iklan

Soal Ulangan Tengah Semester

PEMERINTAH KABUPATEN KLATEN
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI  1 KLATEN
Jl. Merbabu No. 13 Telp. 321150 Klaten 57423
------------------------------------------------------------------
ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) GASAL
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

                        Mata Pelajaran :  Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)
                        Klas                    :  XII MIPA               
                        Hari/Tanggal     :  Senin / 19 Oktober2015
                        Pukul                  :  09.00- 10.30 WIB
Kerjakan soal-soal berikut ini !
1.     Apa perbedaan antara entrepreneur dan entrepreneurship, jelaskan!.
2.  Ada banyak nilai-nilai kewirausahaan dari ciri-ciri seorang wirausaha, sebutkan 8 nilai kewirausahaan yang harus dimiliki oleh entrepreneur yang sukses!.
3.     Jelaskan korelasi antara penemuan dan kreativitas terhadap  peluang usaha!.
4.  Salah satu siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Klaten menjalankan perjuangan dalam bidang budidaya banyak sekali burung kicau, ada kenari, jalak, murai, bahkan burung parkit juga dipelihara. Upaya biar burung tersebut kicaunya merdu yaitu dengan memberi tunjangan secara moril dan dengan memberi makan berupa aneka macam sayur antara lain adas, kangkung, sawi putih, dll, sementara upaya biar produksi telurnya anggun yaitu burung tersebut  diberi makan dengan jangkrik, kroto maupun cacing. Selain itu, biar nafas burung tersebut panjang sehingga kicaunya bertahan indah antara lain harus sering dipindah dalam sangkar yang luas.
Dari sekilas dongeng siswa tersebut, terdapat peluang perjuangan lain yang sanggup mendukung wirausaha siswa itu.  Sebut dan jelaskan peluang perjuangan tersebut !.
5.   Beberapa  siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Klaten melaksanakan perjuangan menciptakan camilan manis Brownies yang dijual di Car Free Day (CFD). Hal ini dilakukan alasannya yaitu semenjak kecil mereka biasa membantu orang bau tanah menciptakan  aneka macam kue. Mulai dari menyiapkan tepung, coklat, gula, telur, mixer, oven, dll, membuatnya, mengemasnya hingga menjajakannya di arena CFD. Kebetulan camilan manis tersebut selalu habis, namun kalau tersisa pun tidak merisaukannya, alasannya yaitu camilan manis tersebut sanggup bertahan dalam beberapa hari. Dari dongeng tersebut maka ditinjau dari keberhasilan dan kegagalan perjuangan dikenal istilah 6M, sebutkan 6M tersebut dan jelaskan penerapan  6M itu dalam perjuangan pembuatan camilan manis Brownies di atas!.
6.     Sebutkan 8 aspek yang terdapat dalam sistematika penulisan anjuran usaha?.
7.   Untuk mengubah kain flanel menjadi gantungan kunci yaitu hal gampang bagi salah satu siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 1 Klaten, lantaran itu hobinya. Namun untuk menciptakan biar tidak merugi dalam penjualannya maka ia harus berakal memperhitungkan seluruh beaya produksi ditambah keuntungan yang ditentukan. Jika ditulis dalam anjuran perjuangan terlebih dahulu diawali dengan analisis SWOT, jelaskan analisis tersebut dalam wirausaha pembuatan gantungan kunci dari kain flanel di atas!.     
8.  Sebutkan  3 macam komponen elektro praktis, dan jelaskan kegunaan masing- masing  komponen tersebut!.

SELAMAT MENGERJAKAN, SEMOGA SUKSES!

Sumber http://enterpreneuria.blogspot.com/

0 Response to "Soal Ulangan Tengah Semester"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel