iklan

Syaikh Subakir, Anggota Wali Songo Masa Ke-1, Hebat Ekologi Islam

 Ketika Syaikh Subakir hingga di tanah Jawa SYAIKH SUBAKIR, ANGGOTA WALI SONGO PERIODE KE-1, AHLI EKOLOGI ISLAM
Ketika Syaikh Subakir hingga di tanah Jawa, dia bergelar Aji Saka. Beliau lahir di Persia, Iran. Memiliki spesialisasi di bidang Ekologi Islam. Beliau ialah cicit dari sahabat Nabi Muhammad saw, yaitu Salman Al-Farisi. Kemudian dia menjadi utusan dari Sultan Muhammad 1, sebagai salah satu dari anggota Wali Songo periode 1.

Nasab lengkap dia ialah Syaikh Subakir bin Abdulloh bin Aly bin Ahmad bin Aly bin Ahmad bin Abdulloh bin Ahmad bin Muhammad bin Ahmad bin Aly bin Abubakar bin Salman bin Hasyim bin Ahmad bin Badrudin bin Barkatulloh bin Syafiq bin Badrudin bin Omar bin Aly bin Salman Alfarisiy

Syaikh Subakir berdakwah di tempat Magelang Jawa Tengah, dan mengakibatkan Gunung Tidar sebagai Pesantrennya.

Syaikh Subakir mempunyai keahlian di bidang Ekologi Islam. Artinya, Syaikh Subakir sangat perduli terhadap lingkungan, dan fenomena-fenomena alam semesta. Siapakah Syaikh Subakir yang sebenarnya? Syaikh Subakir ialah jago ekologi Islam. Pemerhati lingkungan dan alam semesta. Sebagai pakar dalam bidang ekologi, dia berbagai membaca fenomena-fenomena alam terutama bidang Mountainologi, yaitu ilmu wacana Gunung Berapi. Kalau dalam sains modern, beliaulah jago Meteorologi dan Geofisika.

Pada tahun 1462 Masehi, Syaikh Subakir pulang ke Persia, Iran. Dan selanjutnya posisi Syaikh Subakir digantikan oleh muridnya yang juga jago di bidang Ekologi, Meteorologi dan Geofisika, serta jago pertanian dan arsitek masjid yaitu Sunan Kalijaga.
Syaikh Subakir meninggal di Persia Iran. Sedangkan yang ada di Indonesia dan diziarahi oleh masyarakat ialah situs-situs peninggalannya.

Ada beberapa karya Syaikh Subakir yang bergelar Aji Saka, yaitu:
1. Beliau ialah penemu Huruf Jawa, yang berbunyi: HA NA CA RA KA, DA TA SA WA LA, PA DHA JA YA NYA, MA GA BA THA NGO
2. Beliau pula yang memberi nama Jawa, yang diambil dari bahasa Suryani artinya Tanah Yang Subur.


Sumber http://d0w3r.blogspot.com/

0 Response to "Syaikh Subakir, Anggota Wali Songo Masa Ke-1, Hebat Ekologi Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel