iklan

Cara Mencetak Sendiri Kartu Digital Bpjs Ketenagakerjaan Sebagai Pengganti Kartu Orisinil Yang Hilang

Kali ini kami akan bahas bagaimana cara mencetak berdikari kartu kepesertaan BPJS Taman Kanak-kanak memakai layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan untuk menggantikan seandainya kartu kepesertaan yang orisinil hilang atau rusak. Artikel ini merupakan kelanjutan atau update terbaru seputar kartu online BPJS TK yang sudah kami bahas beberapa waktu kemudian ketika layanan ini gres diluncurkan. Namun di artikel sebelumnya tersebut kami lebih banyak membahas manfaat dan kegunaannya secara digital, ketika kartunya masih berupa file di dalam smartphone. Nah, di goresan pena kali ini kami akan mengupas bagaimana mencetak kartu digital tersebut menjadi kartu fisik, sebagai ganti apabila kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan yang orisinil hilang, rusak, atau belum diberikan oleh pihak perusahaan.

Tentunya, sebagai pekerja yang ikut jadwal asuransi sosial BPJS Ketenagakerjaan, kita perlu mempunyai kartu kepesertaan BPJSTK atau sering juga disebut KPJ (Kartu Peserta Jamsostek). Selain sebagai bukti otentik bahwa kita memang benar-benar penerima BPJS Ketenagakerjaan, adanya KPJ juga sangat penting untuk banyak sekali keperluan terkait kepesertaan. Misalnya ketika mencari isu jumlah saldo uang tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) secara eksklusif di kantor BPJS TK, kita wajib menyodorkan KPJ. Mau cek saldo JHT lewat SMS juga memerlukan KPJ untuk dilihat nomornya. Begitupun ketika mau menciptakan akun BPJSTK, juga perlu kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk dimasukkan nomer referensinya.

 Kali ini kami akan bahas bagaimana cara mencetak berdikari kartu kepesertaan BPJS Taman Kanak-kanak menggu Cara Mencetak Sendiri Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan Sebagai Pengganti Kartu Asli Yang Hilang
Contoh Kartu digital BPJS ketenagakerjaan

Apalagi kini ini BPJS Ketenagakerjaan juga berafiliasi dengan sentra perbelanjaan, restoran, penginapan, dan banyak sekali merchant-merchant lainnya. Bentuk kerjasamanya ialah dengan menawarkan diskon khusus bagi penerima BPJS Ketenagakerjaan. Nah untuk mengambarkan bahwa kita penerima BPJS Taman Kanak-kanak (Jamsostek) agar sanggup diskon, kita wajib memperlihatkan kartu kepesertaannya ketika bertransaksi.

Dan yang paling penting, kartu BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu berkas wajib yang harus disertakan ketika mengurus pencairan dana JHT. Tanpa melampirkan KPJ, uang JHT tidak akan sanggup cair hingga kapanpun!



Lalu bagaimana jikalau sebelumnya sudah punya kartu BPJS Ketenagakerjaan tapi kemudian ilang atau rusak? Yah namanya juga manusia, kadang kalau kena apes sanggup saja kartunya hilang kena copet, jatuh, lupa nyimpan dimana, patah, terbakar dan sebagainya. Atau terkadang ada juga sudah bertahun-tahun bekerja tapi kartunya belum diberikan oleh pihak perusahaan.

Nah untuk menyikapi hal-hal tersebut, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJS TK)/Jamsostek telah meluncurkan sistem layanan kartu elektronik atau kartu digital BPJS Ketenagakerjaan. Banyak fasilitas dan laba yang sanggup penerima peroleh dari kartu digital tersebut. Antara lain:

  • Kartu lebih cepat diterima alasannya ialah eksklusif dikirimkan melalui email penerima sesudah terdaftar.
  • Keamanan data penerima lebih terjaga karena  sudah menggunkaan QR Code, serta informatif untuk melaksanakan cek saldo JHT, status peserta/data penting lainnya.
  • Memiliki fungsi penggunaan yang sama dengan kartu fisik bagi penerima BPJS Ketenagakerjaan. Antara lain berfungsi sebagai Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).
  • Bisa diakses melalui aplikasi mobile BPJSTKU, SIPP Online dan website resmi BPJS Ketenagakerjaan, sehingga tidak perlu takut kartu hilang atau rusak.
  • Peserta sanggup mencicipi banyak sekali macam keunggulan manfaat lainnya ketika bertransaksi di merchant yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Karena fungsinya sama persis dengan kartu fisik, akhirnya kartu elektronik BPJS Ketenagakerjaan ini juga sanggup dipakai untuk mengambil uang JHT. Tapi tentunya kartu digital tersebut harus diprint atau dicetak dulu ke dalam bentuk kertas, sanggup kertas foto atau pun kertas HVS.

Tentunya ini merupakan kabar bangga bagi penerima BPJS Taman Kanak-kanak yang tidak memegang kartu kepesertaannya entah alasannya ialah raib atau rusak. Baik penerima yang masih aktif maupun penerima yang sudah nonaktif. Dulu sebelum ada layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan ini, bagi penerima aktif yang kehilangan kartu KPJ-nya dan ingin menerima kartu pengganti, harus ke kantor cabang dulu dengan membawa KTP, KK, Surat Pengantar dari perusahaan, dan juga Surat kehilangan dari kepolisian yang di dalamnya wajib mencantumkan nomor KPJ, perusahaan kawasan bekerja, serta lokasi dan waktu kehilangan kartu.

Sementara bagi yang status kepesertaannya sudah non aktif alias sudah tidak bekerja lagi, jikalau kehilangan kartu peserta, tidak sanggup meminta dibuatkan kartu yang gres sebagai ganti kartu yang hilang. Untuk penerima yang sudah tidak aktif ini, kalau ingin mencairkan uang JHT, cukup menciptakan surat kehilangan dari pihak kepolisian yang juga wajib mencantumkan nomor KPJ, perusahaan kawasan bekerja, serta lokasi dan waktu kehilangan kartu di dalam surat keterangan hilang tersebut.


Tapi itu dulu. Kalau sekarang, dengan adanya jadwal kartu elektronik BPJS TK, kita sanggup menduplikasi sendiri kartu fisik BPJS Taman Kanak-kanak dengan cara mencetak kartu digital milik kita. Dan itu syah.

Cara ngeprint atau mencetak sendiri kartu digital BPJS Ketenagakerjaan sangat mudah. Kita tinggal login ke aplikasi BPJSTKu memakai akun BPJSTK milik kita. Kalau belum punya akun silakan menciptakan dulu sebentar. Cara menciptakan akun BPJSTK juga cukup simpel dan tidak lama. Silahkan baca artikel panduan lengkap menciptakan akun BPJSTKu Di Sini.

Setelah berhasil masuk ke akun BPJSTKU, eksklusif saja klik sajian 'profil' yang terletak di sudut kanan bawah. Setelah itu di layar aplikasi akan terpampang isu biodata kita mulai dari nama lengkap, NIK, kawasan lahir dan lain-lain.

Di halaman tersebut juga ada 3 navigasi pilihan yaitu PROFIL, PENGATURAN dan KARTU. Langsung saja klik KARTU. Setelah itu eksklusif saja klik LIHAT. Dan sesudah itu layar akan memperlihatkan kartu digital (elektronik) BPJS Ketenagakerjaan milik kita. Di halaman ini juga ada tiga lambang navigasi pilihan yaitu Download Kartu, Kirim Kartu via Email dan Preview.

Karena tujuan kita mau mencetak kartu digital tersebut, pilih saja d0wnl0ad untuk mengunduh filenya. Kalau kartu digital BPJS Taman Kanak-kanak milik kita sudah terunduh dan tersimpan di galeri hape, langkah selanjutnya kita tinggal mencetaknya ke dalam bentuk kertas. Kalau tidak punya printer sendiri sanggup ke toko alat tulis atau percetakan foto.

Oh iya untuk mencetaknya, selain dengan did0wnl0ad,  kartu digital BPJS ketenagakerjaan boleh juga dengan cara klik preview, kemudian sesudah gambar kartunya terlihat silahkan di-screenshoot atau di-capture. Kemudian hasil screenshoot tersebut yang dicetak. Hal ini untuk solusi siapa tahu pengunduhan gagal, atau ketika mau d0wnl0ad sinyal internetnya gangguan, jadi sanggup dengan diskrinsyut saja.

Silahkan cetak sesuai ukuran aslinya dan cukup bab mukanya saja yang diprint. Tidak perlu dicetak bolak-balik. Kalau sudah jadi dalam bentuk kertas, kartu tersebut sanggup dipakai menyerupai kartu aslinya, termasuk dipakai untuk mengurus pencairan dana JHT. Praktis sekali bukan? Kaprikornus kini kalau seumpamanya kartu penerima BPJS Ketenagakerjaan kita hilang ataupun rusak, kita tidak perlu lagi ribet menciptakan surat kehilangan dari kepolisian. Kita sanggup mencetak sendiri memakai layanan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan.


Intinya untuk mencetak kartu digital BPJS Ketenagakerjaan kita perlu mempunyai akun BPJSTKU. Dan bagi yang belum punya, dalam menciptakan akun BPJSTKU kita wajib memasukkan no KPJ atau no kepesertaan atau sering disebut juga nomor referensi. Silahkan baca artikel kami perihal Cara Mengetahui Nomor Referensi Kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Kaprikornus kalau kartu penerima BPJS Taman Kanak-kanak kita hilang, kita harus masih ingat nomor kepesertaan di kartu yang hilang tersebut. Seandainya lupa, jikalau masih aktif bekerja kita sanggup menanyakan no KPJ kita ke HRD perusahaan kawasan kita bekerja. Sedangkan jikalau sudah tidak aktif bekerja, pengecekan nomor kepesertaan harus melalui kantor cabang terdekat dengan membawa KTP, KK dan paklaring dari perusahaan. Jika sudah mengetahui nomor kepesertaannya silakan pendaftaran akun BPJSTKu untuk sanggup mencetak kartu digital.

Demikianlah cara mencetak berdikari kartu digital BPJS Taman Kanak-kanak untuk menggantikan jikalau kartu yang orisinil rusak atau hilang. Terima kasih sudah membaca dan tunggu artikel-artikel ketenagakerjaan kami selanjutnya. Dan satu lagi, selain dicetak sendiri, kartu digital juga sanggup juga dicetak oleh HRD perusahaan kawasan kita bekerja melalui aplikasi SIPP Online yang sudah dibekali kepada setiap perusahaan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Sumber http://janganganggur.blogspot.com

0 Response to "Cara Mencetak Sendiri Kartu Digital Bpjs Ketenagakerjaan Sebagai Pengganti Kartu Orisinil Yang Hilang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel