Rpp Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan (Kerajinan) Kelas Xii
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 3
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Klaten
Mata Pelajaran : Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)
Aspek/Strand : Kerajinan
Kelas / Semester : XII / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran (3 x Pertemuan)
Topik/Materi Pokok : Kerajinan Fungsi Hias Berbahan Limbah
A. Kompetensi Dasar (KD)
3.7 Memahami sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung proses produksi perjuangan kerajinan fungsi hias dari aneka macam materi limbah.
4.7 Mencipta karya kerajinan fungsi hias dari aneka macam materi limbah yang berkembang di wilayah setempat dan lainnya sesuai teknik dan prosedur.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.7.1 Pengelelolaan sumberdaya perjuangan dikenal dengan istilah 6M, adalah Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja) dan Market (pasar) pada perjuangan kerajinan fungsi pakai dari materi limbah
3.7.2 Identifikasi kebutuhan sumberdaya pada perjuangan kerajinan fungsi pakai dari materi limbah
4.7.1 Praktek kerajinan fungsi pakai dari materi limbah menurut kebutuhan sumberdaya (bahan, peralatan, keterampilan bekerja & pasar) dan mekanisme yang ditetapkannya (jenis, manfaat, teknik, dan pengemasan)
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Melalui diskusi dan kerja kelompok dilanjutkan dengan pertolongan soal uji kompetensi, diperlukan penerima didik dapat:
1. Menjelaskan pengelolaan sumber daya 6M
2. Mendeskripsikan kebutuhan sumberdaya pada perjuangan kerajinan fungsi hias
3. Merangkum materi diskusi kelompok dan mengirinya ke email guru secara individu
Pertemuan kedua
Melalui diskusi dan kerja kelompok dilanjutkan dengan pertolongan soal uji kompetensi, diperlukan penerima didik dapat:
1. Mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas
2. Mengevaluasi kinerja fasilitator
Pertemuan ketiga
Postes ( 1x 45 menit)
Unjuk kerja lesan (1x45 menit)
D. Materi Pembelajaran
Pengelolaan sumberdaya 6M:
· Man butuh kemauan dan kemampuan SDM dalam memproduksi karya kerajinan fungsi hias berbahan limbah
· Money, tanpa modal perjuangan tidak berlangsung
· Methode, membutuhkan cara yang sempurna semoga diperoleh karya
· Material, materi dasar semoga menjadi produk
· Machine, alat yang dipakai untuk menciptakan produk
· Market, untuk memasarkan produk
Identifikasi limbah semoga mempunyai fungsi pakai
· Reuse
· Recycle
· Reduce
E. Metode Pembelajaran
· Diskusi
· Penugasan
F. Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan ke-1
a. Pendahuluan (15 menit)
· Siswa berkumpul dan duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
· Guru memperlihatkan salam dan berdoa bersama (sebagai implementasi nilai religius).
· Guru mengabsen,mengkondisikan kelas dan adaptasi (sebagai implementasi nilai disiplin).
· Prasyarat kemampuan sebelum mempelajari materi.
· Motivasi: Guru mengungkapkan fakta adanya limbah yang merusak lingkungan hidup.
· Guru memberikan tujuan pembelajaran dengan menentukan fasilitator yang dianggap mumpuni/hebat.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Mengamati, mendiskusikan, dan menyimpulkan wacana fenomena limbah yang merusak lingkungan semoga bisa bermanfaat menjadi sebuah karya
2. Mendiskusikan dan menyimpulkan wacana factor keberhasilan perjuangan produksi kerajinan fungsional berbahan limbah
3. Merangkum materi pembelajaran, mengirim ke email guru
c. Penutup (15 menit)
· Guru bersama fasilitator dan penerima didik menciptakan final kegiatan pembelajaran.
· Guru memperlihatkan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
· Guru meminta penerima didik dibantu fasilitator untuk mempelajari konsep pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
· Tindak lanjut: Penugasan menjawab pertanyaan uji kompetensi dari kumpulan soal guru
- Pertemuan ke-2
a. Pendahuluan (15 menit)
· Siswa berkumpul dan duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
· Memberikan salam dan berdoa (sebagai implementasi nilai religius).
· Mengabsen, mengondisikan kelas dan adaptasi (sebagai implementasi nilai disiplin).
· Motivasi: Guru menanyakan bagaimana semoga limbah bisa menjadi produk bermanfaat?
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Mendiskusikan hasil kerja kelompok rangkuman materi yang sudah dibuat.
2. Kelompok yang ditunjuk berperan sebagai Fasilitator dengan memberi pertanyaan pada penerima didik berkaitan dengan materi yang dikomunikasikan
3. Membuat laporan tertulis hasil diskusi kelas.
c. Penutup (15 menit)
· Guru bersama dengan penerima didik menciptakan final kegiatan pembelajaran.
· Guru memperlihatkan umpan balik proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
· Guru memperlihatkan penghargaan kepada kelompok terbaik dalam pembelajaran.
· Tindak lanjut: Penugasan menjawab soal dari kumpulan soal Guru
3. Pertemuan ke-3
Postes
Ulangan Harian I
G. Sumber Belajar/Bahan Ajar/Alat
Sumber:
Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII dari Kemdikbud
Internet
Alat dan Bahan: LCD, Laptop, Internet
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian dan bentuk instrumen
Teknik | Bentuk Instrumen |
Pengamatan Sikap | Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik |
Tes Tertulis | Pilihan Ganda dan Uraian |
Tes Unjuk Kerja | Uji Petik Kerja dan Rubrik |
Portofolio (laporan hasil diskusi) | Panduan Penyusunan Portofolio |
2. Instrumen penilaian
a. Lembar pengamatan sikap
No | Aspek yang dinilai | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 | Keterangan |
1 | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | | | | | | |
2 | memperlihatkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif | | | | | | |
Rubrik pengamatan sikap
· 1 = jikalau penerima didik sangat kurang konsisten memperlihatkan sikap yang tertera dalam indikator
· 2 = jikalau penerima didik kurang konsisten memperlihatkan sikap yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
· 3 = jikalau penerima didik mulai konsisten memperlihatkan sikap yang tertera dalam indikator
· 4 = jikalau penerima didik konsisten memperlihatkan sikap yang tertera dalam indikator
· 5 = jikalau penerima didik selalu konsisten memperlihatkan sikap yang tertera dalam indikator
b. Penilaian pemahaman konsep
1. Apakah yang dimaksud dengan Limbah, jelaskan kekerabatan limbah dengan kelangsungan hidup di bumi?
2. Sebutkan 3 cara terbaik dalam mengelola limbah!
3. Jelaskan 3 macam jenis limbah, berilah contohnya!
4. Potensi limbah untuk bisa menjadi karya fungsional dengan cara mengelola sumberdaya, Jelaskan sumberdaya tersebut!
No Soal | Hasil Pengerjaan soal | Skor | Skor Maksimal |
1 | a. Jika menjelaskan pengertian limbah dan hubungannya dengan kelangsungan hidup dengan benar | 20 | 25 |
b. Jika menjelaskan salah satu maksud pertanyaannya dengan benar | 15 | ||
c. Jika menjawab pertanyaan tetapi salah | 10 | ||
d. Jika tidak menjawab sama sekali | 5 | ||
| | | |
2 | a. Jika menjelaskan 3 soal pengelolaan limbah dengan benar | 20 | 25 |
b. Jika menjelaskan 2 soal pengelolan limbah dengan benar | 15 | ||
c. Jika menjelaskan 1 soal pengelolaan limbah dengan benar | 10 | ||
d. Jika tidak menjawab sama sekali | 5 | ||
3 | a. Jika menjelaskan 3 soal jenis limbah dengan benar | 30 | 25 |
b. Jika menjelaskan 2 soal jenis limbah dengan benar | 20 | ||
c. Jika menjelaskan 1 soal jenis limbah dengan benar | 10 | ||
d. Jika tidak mengerjakan soal | 0 | ||
4 | a. Jika menjelaskan 5-6 sumberdaya dengan benar | 30 | 25 |
b. Jika menjelaskan 3-4 sumberdaya dengan benar | 20 | ||
c. Jika menjelaskan 1-2 sumberdaya dengan benar | 10 | ||
d. Jika tidak menjawab | 0 | ||
| | | |
JUMLAH SKOR TOTAL URAIAN | 100 |
Nilai Akhir = Total Skor Uraian = 100 |
a. Penilaian unjuk kerja lesan
- Diskusi kerja kelompok
kelompok | Skor Kriteria/Aspek | Total Skor | ||
Perencanaan diskusi | Proses diskusi | Laporan hasil diskusi | ||
1 | | | | |
2 | | | | |
3 | | | | |
4 | | | | |
5 | | | | |
:
No | Aspek yang dinilai | Rubrik |
1 | Perencanaan diskusi | 1: memperlihatkan ketidaksiapan mengelola kerja kelompok 2: memperlihatkan ketidaksiapan bekerja secara kelompok 3: memperlihatkan kesiapan mengelola kerja kelompok (dipilih sebagai fasilitator) |
2 | Proses diskusi | 1: tidak memperlihatkan sikap antusias selama proses diskusi 2: memperlihatkan sikap antusias tetapi tidak bisa berafiliasi dengan teman sekelompok 3: memperlihatkan sikap antusias dan bisa bekerja sama dengan teman sekelompok selama diskusi |
3 | Laporan Hasil Diskusi | 1: tidak bersungguh-sungguh dalam menuntaskan kiprah dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan dan tidak berupaya sempurna waktu. 2: berupaya sempurna waktu dalam menuntaskan tugas, namun belum memperlihatkan upaya terbaiknya 3: sungguh-sungguh dalam menuntaskan tugas, dan berupaya selesai sempurna waktu |
b. Penilaian portofolio
No | KI / KD / PI | Waktu | MACAM PORTOFOLIO | Jumlah Skor | Nilai | |||
Kualitas Rangkuman | Makalah | Laporan Praktikum | Laporan Kelompok | |||||
1 | | | | | | | | |
| | | | | | | ||
| | | | | | | ||
| | | | | | | ||
2 | | | | | | | | |
| | | | | | | ||
| | | | | | | ||
3 | | | | | | | | |
| | | | | | |
Catatan:
· PI = Pencapaian Indikator
· Untuk setiap karya penerima didik dikumpulkan dalam satu file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio.
· Skor memakai rentang antara 0 -10 atau 10 – 100.
· Penilaian Portofolio dilakukan dengan sistem pembobotan sesuai tingkat kesulitan dalam pembuatannya.
| | Klaten, 18 Juli 2016 |
Mengetahui, | | Guru Mata Pelajaran PKWU, |
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Klaten | | |
| | |
| | |
| | |
Drs. Kawit Sudiyono, M.Pd. | | Daru Prapti, M.Pd |
NIP. 19620205 198903 1 009 | | NIP. 19690514 199103 2 006 |
0 Response to "Rpp Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan (Kerajinan) Kelas Xii"
Posting Komentar