iklan

Panduan Cara Menanam Padi Step By Step

Cara Menanam Padi – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, sebelumnya kami sudah membahas cara menanam jahe selanjutnya kami akan membahas proses penanaman padi step by step. Kita ketahui bahwa padi ialah kebutuhan pokok masyarakat indonesia, lantaran sesudah padi diolah akan menjadi beras kemudian menjadi nasi. Nasi ialah materi pangan terpenting masyarakat indonesia dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat.


Oleh alasannya ialah itu, kalau anda berniat melaksanakan budidaya padi sebagai ladang bisnis kami sangat mendukung hal tersebut lantaran kebutuhan akan materi pangan padi di indonesia masih sangat kurang itu dipengaruhi dari jumlah penduduk yang selalu bertambah dan jumlah petani padi yang selalu berkurang.


Namun sebelum anda memulai budidaya padi ada baiknya membaca artikel kami mengenai cara menanam padi step by step, lantaran kalau penanaman padi dilakukan dengan cara yang salah maka hasil panen akan tidak maksimal malah sanggup terjadi gagal panen.


 selanjutnya kami akan membahas proses penanaman padi step by step Panduan Cara Menanam Padi Step by Step
Cara Menanam Padi

Manfaat Mengkonsumsi Padi/Beras


Baiklah sebelum kami membahas cara menanam padi, ada baiknya anda mengetahui manfaat dari mengkonsumsi padi bagi badan dibawah ini.


1. Dapat mengobati dan mencegah gangguan pencernaan


Hal ini lantaran padi mengandung serat yang sangat rendah kalau sudah diolah menjadi nasi, mengkonsumsi nasih putih sangat baik untuk anda yang menderita penyakit diare, radang usus dan morning sickness.


2. Dapat mengobati bisul dan jerawat


Anda sanggup memakai padi yang sudah diproses menjadi beras dengan merebus kemudian dikeringkan, sesudah kering anda tumbuk hingga menyerupai pasta atau salep oles dan oleskan pada area bisul, nanah dan jerawat.


3. Dapat menjadi sumber energi yang tinggi


Setealah padi diolah menjadi beras kemudian dimasak menjadi nasi dan dikonsumsi banyak mengandung karbohidrat yang kaya akan sumber tenaga, lantaran semua perkerjaan anda sehari-hari tentu membutuhkan asupan dari zat karbohidrat.


4. Dapat menjadi materi kosmetik


Tanaman padi kalau diolah sanggup menjadi materi kosmetik menyerupai shampoo, lantaran padi sanggup menambah ketebalan rambut oleh lantaran itu padi sangat baik bagi anda yang ingin menambah ketebalan rambut.


Syarat-syarat Tumbuh Tanaman Padi 


Diatas tadi ialah sedikit dari manfaat padi, selanjutnya kami akan membahas topik utama kami yaitu cara menanam padi step by step namun sebelum itu ada baiknya ada mengetahui syarat-syarat tumbuh tumbuhan padi dibawah ini:


1. Iklim



  • Tanaman padi membutuhkan lokasi penanaman yang mempunyai curah hujan 200 mm/bulan

  • Selanjutnya tumbuhan padi juga membutuhkan lokasi penanaman yang bersuhu 15-30 derajat celcius

  • Lalu lokasi penanaman yang mempunyai kelembaban40-60%

  • Selanjutnya kebutuhan akan air sangat tinggi

  • Yang terakhir lokasi yang terkena sinar matahari setiap hari.


2. Media tanam



  • Tanah yang cocok untuk menanam padi ialah berpasir, lempung dan berdebu namun semua itu tergantung iklim

  • Tanah mengandung materi organik, unsur hara dan jenis tanah menyerupai glumosol, latosol serta andosol.

  • Tanah dalam keadaan subur atau tidak terjangkit hama

  • Memiliki pH 4-7


3. Ketinggian lokasi penanaman padi



  • Pilih lokasi penanaman padi yang mempunyai ketinggian 0-1500 dpl.


Panduan Cara Menanam Padi 


Baiklah itu tadi syarat-syarat penanaman padi, baik jenis tanah, ph , suhu kelembaban dan ketinggian lokasi penanaman. Berikutnya dibawah ini ialah cara menanam padi step by step:


1. Pengolahan lahan


Anda sanggup mengikut tahap-tahap pengolahan lahan dibawah ini :



  • Tahap pertama ialah proses pencucian lokasi yang anda pilih dari rumput, sampah sanggup memakai bendo ataupun cangkul sesudah itu kumpulkan sampah menjadi satu dan bakar atau ditimbun dalam tanah.

  • Tahap selanjutnya ialah proses pembajakan, sebelum melaksanakan pembajakan anda sanggup menyiram lokasi penanaman memakai air bertujuan dikala membajak tanah dalam kondisi lunak. Anda sanggup memakai alat bajak yang bertenaga mesin ataupun bertenaga sapi.

  • Setelah proses pembajakan selesai anda genangin lokasi dengan air hingga ketinggian 5-10 cm, cara ini dilakukan dengan menutup jalan keluar masuknya air atau irigasi.


2. Pemilihan bibit berkualitas


Cara menanam padi selanjutnya ialah pemilihan bibit atau benih padi yang berkualitas, lantaran kalau bibit yang dipakai tidak berkualitas maka hasil panen padi tidak berkualitas juga dan nilai jualnya akan rendah. Baiklah kami akan menandakan cara menentukan bibit atau benih padi berkualitas.


Cara pemilihan bibit padi berkualitas 



  • Siapkan air yang akan dipakai untuk merendam bibit padi, sesudah itu rendamlah padi selama 2 jam

  • Lalu sesudah itu pindahkan padi yang direndam tadi diatas kain, kemudian pastikan apakah jumlah padi yang berkecambah lebih dari 90% kalau lebih maka bibit padi tersebut berkualitas.


3. Proses penyemaian


Tahap selanjutnya ialah penyemaian bibit atau benih padi, tujuan dari proses penyemaian ialah resiko calon tumbuhan padi tidak tumbuh lebih kecil, dikala proses perawatan calon tumbuhan padi lebih gampang dikontrol. Nah dari itu kami sangat menyarankan adanya proses penyemaian bibit atau benih padi.


Cara penyemaian bibit padi 



  • Siapkan benih atau bibit padi, kemudian rendam dengan air selama sehari semalam sesudah itu tiriskan tunggu hingga benih berkecambah.

  • Setelah itu buat lokasi penyemaian, buat sesuai dengan jumlah penanaman benih padi masing-masing kemudian perjuangan lokasi penyemaian selalu tergenang air atau becek.

  • Selanjutnya berikan pupuk, anda sanggup memakai pupuk urea 10 gr dan pupuk TSP 10 gr.

  • Tahap terakhir tanamlah bibit atau benih padi tadi yang sudah mempunyai kecambah, cara menanamnya dengan menaburkan bibit atau benih padi diarea penyemaian secara rata.


4.  Proses penanam padi


Tahap selanjutnya ialah proses penanaman padi, lantaran sebelumnya anda menanam bibit padi dilokasi penyemaian bukan di lokasi tanam sebenarnya.


Cara menanam padi  



  • Siapkan tumbuhan padi yang mempunyai daun 2-3 helai, kemudian usia tumbuhan padi yang ideal berumur kurang dari 2 minggu.

  • Selanjutnya anda menciptakan lubang, setiap lubang harus mempunyai jarak satu sama lain. Selanjutnya pastikan setiap lubang hanya ditanam 1- 2 tumbuhan saja.

  • Tahap penanaman padi yang baik ialah kondisi lahan tidak tergenang air namun tetap becek, kedalam penanaman padi 15 cm jangan terlalu dalam.


5.  Perawatan padi


Cara menanam padi selanjutnya ialah proses perawatan, tentu tumbuhan padi tidak akan tumbuh dan berbuah maksimal kalau dibiarkan saja.


Cara perawatan padi :



  • Pengairan


Tanaman padi yang berumur 0-8 hari harus dialirin air dengan kedalam 5 cm, kemudian sesudah tumbuhan berumur 8-45 kedalam airnya ditambah menjadi 10-20 cm dan sesudah tumbuhan padi mulai menguning kedalam airnya ditambah menjadi 25 cm.



  • Penyiangan dan penyulaman tumbuhan padi


Berikutnya ialah penyiangan dan penyulaman tumbuhan padi, pastikan dikala melaksanakan penyulaman usia padi gres berumur 10 kalau lebih maka tumbuhan padi tidak sanggup menyamai pertumbuhannya dengan yang lain.


Selanjutnya anda perlu melaksanakan penyiangan maksudnya mencabut rumput liar dan membersihkan hama pengganggu yang tumbuh disekitar lokasi penanaman.



  • Pemupukan padi


Dalam proses pemupukan padi bertujuan untuk menambah zat-zat dan unsur hara yang diharapkan oleh padi, saran dari kami untuk memakai pupuk NPK Bananas.


6. Proses Panen


Cara menanam padi yang terakhir ialah proses panen, sebelum anda melaksanakan panen ada baiknya ketahui dulu ciri-ciri tumbuhan padi yang siap dipanen dibawah ini.


Ciri ciri tumbuhan padi siap panen 



  • Gabah atau buah padi sudah berwarna kuning

  • Buah atau gabah padi sudah menunduk lantaran terisi.


Diatas merupakan ciri-ciri padi yang siap dipanen selanjutnya kami akan menjelaskan cara panen padi yang benar dibawah ini.


Cara panen padi :



  • Siapkan beberapa peralatan yang akan dipakai untuk panen padi menyerupai sabit, terpal dan alat perontok padi.

  • Tahap pertama proses pemotongan padi, anda sanggup melaksanakan pemotongan dengan memegang 1 batang helai padi dan dipotong batang potongan bawahnya kemudian tumpuk menjadi satu.

  • Setelah semua padi dipotong, kemudian kumpulkan tumpukan padi menjadi satu diatas terpal yang sudah anda siapkan tadi.

  • Tahap berikutnya ialah perontokan padi dengan menggenggam sekumpulan padi kemudian dipukul kearah alat perontok padi.

  • Tahap terakhir, sesudah semua padi dirontokan bersihkan semua padi dari daun-daun dan kotoran.


Baiklah  kami sudah menjelaskan Cara menanam padi diatas, nah anda tunggu apalagi eksklusif saja lakukan budidaya padi dengan mengikuti tahap-tahap diatas kami akan doakan anda menjadi seorang pengusaha padi yang sukses, sepakat sekian dari kami terima kasih sudah mengunjungi artikel kami. Simak juga: Cara Budidaya Kacang Panjang Step by Step untuk Pemula



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Panduan Cara Menanam Padi Step By Step"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel