iklan

Harta Yang Wajib Di Zakati



Harta yang Wajib di zakati


A. Zakat Emas dan Perak   


Kewajiban zakat emas dan perak, diperintahkan dalam Al Quran:   

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنَّ كَثِيرًا مِنَ الْأَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُونَ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ (34) يَوْمَ يُحْمَى عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ فَتُكْوَى بِهَا جِبَاهُهُمْ وَجُنُوبُهُمْ وَظُهُورُهُمْ هَذَا مَا كَنَزْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ فَذُوقُوا مَا كُنْتُمْ تَكْنِزُونَ (35)           

artinya:
34. Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya sebahagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahib Kristen benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih, 

35. pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, kemudian dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kau simpan untuk dirimu sendiri, Maka rasakanlah kini (akibat dari) apa yang kau simpan itu." (QS. At Taubah (9): 34-35)   
Nishab zakat emas ialah jikalau telah mencapai 20 Dinar dan selama satu tahun kepemilikan, maka zakatnya 1/40-nya, yakni setengah Dinar. (HR. Abu Daud No. 1573, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 7325, dishahihkan Syaikh Al Albani. Lihat Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 1573)        


Satu Dinar ialah 4,25 gram emas. Jadi, jikalau sudah mempunyai 85 gram emas, maka dikeluarkan zakatnya 2,125 gram.           


Nishab zakat perak ialah jikalau telah mencapai 200 Dirham selama setahun kepemilikan sebanyak 1/40-nya, yakni 5 dirham. (HR. Abu Daud No. 1574, At Tirmdizi No. 620, Ahmad No. 711, 1232, Al Bazar No. 679, dan lainnya. Imam At Tirmidzi bertanya kepada Imam Bukhari, apakah hadits ini shahih? Beliau menjawab: “shahih.” Lihat Sunan At Tirmidzi No. 620)


Satu Dirham ialah 2,975 gram perak. Jadi, jikalau sudah mempunyai 595 gram perak, maka dikeluarkan zakatnya 14,875 gram.  


B. Zakat Tijarah (Perniagaan)       


Ini ialah pandangan jumhur ulama semenjak zaman sahabat, tabi’in, dan fuqaha berikutnya, wacana wajibnya zakat harta perniagaan, ada pun kalangan zhahiriyah menyampaikan tidak ada zakat pada harta perniagaan.           


Zakat ini ialah pada harta apa saja yang memang diniatkan untuk didagangkan, bukan menjadi harta tetap dan digunakan sendiri.           


Abu Amr bin Himas menceritakan, bahwa ayahnya menjual kulit dan alat-alat yang terbuat dari kulit, kemudian Umar bin Al Khathab berkata kepadanya:        


يَا حِمَاسُ ، أَدِّ زَكَاةَ مَالَك ، فَقَالَ : وَاللَّهِ مَا لِي مَالٌ ، إنَّمَا أَبِيعُ الأَدَمَ وَالْجِعَابَ ، فَقَالَ : قَوِّمْهُ وَأَدِّ زَكَاتَهُ.          


“Wahai Himas, tunaikanlah zakat hartamu itu.” Beliau menjawab: “Demi Allah, aku tidak punya harta, bersama-sama aku cuma menjual kulit.” Umar berkata: “Perkirakan harganya, dan keluarkan zakatnya!” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al Mushannaf No. 10557, Abdurrazzaq dalam Al Mushannaf No. 7099, Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 7392)


Dari kisah ini, Imam Ibnu Qudamah menyampaikan adanya zakat tijarah ialah ijma’, lantaran tidak ada pengingkaran terhadap perilaku Umar bin Al Khathab Radhiallahu ‘Anhu.    


Beliau mengatakan:    

وَهَذِهِ قِصَّةٌ يَشْتَهِرُ مِثْلُهَا وَلَمْ تُنْكَرْ ، فَيَكُونُ إجْمَاعًا           


Kisah menyerupai ini masyhur (tenar), dan tidak ada yang mengingkarinya, maka hal ini menjadi ijma’. (Lihat Al Mughni, 5/414. Mawqi’ Al Islam)        


Yang termasuk kategori ini, ialah hasil dari sewa menyewa. Tanah, kios, kebun, rumah, tidaklah ada zakatnya, tetapi jikalau disewakan maka harga sewa itu yang dizakatkan.


Syaikh Muhammad Khaathir Rahimahullah (mufti Mesir pada zamannya) berkata:



لا تجب فى الأرض المعدة للبناء زكاة إلا إذا نوى التجارة بشأنها        



Tanah yang dipersiapkan untuk didirikan bangunan tidak wajib dizakati, kecuali diniatkan untuk dibisniskan dengan mengembangkannya. (Fatawa Al Azhar, 1/157. Fatwa 15 Muharam 1398)


C. Zakat Hasil Tanaman dan Buah-Buahan         


Para fuqaha setuju atas kewajiban zakat tanaman dan buah-buahan. Tetapi mereka berbeda pendapat dalam jenis tanaman dan buah apa saja yang dizakatkan.


Secara ringkas sebagai berikut:          


a. Zakat tanaman dan buah-buahan hanya pada yang disebutkan secara tegas oleh syariat, menyerupai gandum, padi, biji-bijian, kurma dan anggur, selain itu tidak ada zakat. Ini pendapat Imam Al Hasan Al Bashri, Imam Sufyan Ats Tsauri, dan Imam Asy Sya’bi. Pendapat ini dikuatkan oleh Imam Asy Syaukani.   


Pendapat ini menurut wasiat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada Muadz bin Jabal dan Abu Musa Al Asy’ari dikala mereka diutus ke Yaman:       



لا تأخذوا الصدقة إلا من هذه الأربعة الشعير والحنطة والزبيب والتمر 


“Janganlah kalian ambil zakat kecuali dari empat macam: biji-bijian, gandum, anggur kering, dan kurma. “ (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak No. 1459, katanya: shahih. Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No. 7242 , Ad Daruquthni No. 15)    


Secara khusus tidak adanya zakat sayur-sayuran (Al Khadharawat), Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:           


لَيْسَ فِي الْخُضْرَوَاتِ صَدَقَةٌ. 


Pada sayur-sayuran tidak ada zakatnya. (HR. Al Bazzar No. 940, Ath Thabarani dalam Al Awsath No. 5921. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahihul Jami’ No. 5411)


Maka, tidak ada zakat pada semangka, jambu, durian, sayur-sayuran, dan lainnya yang tidak disebutkan oleh nash. Kecuali jikalau buah-buahan dan tanaman ini diperdagangkan, maka masuknya dalam zakat tijarah.  


b. Sayur-sayuran dan semua yang dihasilkan oleh bumi (tanah) wajib dizakati, ini ialah pendapat Imam Abu Hanifah, juga Imam Ibnul ‘Arabi, dan Syaikh Yusuf Al Qaradhawi, dan umumnya ulama kontemporer.  


Dasarnya keumuman firman Allah Ta’ala:     


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ      


Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kau .. (QS. Al Baqarah (2): 267)           


Baihaqi, Ath Thabarani, Ad Daruquthni, Al Baghawi, Al Bazzar, Ibnu Hibban, Ath Thahawi, dan Ibnu Khuzaimah)           


Maka, hasil tanaman apa pun mesti dikelurkan zakatnya, baik yang dikeluarkan ialah jadinya itu, atau harganya.            


c. Pendapat Al Qadhi Abu Yusuf yang menyampaikan semua yang tumbuh dari bumi mesti dizakatkan, selama yang sanggup bertahan dalam setahun. Ada pun yang tidak sanggup bertahan dalam setahun menyerupai mentimun, sayur-sayuran, semangka, dan yang apa saja yang akan busuk dalam waktu sebelum setahun, maka itu tidak ada zakat.  

d. Kalangan Malikiyah berpendapat, hasil bumi yang dizakatkan mempunyai syarat yaitu yang bertahan (awet) dan kering, dan ditanam oleh orang, baik sebagai masakan pokok menyerupai gandum dan padi, atau bukan masakan pokok menyerupai jahe dan kunyit. Mereka beropini tidak wajib zakat pada buah tin, delima, dan sayur-sayuran.


e. Kalangan Syafi’iyah berpendapat, hasil bumi wajib dizakatkan dengan syarat sebagai masakan pokok dan sanggup disimpan, serta ditanam oleh manusia, menyerupai padi dan gandum. Tidak wajib zakat pada sayur-sayuran.   


f. Imam Ahmad berpendapat, hasil bumi wajib dizakatkan baik biji-bijian dan buah-buahan, yang sanggup kering dan tahan lama, baik yang ditakar dan ditanam manusia, baik masakan pokok menyerupai gandum dan padi, atau bukan menyerupai jahe dan kunyit. Juga wajib zakat buah-buahan yang punya ciri di atas menyerupai kurma, anggur, tin, kenari, dan lainnya. Sedangkan yang tidak sanggup dikeringkan tidak wajib zakat menyerupai semangka, pepaya, jambu, dan semisalnya.           


Kita lihat, para ulama setuju wacana wajibnya zakat tanaman hanya pada kurma, padi, gandum, biji-bijian, dan anggur. Tetapi mereka tidak setuju wacana wajibnya zakat pada tanaman yang bukan menjadi masakan pokok, menyerupai jahe, kunyit, buah-buahan selain anggur dan kurma, dan sayur-sayuran, sebagian menyampaikan wajib, sebagian lain tidak. Masing-masing alasan telah dipaparkan di atas.   
Nishabnya ialah jikalau jadinya sudah mencapai 5 wasaq, sebagaimana disebutkan dalam hadits:

لَيْسَ فِيمَا أَقَلُّ مِنْ خَمْسَةِ أَوْسُقٍ صَدَقَةٌ   


Tidak ada zakat pada apa-apa yang kurang dari lima wasaq. (HR. Bukhari No. 1484, Muslim No. 979)


Lima wasaq ialah enam puluh sha’ menurut ijma’, dan satu sha’ ialah empat mud, kemudian satu mud ialah seukuran penuh dua telapak tangan orang dewasa. Dr. Yusuf Al Qaradhawi telah membahas ini secara rinci dalam kitab monumental beliau, Fiqhuz Zakah, dan menyimpulkan bahwa lima wasaq ialah setara dengan +/- 653 Kg.             


D. Zakat Ternak      


Zakat binatang ternak (Al An’am) pada Unta, Sapi, Kerbau dan Kambing (dengan aneka macam variannya) ialah ijma’ , tidak ada perbedaan pendapat.          


Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah menjelaskan:     


جاءت الاحاديث الصحيحة، مصرحة بإيجاب الزكاة في الابل، والبقر، والغنم، وأجمعت الامة على العمل.

ويشترط لايجاب الزكاة فيها: أن تبلغ نصابا وأن يحول عليها الحول وأن تكون سائمة، أي راعية من الكلا المباح أكثر العام    
Telah tiba aneka macam hadits shahih yang menjelaskan kewajiban zakat pada Unta, Sapi, dan Kambing, dan umat telah ijma’ (sepakat) untuk mengamalkannya. Zakat ini mempunyai syarat: sudah hingga satu nishab, berlangsung selama satu tahun, dan hendaknya binatang tersebut ialah binatang yang digembalakan, yaitu memakan rumput yang tidak terlarang sepanjang tahun itu. (Fiqhus Sunnah, 1/363) 


Sedangkan, selain binatang Al An’am tidak wajib dizakatkan, menyerupai kuda, keledai, ayam, ikan, bighal, kecuali jikalau semua dijual, maka masuknya dalam zakat tijarah (perniagaan). Wallahu A’lam


Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:      


لا زكاة في شئ من الحيوانات غير الانعام.فلا زكاة في الخيل والبغال والحمير، إلا إذا كانت للتجارة


Tidak ada zakat pada hewan-hewan selain Al An’am, maka tidak ada zakat pada kuda, bighal (peranakan kuda dan keledai), keledai, kecuali jikalau untuk diperdagangkan. (Fiqhus Sunnah, 1/368) 


Namun demikian, tidak semua Al An’am sanggup dizakatkan, ada syarat yang mesti dipenuhi:

1. Sampai nishabnya  
2. Sudah berlangsung satu tahun (haul)         
3. Hendaknya binatang ternak itu ialah binatang yang digembalakan, yang memakan rumput yang tidak terlarang dalam sebagai besar masa setahun itu.           

Tiga syarat ini merupakan pendapat secara umum dikuasai ulama, kecuali Imam Malik dan Imam Laits bin Sa’ad. Menurut mereka berdua, binatang ternak yang makanannya disabitkan (bukan digembalakan) juga boleh dizakatkan.           


Syaikh Sayyid Sabiq mengomentari: 


لكن الاحاديث جاءت مصرحة بالتقييد بالسائمة، وهو يفيد بمفهومه: أن المعلوفة لا زكاة فيها، لانه لا بد للكلام عن فائدة، صونا له عن اللغو.       


Tetapi hadits-hadits yang ada dengan gamblang mengkhususkan dengan binatang yang digembalakan, dan hal itu membawa pengertian: bahwa yang disabitkan rumputnya tidaklah wajib zakat, lantaran penyebutan tersebut mesti ada faidahnya, supaya ucapan itu tidak sia-sia. (Ibid, 1/364)


Imam Ibnu Abdil Bar Rahimahullah mengatakan:    


ولا أعلم من قال بقول مالك والليث من فقهاء الأمصار    


Saya tidak ketahui ada fuqaha sepenjuru negeri yang oke dengan pendapat Malik dan Al Laits. (Imam Az Zarqani, Syarh ‘Alal Muwaththa’, 2/154)        


- Zakat Unta, berikut rincian dalam Fiqhus Sunnah: 


• Nishabnya 5 ekor, mesti dikeluarkan 1 ekor kambing biasa yang sudah berusia setahun lebih, atau kambing benggala (dha’n), menyerupai kibas, biri-biri, berusia setahun.     

• Jika 10 ekor, maka yang dikeluarkan 2 ekor kambing betina, dan seterusnya jikalau bertambah lima bertambah pula zakatnya satu ekor kambing betina.   
• Jika banyaknya 25 ekor, maka zakatnya 1 ekor anak unta betina umur 1-2 tahun, atau 1 ekor anak unta jantan umur 2-3 tahun.       
• Jika 36 ekor, zakatnya 1 ekor anak unta betina usia 2-3 tahun       
• Jika 46 ekor, zakatnya 1 ekor unta betina berumur 3-4 tahun         
• Jika 61 ekor, zakatnya 1 ekor unta betina 4-5tahun
• Jika 76 ekor, zakatnya 2 ekor anak unta betina umur 2-3 tahun     
• Jika 91 ekor hingga 120 ekor, zakatnya 2 ekor anak unta betina umur 3-4 tahun 

- Zakat Sapi    


• Tidak wajib zakat jikalau belum hingga 30 ekor, dalam keadaan digembalakan, dan sudah satu haul, zakatnya 1 ekor sapi jantan atau betina berumur 1 tahun        

• Jika 40 ekor, zakatnya 1 ekor sapi betina berumur 2 tahun 
• Jika 60 ekor, zakatnya 2 ekor sapi berumur 1 tahun
• Jika 70 ekor, zakatnya 1 ekor sapi betina umur 2 tahun dan 1 ekor sapi jantan berumur 1 tahun   
• Jika 80 ekor, zakatnya 2 ekor sapi betina umur 2 tahun      
• Jika 90 ekor, zakatnya 3 ekor sapi umur 1 tahun     
• Jika 100 ekor, zakatnya 1 ekor sapi betina umur 2 tahun, serta 2 ekor sapi jantan umur 1 tahun   
• 110 ekor, zakatnya 2 ekor sapi betina umur 2 tahun, dan 1 ekor sapi jantan umur 1 tahun
• 120 ekor, zakatnya 3 ekor sapi betina berumur 2 tahun, atau 4 ekor sapi umur 1 tahun.    

Dan seterusnya, jikalau banyaknya bertambah, maka setiap 30 ekor ialah 1 ekor sapi umur 1 tahun, dan setiap 40 ekor ialah 1 ekor sapi betina berumur 2 tahun.   


- Zakat kambing         


• Tidak dizakatkan kecuali sudah mencapai 40 ekor. Jika berjumlah antara 40-120 ekor dan sudah cukup satu haul, maka zakatnya 1 ekor kambing betina.          

• Dari 121-200 ekor, zakatnya ialah 2 ekor kambing betina           
• Dari 201-300 ekor, zakatnya ialah 3 ekor kambing betina. Dan seterusnya, tiap suplemen 100 ekor, dikelurkan 1 ekor kambing betina. Dari domba berumur 1 tahun, dari kambing biasa 2 tahun.
Jika kambingnya hanya ada yang jantan, maka boleh dikeluarkan yang jantan. Jika sebagian jantan dan sebagian betina, atau semuanya betina, ada yang membolehkan jantan, ada juga hanya betina yang dizakatkan.       
by lussy



Sumber http://lussychandra.blogspot.com

0 Response to "Harta Yang Wajib Di Zakati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel