iklan

Pelajaran Penting Bagi Pemula Wacana Ancaman Flyback Tv Crt

 Kemarin sempat ada orang yang shering bersama aku Pelajaran PENTING Bagi Pemula Tentang Bahaya flyback TV CRT
Kemarin sempat ada orang yang shering bersama saya, ia menyampaikan mengenai pengalamanya tersengat tegangan flyback tv. tv dalam keadaan on.


Kecelakaan ini dialami oleh orang tersebut, namun untungnya masih diberikan keselamatan sehingga tidak terjadi sesuatu hal yang fatal.

Kronologisnya:

Sebagai orang awam mengenai kerja televisi ct tentu semua tabu antara yang terlihat dan pengetahuan yang sebenarnya. Dia melihat bahwa sebuah cop flyback mengeluarkan percikan listrik di area Seputar flybak. Benar hal tersebut perlu di perbaiki. Namun orang tersebut malah menyentuh kop tersebut dalam keadaan menyala. Katanya semoga tidak bocor. Kan bila diperlukan secara pribadi saat listrik menyala pribadi tertangkap tangan tu mana yang bocor.

Alhasil orang tersebut terpentel alasannya yakni kagetnya minta ampun. Untung, yang disentuh itu yakni tv hitam putih. Jika yang disentuh tv dengan jenis crt warna maka kelanjutanya tidak akan dapat sheering dengan saya.

Ow iya Menurut teori yang pernah aku pelajari di sekolah dulu, bahwa flyback tv crt hitam putih hanya menghasilkan step up hingga 10.000 kilo volt sedangkan crt warna menghasilkan tegangan kurang lebih 20.000kv.

Nah ini penting diketahui untuk pemula dari hasil shering orang tersebut yang pernah mengalami bencana yang tidak kita inginkan. Semua butuh pembelajaran teori dasar sebagai pegangan untuk memperbaiki segala hal. Tak terkecuali dalam cuilan servis televisi.
baca juga: komponen yang masih menyimpan tegangan meskipun tv dalam keadaan mati
Tidak asal-asalan bila tidak ingin kerusakan pada sebuah televisi tambah parah. Maupun membahayakan diri sendiri.

HATI-HATI
Jangan pernah nyentuh kop flyback dalam keadaan menyala.
Jangan pribadi menyentuh semua besi pengunci cop flybak saat ingin mencopot cop. Untuk menghindari muatan yang masih tersimpan dalam tabung crt. dapat dishortkan dulu dengan cara menghubungkan dengan kabel antara ground dan besi pengunci cop flyback. Dalam keadaan tv tidak terhubung dengan listrik/netral. Untuk mengetahui apakah masih menyimpan atau tidak dapat dites memakai tespen.
baca juga: cara membuang sisa tegangan yang masih tersimpan di mesin tv
Semoga menjadi perhatian para pemula maupun mengingatkan bila ada yang lupa.


Sumber http://soldiradem.blogspot.com

0 Response to "Pelajaran Penting Bagi Pemula Wacana Ancaman Flyback Tv Crt"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel