iklan

5 Langkah Cara Mengatasi Hama Wereng Ini Wajib Anda Coba

Cara mengatasi hama wereng – Sedari dulu hingga ketika ini hama wereng masih menjadi musuh “abadi” bagi para petani padi di Indonesia. Terjadinya beberapa serangan hama wereng pada sejumlah tempat di isu terkini penghujan ini menciptakan orang – orang kembali diingatkan bahwa hama dengan bentuk serangga tersebut masih menjadi ancaman yang wajib untuk terus diwaspadai.


Hama wereng terus saja menjadi ancaman faktual bagi para petani padi di Indonesia dan itu merupakan sebuah fakta. Banyak fakta menunjukkan bahwa memasuki tahun 2017 ini beberapa pusat padi di Indonesia mendapat serangan wereng yang dahsyat. Di kabupaten Karawang  terdata sekitar 900 ha tumbuhan padi positif terjangkit kawanan hama wereng.


 Sedari dulu hingga ketika ini hama wereng masih menjadi musuh  5 Langkah Cara Mengatasi Hama Wereng Ini Wajib Anda Coba
Hama wereng pada padi-cara mengatasi hama wereng

Dikabupaten Bojonegoro sendiri, lahan tumbuhan padi seluas 2.500 ha juga mengalami nasib yang sama, terjangkit kawanan hama wereng. Begitu juga di wilayah Jawa Tengah, kawanan wereng menyerang pusat padi di tempat kabupaten Boyolali dan kabupaten Wonogiri.


artikel terkait cara mengatasi hama wereng: Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengusir Hama Wereng


Serangan wereng yang membabi buta ini mengakibatkan para petani yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Barat sangat berduka, alasannya hasil panen yang diperoleh sangat menurun drastis. Bahkan dibeberapa tempat ada yang mengalami puso atau sama sekali tidak memperoleh hasil gabah dari perjuangan budidaya padi yang dilakukannya.


Berbicara perihal hama wereng, pada umumnya pribadi membahas pada jenis hama wereng coklat. Padahal wereng ada beberapa macam yang biasa menyerang tumbuhan padi. Di samping hama wereng coklat yang biasanya pribadi menyerang fisik dari tumbuhan padi, ada juga hama wereng loreng dan hama wereng hijau.  Kedua jenis hama tersebut merupakan vector dari virus tungro. Virus tungro sanggup mengakibatkan tumbuhan padi menjadi kerdil dan bulir – bulir padi menjadi tidak berisi atau hampa.


Hama wereng coklat tergolong sebagai hama utama yang menyerang tumbuhan padi. Wereng coklat sangat ditakuti oleh para petani padi, alasannya keberadaan dari hama ini sanggup mengakibatkan tumbuhan padi yang ditanam akan menjadi kering. Kerusakan yang ditimbulkan sanggup dari skala ringan, berat hingga hingga puso. Hama wereng coklat menyerang tumbuhan padi hampir pada semua fase. Mulai dari fase pembibitan, fase anakan, hingga dengan pada masa fase masak susu/pengisian bulir padi.


Cara Mengatasi Hama Wereng Dan Pengendaliannya


Gejala yang sering muncul pada serangan wereng yakni pada rumpun padi terlihat menguning pada daunnya. Setelah itu tumbuhan akan menguning dengan cepat dan terlihat menyerupai terbakar. Tanaman yang mulai mengering akan terlihat berbentuk bundar atau biasa disebut dengan tanda-tanda “Hopperburn”. Jika tumbuhan sudah menyerupai itu maka sanggup dipastikan bahwa populasi wereng biasanya sudah sangat tinggi.


Hama serangga mungil ini sangat betah hidup pada tempat yang lembab denga suhu yang berkisar antara 20 – 30oC. Oleh alasannya itu perlu ditingkatkan kewaspadaan pada ketika isu terkini tanam yang berbarengan dengan isu terkini penghujan. Jika Anda sebagai petani padi lengah sedikit saja dalam pengambilan keputusan untuk pengendalian hama wereng, maka akan berdampak pada gagal panen.


Cara mengatasi hama wereng, tim peneliti dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi telah menyarankan lima tips cara mengatasi hama wereng yang sanggup diterapkan oleh para petani padi. Cara mengatasi hama wereng tersebut yakni sebagai berikut:



  • Hendaknya Anda melaksanakan pengamatan rutin pada pertanaman padi Anda.

  • Berlakukan jarak tanam penanaman padi dengan jarak tanam yang tidak terlalu rapat. Sebaiknya memakai sistem tanam jajar legowo 2:1 atau 3:1.

  • Gunakanlah varietas tumbuhan padi yang tahan terhadap serangan hama wereng.

  • Lakukanlah pergiliran varietas padi.

  • Memanfaatkan musuh alami sebagai predator hama wereng. Musuh alami yang sanggup Anda gunakan yakni kepik, kumbang, keuntungan – laba, capung kecil dan belalang.


 Sedari dulu hingga ketika ini hama wereng masih menjadi musuh  5 Langkah Cara Mengatasi Hama Wereng Ini Wajib Anda Coba
Musuh alami wereng-cara mengatasi hama wereng

Jika serangan hama wereng sudah terlanjur masif maka Anda sanggup melaksanakan penyemprotan insektisida dengan materi aktif sesuai label ajuan yang tercantum pada kemasa insektisida.


Cara mengatasi hama wereng lainnya yakni memakai sistem peringatan dini atau early warning system. Cara ini sangat dianjurkan untuk pengendalian hama wereng pada lahan pertanian Anda. Tujuan dari sistem peringatan dini yakni untuk mendeteksi tanda-tanda serangan dari hama wereng. Sehingga langkah untuk mengatasi hama wereng sanggup segera diambil.


Cara mengatasi hama wereng dengan sistem peringatan dini ini terus menerus disosialisasikan di tingkat yang paling bawah/ petani padi. Sosialisasi dilakukan oleh institusi Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tumbuhan dibantu oleh Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura serta dinas – dinas tempat yang membawahi budidaya tumbuhan pangan.


artikel terkait hama: Cara Membuat Pestisida Nabati Sederhana Baca Disini


sumber gambar: caramengatasiwereng, thlbanyumas, tugutani


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "5 Langkah Cara Mengatasi Hama Wereng Ini Wajib Anda Coba"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel