iklan

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar

Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Perencanaan produksi Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah DasarBagaimana cara memulai bisnis pakaian sablon custom? Menjalankan sebuah bisnis pakaian yaitu salah satu wangsit bisnis yang layak untuk Anda jajal. Bisnis ini mempunyai pasar yang sangat besar, dengan usul yang cukup tinggi dan terus mengalir. Tak dipungkiri, bila bicara soal potensi bisnis dengan laju penjualan yang tinggi dan stabil, terang bisnis sandang akan masuk dalam daftarnya.


Kali ini kita akan mencoba membahas mengenai cara memulai bisnis pakaian. Jelas bukan jenis bisnis pakaian biasa, tetapi jenis bisnis pakaian sablon custom yang belakangan ini banyak dicari. Konsepnya bergotong-royong sama dengan konsep kaos sablon konvensional.


Bedanya untuk memproduksi busana dengan sablon custom, Anda akan memakai mesin printer fabric yang khusus dipakai pada materi kain. Mengenai potensi perjuangan digital textille printing saya sudah pernah mengulas di artikel berjudul Bisnis Yang Menjanjikan Saat Ini Dengan Potensi Digital Textille Printing. Dengan ini Anda dapat memakai materi selain kaos, bahkan bila Anda ingin materi unik ibarat katun atau shiffon.


Biasanya cara pemasaran dalam bisnis ini memakai sistem pemesanan atau sistem pre order. Mengenai sistem penjualan dengan kedua cara tersebut, saya sudah pernah menyinggungnya dalam artikel berjudul 4 Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal. Dimana dalam sistem tersebut produk gres dibentuk sesudah ada pemesanan.


Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir resiko stock barang yang tidak laku. Dengan sistem pre order setiap barang yang diproduksi sudah niscaya lakunya. Sehingga kita hanya melaksanakan stock pada bahan-bahan produksi. Resikonya jauh lebih kecil, dibanding jikalau kita menyetok produk jadi.


Lalu bagaimana cara memulai bisnis pakaian jenis ini? berikut ini yaitu tahapan dasarnya.


Baca juga: Cara Bisnis Pakaian Dengan Konsep Kios Pasar


5 Langkah Dasar Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom




  1. Diawali dengan riset




Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Perencanaan produksi Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar


sumber gambar: morrisonsocialmedia.co.uk


Bisnis apapun yang akan Anda mulai, selayaknya Anda awali dengan riset. Bukan basa bau kalau dikatakan riset yaitu potongan penting cara memulai bisnis, termasuk cara memulai bisnis pakaian.


Karena dalam tahap ini Anda jadi lebih siap dengan bisnis Anda. Riset ini termasuk segala hal berkaitan dengan produk apa yang disukai di pasar, cara produksi, peralatan yang sesuai, aksara pasar, persaingan yang akan Anda hadapi, sumber daya Anda termasuk tenaga kerja Anda, aspek-aspek biaya, pilihan suplier di dalam jangkauan Anda dan lain sebagainya.


Baca juga: Contoh Riset Pemasaran Sukses Dengan Akun Kaskus




  1. Pengambilan keputusan




Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Perencanaan produksi Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar


sumber gambar: uriellight.org


Sudah dengan riset Anda saatnya Anda menentukan mana yang sesuai untuk Anda jalankan sebagai bisnis, serta apa saja yang akan Anda pilih untuk bisnis Anda. Ini akan menjadi penentu langkah bisnis Anda berikutnya.


Anda akan menentukan produk macam apa yang akan Anda produksi, bagaimana caranya, model dan kualitas ibarat apa, pasar mana yang potensial untuk produk Anda, hingga ke keputusan lebih teknis, ibarat peralatan apa yang akan Anda pilih, siapa suplier Anda, dimana Anda akan menjual dan memasarkan produk Anda, secara offline atau online dan masih banyak lagi.


Baca juga: Contoh Bisnis Plan Sederhana Kedai Kopi Berjalan




  1. Penentuan Anggaran




Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Perencanaan produksi Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar


sumber gambar: blog.livelovely.com


Setelah Anda meluruskan apa saja yang akan Anda rancang dengan bisnis Anda, saatnya memulai urusan biaya dan estimasi-estimasinya. Di sini Anda akan menentukan anggaran biaya yang Anda perlukan.


Setiap keputusan yang Anda ambil sudah niscaya akan memberi resiko terhadap keuangan Anda. Membeli peralatan akan berkaitan dengan biaya peralatan, rekruitmen karyawan akan berurusan dengan biaya honor dan lain sebagainya. Tak hanya itu, keputusan menentukan suplier juga akan berurusan dengan sistem termin yang mungkin akan Anda hadapi.


Kadang dalam urusan ini Anda juga akan berurusan dengan dilema pembiayaan. Apakah modal Anda cukup memenuhi kebutuha anggaran atau Anda perlu mendapat sumber modal lain ibarat investor dan bank.


Untuk mnentukan sebuah anggaran, Anda terang akan berurusan dengan banyak pihak. Anda tak akan dapat menentukan sebuah estimasi sendirian. Anda perlu melibatkan tim Anda untuk memastikan peralatan yang sesuai dan budget yang perlu Anda siapkan, demikian pula dengan urusan kualitas bahan, desain, hingga biaya pemasaran.


Baca juga: Cara Memulai Sistem Akuntansi Untuk Bisnis Pemula




  1. Strategi pemasaran




Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Perencanaan produksi Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar


sumber gambar: smarketingclub.com


Saatnya Anda mematangkan taktik pemasaran Anda. Biasanya banyak perusahaan menganggarkan di depan kegiatan pemasaran untuk menekan pembengkakan. Kaprikornus Anda perlu sesuaikan kegiatan pemasaran Anda dengan anggaran yang tersedia.


Ada banyak cara untuk melancarkan taktik pemasaran Anda. Mulai dari kegiatan social media, hingga pengelolaan website. Pilihan yang lebih memakan biaya juga dapat Anda pilih ibarat mengikuti pameran, membuka sebuah gerai layanan desain hingga menjalin kerjasama dengan pihak ketiga ibarat sponsorship.


Baca juga: Contoh Marketing Plan Untuk Kedai Kopi Berjalan




  1. Perencanaan awal produksi




Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Perencanaan produksi Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar


sumber gambar: printerdtgjet.blogspot.com


Pastikan Anda juga sudah merencanakan sistem produksi. Bisa dikatakan aspek ini nantinya juga akan berperan dalam anggaran. Misalkan ketika Anda memutuskan menyewa sebuah ruang perjuangan untuk produksi dan gudang maka dengan sendirinya Anda akan berurusan dengan biaya penyediaan ruang usaha.


Tetapi dilema aspek produksi ini tak hanya itu, sebab aspek produksi juga berkaitan dengan konsep lay out, sistem produksi efektif dan efisien, jam kerja, tenaga kerja produksi, suplai materi baku dan lain sebagainya.


Baca juga: Belajar Bisnis Modal Kecil Dengan Memahami 7 Bagian Rencana Bisnis


Demikian tadi, 5 langkah dasar untuk cara memulai bisnis pakaian sablon custom. Dengan perkembangan potensi bisnis yang semakin meningkat, rasanya tidak salah kalau bisnis ini menjadi pilihan Anda bukan?



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Cara Memulai Bisnis Pakaian Sablon Custom Dengan 5 Langkah Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel