iklan

27 Referensi Gambar Ragam Hias Geometris Pada Batik Indonesia

Ragam Hias Geometris – Ragam hias geometris merupakan ragam hias yang menggunakan banyak sekali macam unsur-unsur pada garis, contohnya garis lurus, garis zigzag, garis lengkung, garis spiral dan banyak sekali jenis bidang menyerupai segitiga, segiempat, persegi panjang, layang-layang, bulat serta bentuk-bentuk lainnya sebagai motif dasar.


Motif atau ragam hias geometris ialah motif tertua dalam ornamen lantaran sudah dikenal dan digunakan semenjak zaman prasejarah. Perkembangan motif geometris sendiri berawal dari bentuk titik, garis, dan lalu bidang yang berulang-ulang mulai dari yang sederhana sampai pola yang lebih rumit.


Ragam hias geometris umumnya banyak diaplikasikan pada kain sulam, kain batik, kain tenun, kain bordir, bangunan-bangunan, candi-candi, perabotan rumah tangga, gesekan pada benda, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.




Motif Dasar Ragam Hias Geometris Nusantara


Berikut ialah 6 motif dasar ragam hias geometris yang umum diaplikasikan kain batik Indonesia.


1. Swastika


Ragam hias ini merupakan motif hias yang berbentuk dasar menyerupai karakter Z atau zigzag yang saling berlawanan satu sama lainnya. Dalam batik motif ini biasanya digunakan sebagai hiasan pinggir. Jika motif swastika saling berkait atau saling bekerjasama maka akan menghasilkan motif yang disebut motif Banji.



2. Pilin


Ragam hias ini mempunyai bentuk dasar menyerupai karakter S, variasi bentuknya ialah SS atau disebut juga pilin ganda. Biasa digunakan sebagai hiasan pinggir dan pengisi bidang.





3. Meander


Merupakan ragam hias dengan bentuk dasar menyerupai karakter T yang berkembang dan memunculkan ragam hias swastika. Digunakan sebagai hiasan pinggir dalam batik. Dalam perkembangannya, motif meander lalu memunculkan motif Pinggir Awan.


 


4. Kawung


Dalam bahasa Sunda berarti arena atau kolang-kaling. Oleh alasannya itulah, ragam hias ini mempunyai bentuk menyerupai buah aren yang dipotong secara melintang dan terlihat menjadi empat biji aren. Motif ini sering digunakan sebagai hiasan bidang.



5. Tumpal


Motif ini sangat gampang dikenali dengan bentuk dasarnya ialah segitiga sama kaki dan sering diaplikasikan sebagai hiasan pinggir batik.





6. Ceplokan


Motif ini merupakan ragam hias yang terdiri dari satu motif saja dan lalu disusun secara berulang-ulang. Ragam hias ceplokan sering juga disebut sebagai motif kertas tempel.


Contoh Gambar Ragam Hias Geometris Batik


sen1budaya blogspot co id

senirupasaloku blogspot com

senirupasmasa wordpress com

wisatabatikmas wordpress com

umzaragallery wordpress com

senirupasaloku blogspot com

obatrindu com

indonesiabatikcorner wordpress com

pesona-craft blogspot com

batikdan blogspot com

kopralmak blogspot com

parasakti7970 blogspot com

pesona-craft blogspot com

raymondsitorus wordpress com

sastro-alim blogspot com

kokiers com

jatikom com

emsholy blogspot com

disparbud-jabarprov go id

dewey-petra ac id

batikdan blogspot com

batikmarlinnusantara blogspot com

batikmodern biz

batikrenggo blogspot com

beritabaru info

anggrainydwi blogspot com

Motif sasirangan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan | adventureofaldi blogspot com



Itulah 27 pola gambar ragam hias geometris yang sering kita temui pada batik Indonesia. Tak dapat dipungkiri bahwa kebudayaan Nusantara mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh negara lain di cuilan bumi manapun. Oleh lantaran itu sudah selayaknya kita ikut menjaga dan melestarikan lalu tanah air kita tercinta ini.



Sumber https://tekooneko.com/

0 Response to "27 Referensi Gambar Ragam Hias Geometris Pada Batik Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel