iklan

Cara Budidaya Kacang Panjang Step By Step Untuk Pemula

Cara Menanam Kacang Panjang – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya,  kali ini kami akan menjelaskan  mengenai tahap-tahap penanaman kacang panjang.  Namun sebelum itu kami akan membahas apa itu kacang panjang ?? kacang panjang ialah tumbuhan yang berkembang biak memakai biji serta tumbuh dengan cara melilit, kacang panjang biasa dipakai sebagai  sayuran dan sebagai lalapan.


Budidaya kacang panjang sesungguhnya menguntungkan, alasannya tumbuhan ini kaya akan gizi. Sehingga sanggup memenuhi kebutuhan gizi keluarga anda, selain itu anda juga sanggup melaksanakan budidaya kacang panjang sebagai bisnis. Oleh alasannya itu kami disini akan menjelaskan cara menanam kacang panjang dibawah ini.


  kali ini kami akan menjelaskan  mengenai tahap Cara Budidaya Kacang Panjang Step by Step untuk Pemula
Cara menanam kacang panjang

Manfaat Kacang Panjang 


Sebelum kami menjelaskan cara menanam, ada baiknya anda ketahui dulu manfaat yang diperoleh sehabis mengkonsumsi kacang panjang. Berikut ini diantaranya:



  • Mencegah diabetes

  • Menjaga kesehatan jantung

  • Menjadi sumber antioksidan

  • Dapat mencegah osteoporosis

  • Sehat untuk pencernaan


Syarat – syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang 


Tentu saja tumbuhan kacang mempunyai beberapa syarat atau faktor yang menunjang proses pertumbuhannya baik dari segi iklim, lokasi penanaman, suhu, jenis tanah ataupu PH tanah. Dibawah ini kami akan membahas semua itu dengan terang semoga proses budidaya kacang panjang anda menjadi sukses dan berhasil.


1. Lokasi penanaman


Hal pertama yang harus anda perhatikan ialah lokasi penanaman, alasannya kacang panjang sanggup tumbuh dengan baik didaerah yang mempunyai ketinggian kurang lebih 1500 dpl dan yang lebih baik lagi pada tempat rendah. Alasannya alasannya kacang panjang yang di tumbuhan pada tempat dataran rendah akan lebih cepat tumbuh atau dipanen dari pada kacang panjang yang ditanam di dataran tinggi.


2. Iklim


Berikutnya ialah iklim dan suhu, kacang panjang sanggup tumbuh dengan baik pada tempat yang mempunyai suhu 20-30 derajat celcius kemudian iklim yang cocok untuk kacang panjang ialah kering yang mempunyai curah hujan rendah.


3. Tanah


Meskipun intinya semua jenis tanah yang ada di indonesia sanggup ditanamain kacang panjang, namun ada jenis tanam yang sangat baik untuk pertumbuhan kacang panjang yaitu tanah latosol atau lempung berpasir serta memilik PH tanah 5,5 – 6,6.


Panduan Cara Menanam Kacang Panjang 


Diatas tadi ialah syarat-syarat tumbuh tumbuhan kacang panjang baik dari segi lokasi penanaman, iklim dan jenis tanah. Selanjutnya kami akan membahas tahap-tahap cara menanam kacang panjang dibawah ini.


1. Pemilihan bibit kacang panjang berkualitas


Tahap pertama ialah pemilihan bibit yang kualitas, alasannya jikalau bibit yang dipakai berkualitas hasil panen dan peluang keberhasilannya akan lebih besar. Oleh alasannya itu kami akan menjelaskan ciri-ciri bibit yang berkualitas di bawah ini.


Ciri-ciri bibit berkualitas :



  • Tampilan dari bibit berwarna kusam dan bernas

  • Kondisi bibit tidak rusak atau cacat

  • Proses pertumbuhannya seragam

  • Bibit tahan dari serangan penyakit dan hama

  • Proses pertumbuhan kecambahnya diatas 90 %

  • Bibit terhindar dari penyakit atau hama


2. Pengolahan lahan tanam


Tahap selanjut ialah pengolahan lahan tanam, sebelumnya ada sudah melaksanakan tahap pemilihan bibit kacang panjang berkualitas. Nah kali ini kami akan membahas cara pengolahan lahan tanam kacang panjang dibawah ini.


Cara pengolahan lahan tanam :



  • Siapkan beberapa alat bertani berupa cangkul dan sabit

  • Setelah itu bersihkan lahan dari rumput maupun hama pengganggu lainnya

  • Begitu lahan bersih, langkah selanjutnya sanggup mencangkul tanah dengan kedalam 40 cm dalam proses ini anda sanggup menambahkan pupuk sangkar yang sudah kering semoga tercampur dengan rata.

  • Berikutnya anda sanggup menciptakan bedengan dengan lebar 120 cm, tinggi bedengan 40 cm dan panjang sesuaikan dengan luas lokasi yang dipilih.

  • Tahap selanjutnya buat lubang dengan jarak antara lubang 50X50X50 cm.

  • Disetiap bedengan buat drainase dengan jarak 50 cm

  • Biarkan bedengan beberapa minggu


3. Proses penanaman


Cara menanam kacang panjang selanjutnya ialah proses penanam, sebelum proses ini dimulai saran dari kami untuk menaman pada isu terkini kemarau namun perlu diingat kacang membutuhkan asupan air yang banyak pada awal tananm oleh alasannya itu ketersedia air akan mempengaruh berhasil dan tidak berhasil proses budidaya kacang panjang anda ini.


Cara menanam kacang panjang sangat lah mudah, langkah pertama yang harus dilakukan ialah memasukkan bibit kacang yang sudah dipilih sebelum kedalam lubang bedengan sehabis itu anda sanggup menutup lubang tersebut memakai debu gosok dan pupuk sangkar kering.


Artikel terkait lainnya: Panduan Cara Menanam Daun Bawang Step by Step


4. Proses perawatan kacang panjang


Cara menanam kacang panjang berikutnya ialah proses perawatan, meskipun sesungguhnya kacang panjang akan tetap berproduksi namun akibatnya akan lebih rendah dibandingkan dengan tumbuhan kacang panjang yang dirawat.


Terdapat beberapa cara perawatan kacang panjang diantaranya penyulaman, penyiangan, penyiraman, pemupukan dan pemasang turus yang akan kami jelaskan dibawah ini.


Cara perawatan kacang panjang 


Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kacang panjang:



  • Penyulaman


Cara yang pertama ini mempunyai arti mengganti tumbuhan mati, maksudnya pada proses penyulaman jikalau terdapat calon tumbuhan kacang mati akan diganti dengan tumbuhan gres namun hanya sanggup dilakukan pada awal penanaman sekitar seminggu.



  • Penyiangan


Maksud dari proses penyiangan ialah pencucian lahan tanam dari rumput maupun hama pengganggu lain, acara sanggup dilakukan dengan tangan kosong ataupun memakai alat berupa sabit namun harus dilakukan secara hati-hati.


Kegiatan ini biasanya dilakukan pada tumbuhan yang berusia 3-6, tapi semua itu tergantung pada pertumbuhan hama disekitar lahan.



  • Penyiraman


Tanaman kacang panjang memerlukan air yang sangat banyak, apalagi jikalau pada proses penanaman kacang panjang pada isu terkini kemarau acara penyiraman dilakukan setiap hari di pagi dan sore hari. Namun bila penanaman dilakukan pada isu terkini penghujan acara penyiraman sanggup dilakukan menurut intensitas hujan.



  • Pemupukkan susulan


Tujuan dari proses pemupukan susulan ialah semoga tumbuhan kacang panjang sanggup zat-zat makan dari pupuk dengan cukup.



  • Pemasangan turus


Maksud dari proses ini ialah menawarkan tempat untuk tumbuhan kacang merambat, pada pemasang turus sanggup memakai kayu atau bambu yang sudah dibelah sebelumnya. Tujuan dilakukan pemasangan turus semoga buah kacang menjadi panjang dan berisi.


5. Proses panen


Cara menanam kacang panjang yang terakhir dan tahap yang paling ditunggu-tunggu para petani, acara panen ialah proses pengambilan atau pemetikan hasil budidaya yang dilakukan para petani. Namun terdapat beberapa petani yang salah melaksanakan panen kacang panjang sehingga buah menjadi rusak, Oleh alasannya itu kami akan menjelaskan panen kacang panjang yang benar.


Sebenarnya panen kacang panjang itu mudah, namun perlu anda sampai lakukan panen pada pagi semoga buah kacang tetap segar selanjutnya potong bab polong biah dan ikat menjadi satu dengan berat sesuai cita-cita masing-masing.


Nah bagaimana klarifikasi kami mengenai cara menanam kacang panjang diatas? Sudah terang bukan? Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Tanaman Melon Step By Step



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Cara Budidaya Kacang Panjang Step By Step Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel