa sakit apalagi kalau kita masih merasa baik-baik saja. Sakit bukan hanya sanggup menyerang kondisi kekuatan fisik saja, tetapi juga kesehatan mental kita.

Sebagai seorang cukup umur yang sering dicap “labil”, kita memang rentan nih teman-teman dengan yang namanya “stres”. Kita sering sekali merasa tidak ada yang mengerti kita dan rasanya segala cita-cita kita menerima saingan dari orang di sekitar kita.

Ada baiknya kita mencegah diri sebelum mencapai titik stres tinggi yang sanggup menyebabkan banyak sekali penyakit yang menyerang kesehatan mental kita, menyerupai memiliki kecenderungan melukai diri sendiri, bipolar, hingga memiliki bermacam kepribadian. Mental yang terganggu sanggup jadi membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Yuk, kenali dan sayangi diri sendiri dengan mengantisipasi 5 tanda ini yang biasanya muncul dikala level stres kita sudah berlebihan.

 

Check ‘em out:

1. Konsentrasi menurun

Walaupun kita sedang belajar pelajaran favorit, namun tingkat konsentrasi kita jelek sekali. Rasanya semua yang diucapkan oleh Bapak/Ibu Guru berlalu begitu saja. Kalau hal tersebut terjadi alasannya ialah kepikiran tadi gesekan tidak sengaja dengan si abang kelas cakep sih masuk akal saja :p. Tapi kalau kau lesu dan tidak sanggup konsentrasi meski sudah berusaha itu sanggup menjadi tanda kau memikirkan hal lain yang sangat menguras pikiranmu dan membuatmu tertekan.

 

2. Mood-swings
stres1

Pada cukup umur perempuan, mood-swings sangat masuk akal terjadi dikala masa menstruasi sedang berlangsung. Tapi sebenarnya, perubahan mood yang begitu cepat juga sanggup terjadi pada siapa saja, termasuk cukup umur pria juga. Bila kita merasa bahagia kemudian duka kemudian merasa murka dalam waktu yang singkat, besar kemungkinan kita sedang stres.

 

3. Perubahan contoh makan

Hayo, kau tim yang mana nih? Tim semakin banyak makan dikala banyak pikiran atau sebaliknya, yaitu semakin malas makan? Dua pengaruh ini memang menjadi mengambarkan kita sedang stres. Badan kita sanggup semakin menggemuk atau mengurus tanpa kita sadari. Kasus yang lebih ekstrim, stres sanggup memicu cukup umur melaksanakan hal-hal jelek menyerupai merokok, meminum alkohol, dan menggunakan narkotika. Wah, ancaman sekali!

 

4. Perasaan cemas dan takut berlebihan
stres2

Kita semakin pesimis dan takut akan banyak hal. Cemas akan penampilan kita, nilai di sekolah, takut berlebihan pada orang renta kita. Hal ini biasa disebut “anxiety disorder” atau penyakit cemas berlebihan. Penderitanya sanggup hingga kehabisan nafas, berkeringat, hingga pingsan bila mencapai titik ketakutan yang sangat besar.

 

Meskipun 4 tanda di atas terlihat wajar, namun jikalau secara frekuensi sering muncul dan kita merasa sangat berbeban berat, just reach out, teman-teman! Jangan disimpan sendiri ya, alasannya ialah sanggup berdampak negatif buat diri kita sendiri.

Cheers!

 

0 Response to "Waspadai Sakit Yang Tak Terlihat: 4 Tanda Kau Mulai Stres"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel