iklan

10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer

10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer - Physical layer merupakan salah satu bab dari model rujukan OSI, yang terdiri dari 7 lapisan atau. Physical layer, menyerupai namanya yaitu lapisan yang terkait dengan perangkat fisik di jaringan komputer.

Physical layer jaringan komputer itu sendiri mempunyai beberapa fungsi yang tentu saja diharapkan dalam proses transmisi data di jaringan komputer, berikut beberapa fungsi Physical layer:

 Physical layer merupakan salah satu bab dari model rujukan OSI 10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer
10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer


1. Physical layer akan berhadapan eksklusif dengan perangkat keras jaringan
Fungsi pertama Physical layer yaitu lapisan atau lapisan penghubung yang terhubung eksklusif ke jaringan komputer dengan perangkat keras jaringan komputer.

Dengan berfungsi sebagai link ini, Physical layer yaitu lapisan yang membantu menghubungkan semua sistem jaringan yang telah melewati lapisan sebelumnya ke perangkat keras jaringan komputer.

Berikut yaitu beberapa jenis perangkat jaringan komputer yang akan terhubung ke Physical layer:

Switch (Pengertian Switch dan Fungsinya)
Hub (Pengertian Hub dan Fungsinya)
Repeater (Pengertian Repeater dan Fungsinya)
Kabel Jaringan (jenis kabel jaringan)
Kartu NIC

2. Physical layer membantu memilih media transmisi jaringan
Fungsi berikutnya dari Physical layer yaitu memilih media transmisi jaringan. Ya, dalam jaringan atau jaringan, diharapkan media menengah yang harus di definisikan terlebih dahulu, sehingga nanti info yang mengalir di jaringan bisa diterima di komputer pengguna, dan ditampilkan, sehingga pengguna bisa mengerti isi informasinya.

Tanpa Physical layer, transmisi jaringna tidak akan bekerja dengan baik, alasannya media yang ditransmisikan tidak sanggup didefinisikan, dan pemrogram pengguna tidak sanggup memperlihatkan info wacana media yang ditransmisikan.

3. Physical layer mendefinisikan metode pensinyalan yang akan dipakai dalam proses transmisi
Selain proses definisi media yang dipakai dalam proses transmisi jaringan, Physical layer juga mempunyai fungsi lain, yaitu untuk membantu memilih metode pensinyalan yang akan dipakai dalam proses transmisi data dalam jaringan.

Dengan begitu, Physical layer akan membantu memilih bagaimana data dan info akan dikirim ke dan melalui jaringan komputer.

Dengan begitu, setiap data dan nantinya info akan gampang ditransmisikan, alasannya sudah ditentukan dulu, baik media, maupun metode yang dipakai untuk mentransmisikan data.

4. Sinkronkan bit data
Fungsi berikutnya dari Physical layer yaitu menyinkronkan bit data. Ini berarti bahwa Physical layer akan menyinkronkan data yang ditransmisikan serta data yang diterima, entah itu dari pengirim yang sama, dan juga mempunyai isi yang sesuai dari apa yang telah dikirim sebelumnya.

Ini mempunyai fungsi yang sangat penting untuk memastikan bahwa data yang akan diterima atau dikirim sesuai, dari konten, format, ke bab bit yang telah dikirim dalam jaringan.

5. Lakukan aplikasi topologi jaringan komputer yang digunakan
Fungsi selanjutnya dari Physical layer yaitu dengan menerapkan topologi jaringan yang dipakai pada jaringan.

Seperti kita ketahui, jaringan komputer harus mempunyai topologi yang membantu proses transmisi data supaya berjalan lancar dan juga normal. Dengan Physical layer, proses transmisi data akan berjalan dengan baik, dan penerapan topologi jaringan komputer akan menjadi lebih optimal.

Artikel terkait:

Bintang topologi
Topologi ring
Pohon topologi
Topologi bus
Topologi mesh

6. Mendefinisikan Kartu LAN
Physical layer juga mempunyai kiprah yang tak kalah pentingnya, yaitu membantu mendefinisikan Kartu LAN yang dipakai dalam jaringan komputer. Karena itu yaitu lapisan atau lapisan yang bekerjasama dengan perangkat keras jaringan komputer, maka tentunya NIC atau LAN Card juga terkait dengan physical layer.

7. Physical layer ini bisa berkomunikasi secara eksklusif dengan banyak sekali jenis media transmisi
Fungsi lain dari Physical layer yaitu berkomunikasi secara eksklusif dengan banyak sekali jenis media transmisi. Setiap media transmisi terhubung ke jaringan, semuanya akan melewati Physical layer.

8. Physical layer memilih persyaratan listrik, prosedural dan fungsional dari jaringan komputer
Physical layer, selai yang terkait dengan banyak sekali jenis perangkat keras jaringan komputer, juga mempunyai fungsi lain untuk mengetahui kebutuhan jaringan, menyerupai kebutuhan akan listrik di jaringan, kebutuhan prosedural dan juga persyaratan fungsional jaringan komputer sebuha yang diterapkan.

9. Dapat melaksanakan proses melumpuhkan kekerabatan fisik antar sistem
Bila kita akan menghubungkan komputer dengan jaringan, maka kita membutuhkan sebuah proses untuk mengaktifkan dan juga mematikan kekerabatan fisik. Untuk melaksanakan proses melumpuhkan kekerabatan fisik antar sistem ini, maka di gunakan suatu proses yang melibatkan kemampuan Physical layer.

10. Lakukan proses transfer bit antar perangkat atau alat
Physical layer juga berfungsi untuk melaksanakan proses transfer bit yang berada atau ditransmisikan melalui jaringan, antar perangkat atau antar alat yang ada. Dengan demikian, setiap bit transfer dalam jaringan, ia melewati semua lapisan yang kita kenal dengan nama Physical layer ini.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "10 Fungsi Physical Layer Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel