Contoh Soal Kewirausahaan Bahan Pemasaran Beserta Jawabannya
A. PILIHLAN JAWABAN YANG TEPAT.
1. Pengertian dari pemasaran adalah:
a. Serangkaian acara insan yang ditujukan untuk memperlancar serta menyempurnakan pertukaran
b. Rencana yang di utamakan untuk mencapai tujuan pemasaran
c. Ilmu untuk memperngaruhi orang supaya mau membeli barang kita
d. Kegiatan untuk menawarkan info kepada seseorang
2. Pemasaran yaitu suatu proses yang sistematis berurutan dari perencanaan, pelaksanaan dan penguasaan usaha. Hal tersebut diungkapkan oleh:
a. Bill Gates
b. Philip Kotler
c. D.W Foster
d. W. J Stanton
3. Ilmu menjual yaitu pelayanan timbal balik sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan barang yang diterima. Hal tersebut dikemukakan oleh:
a. Isaac Newton
b. Ir. Soekarno
c. K.B.Haas dan E.C. Perr
d. Thomas Alfa Edison
4. Pengertian dari Teknik Promosi:
a. kegiatan dalam pemasaran yang dilakukan dengan cara memperkenalkan barang kepada masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.
b. Kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besranya.
c. suatu seni dalam dagang dan hidup untuk sanggup mempengaruhi orang-orang supaya berpikir, mencicipi dan melaksanakan kehendak kita, sehingga mereka merasa mendapat keuntungan bila mempunyai atau membeli barang yang kita tawarkan.
d. Suatu teknik yang dipakai untuk membuat orang mau membeli barang yang kita jual.
5. Tujuan dari melaksanakan Teknik Promosi adalah:
a. merubah tingkah laris dan pendapat konsumen
b. menarik konsumen brand lain yang bersaing dengan produk yang sedang dipromosikan
c. mempertahankan brand produk perusahaan
d. Pilihan A, B, C benar
6. Berdasarkan jenis media yang digunakan, Advertensi sanggup dibagi menjadi:
a. 5
b. 4
c. 6
d. 2
7. Maksud dan tujuan dari ilmu menjual adalah:
a. Agar bisa menjual barang yang bagus
b. Merealisasikan kemampuan dalam seni menjual yang mencakup kepandaian menjual jasa maupun produk kepada para calon konsumen
c. Untuk membantu dalam acara pelaksanaan acara usaha
d. Agar para penjual bisa menjual barang dagangannya dengan baik kepada konsumen
8. Jenis pembeli sanggup dibagi menjadi 8 jenis, salah satunya adalah:
a. The deliberate customers
b. The good customers
c. The rich customers
d. The crazy customers
9. Pengertian dari the decided customers adalah:
a. pembeli yang mrnghendaki sesuatu ihwal fakta-fakta dan cara-cara penggunaan produk yang akan dibeli, dan juga memakai banyak waktu untuk mempertimbangkan dan menetapkan produk tersebut
b. pembeli yang tidak sanggup menetapkan ukuran atau warna yang akan dibeli
c. pembeli yang mengetahui segala-galanya
d. pembeli yang telah mengetahui dan menetapkan apa yang akan dibeli
10. Pengertian the talk active customers adalah:
a. yaitu pembeli yang telah mengetahui dan menetapkan apa yang akan dibeli
b. pembeli yang selalu ingin mendapatkan bagian harga
c. pelanggan/pembeli yang selalu banyak berbicara tetapi tidak tertuju pada pembelian
d. pelanggan/pembeli yang selalu merasa canggung atau takut alasannya kekurangan pengetahuan yang ia miliki
11. Pengertian Advertensi adalah:
a. suatu bentuk penyajian gagasan barang atau jasa yang didanai oleh suatu sponsor tertentu yang besifat non personal
b. segala acara pemasaran, selain personal selling, advertensi dan publisitas untuk merangsang pembelian barang perusahaan
c. usaha untuk merangsang undangan dari suatu produk secara non personal yang bersifat komersial
d. sejumlah uang untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya
12. Salah satu bentuk promosi yaitu Public relation. Pengertian public relation adalah:
a. merupakan tenaga penjual yang disiapkan baik di took (pramuniaga) ataupun yang berkunjung ke rumah-rumah (salesman)
b. memberi info kepada masyarakat ihwal perusahaan, baik menyangkut produk, administrasi dan sebagainya, yang membuat masyarakat mempunyai image (citra) baik terhadap perusahaan
c. berupa iklan di aneka macam media
d. berupa daya tarik bagi konsumen dalam bentuk korting, obral, hadiah, undian-undian kupon dan sebagainya
13. Dilihat dari daya penarik promosi, promosi penjualan sanggup dibagi menjadi:
a. 4
b. 5
c. 6
d. 7
14. Ada beberapa jenis promosi penjualan, salah satunya Arestige advertising. Pengertian dari Arestige advertising adalah:
a. promosi penjualan yang menekankan harga sebagai daya penarik minat konsumen
b. promosi penjualan yang menekankan kualitas produk sebagai penarik minat konsumen
c. promosi penjualan yang menekankan faedah produk sebagai penarik minat konsumen
d. promosi penjualan yang menekankan prestise (gengsi) bagi pengguna produk
15. Pengertian dari Negosisasi adalah:
a. proses tawar menawar dengan cara negosiasi untuk memberi atau menerima, guna mencapai kesepekatan bersama mengenai suatu hal yang menjadi kepentingan bagi masing-masing pihak, baik perorangan maupun kelompok atau organisasi
b. sebagai instrumen untuk menarik perhatian konsumen. Dalam acara promosi, komunikasi antara pihak perusahaan dengan masyarakat akan berlangsung dengan baik kalau ada elemen-elemen yang mendukung proses komunikasi bisnis tersebut
c. tingkat perasaan seseorang sesudah membandingkan preoduk dan kinerjayang ia rasakan dengan kebutuhan dan harapannya
d. selisih dari total customer value dikurangi dengan total customer cost
16. Syarat-syarat terjadinya negosisasi adalah, kecuali:
a. Kedua belah pihak telah berusia dewasa
b. Kedua belah pihak harus punya istri
c. Kesepakatan dari kedua belah pihak
d. Ada obyek yang akan dijual/dibeli
17. Ada berapa alat pembayaran yang bisa dipakai pembeli:
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
18. Pengertian Publisitas adalah:
a. segala acara pemasaran, selain personal selling, advertensi dan publisitas untuk merangsang pembelian barang perusahaan
b. suatu bentuk penyajian secara ekspresi dalam suatu pembicaraan dengan seseorang atau lebih calon pembeli dengan tujuan meningkatkan terwujudnya penjualan produk
c. suatu bentuk penyajian gagasan barang atau jasa yang didanai oleh suatu sponsor tertentu yang besifat non personal
d. usaha untuk merangsang undangan dari suatu produk secara non personal yang bersifat komersial
19. Ada berapa macam display:
a. 3
b. 2
c. 4
d. 1
20. Salah satu tujuan advertensi dalam pemasaran adalah:
a. Untuk menunjang jadwal personal selling
b. Mempertahankan pelanggan biar tetap mau membeli
c. Untuk membuat nama baik perusahaan
d. Sebagai pemberi informasi
B. KERJAKAN SOAL-SOAL BERIKUT
1. Apa pengertian seni menjual berdasarkan Kho hwat yoe?
2. Sebutkan prinsip-prinsip kepuasan pelanggan! Jelaskan.
3. Sebutkan kepanjangan dari AIDAS!
4. Sebutkan dan jelaskan 6 acara dan planning yang bisa dilakukan untuk mengkomunikasikan produk dan merek usaha!
5. Sebutkan 3 jenis display yang ada!
6. Apa nama istilah Kegiatan jual beli pada masa lampau?
7. Jelaskan pengertian ilmu menjual berdasarkan J.S Konox!
8. Jelaskan pengertian ilmu menjual berdasarkan Kho hwat Yoe!
9. Dalam system penjualan, ada sitem penjualan langsung. Jelaskan artinya!
10. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis advertensi yang ada!
KUNCI JAWABAN
A. PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT.
1. A
2. C
3. C
4. A
5. D
6. C
7. B
8. A
9. D
10. C
11. A
12. B
13. C
14. D
15. A
16. B
17. C
18. D
19. A
20. B
B. KERJAKAN SOAL-SOAL BERIKUT
1. Menurut Kho hwat yoe, ilmu menjual yaitu suatu seni dalam dagang dan hidup untuk sanggup mempengaruhi orang-orang supaya berpikir,
merasakan dan melaksanakan kehendak kita, sehingga mereka merasa mendapat keuntungan bila mempunyai atau membeli barang yang kita tawarkan
2. Prinsip kepuasan pelanggan :
- kepuasan pelanggan yaitu sesuatu yang penting
- pahamilah keinginan pelanggan
- pilihlah pelanggan dengan sempurna melalui taktik segmentasi
- pelajarilah faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan
- pelanggan yang loyal yaitu pelanggan yang mau komplain
- beri jaminan kepada pelanggan
- dengarkanlah bunyi pelanggan
- arti penting karyawan dalam memuaskan pelanggan
3. Attention(perhatian), Interest (tertarik), Desire (keinginan), Action (tindakan), Satisfaction (kepuasan)
4. Advertensi (periklanan)
Berdasarkan macam media yang digunakan:
1) Advertensi cetak yaitu berupa iklan pada surat kabar atau majalah
2) Advertensi elektronik yaitu berupa iklan melalui siaran radio dan televisi
3) Transit advertising, yaitu berupa buletin, poster, stiker dan lain-lain
4) Kiriman langsung, yaitu barang cetakan yang dikirim eksklusif dengan pos kepada calon pembeli
5) Advertensi khusus, yaitu segala macam barang, berupa hadiah atau tunjangan gratis
6) Advertensi diluar rumah yaitu berupa papan reklame
Langkah-langkah dalam menyusun advertensi:
1) tetapkan maksud dan tujuan
2) tentukan siapa yang akan memakai produk yang diiklankan
3) tentukan tempat, jumlah dan kebiasaan konsumen yang akan dituju
4) persiapkan kata-kata, bahasa, gambar, layout dan penyajian adevertensi
5) pilih media yang akan digunakan
6) siapkan tenaga hebat yang akan menyusun advertensi
7) sediakan biaya yang diperlukan
8) lakukan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan advertensi
b. Personal Selling
personal selling yaitu penyajian secara ekspresi dan bertatap muka kepada satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan biar barang yang ditawarkan sanggup terjual
Tujuan personal selling:
1) menciptakan kepercayaan
2) peragaan
3) pembelian yang sifatnya sekali-kali
4) produk yang mempunyai nilai per unit sangat tinggi
5) produk yang didesain sesuai dengan kebutuhan
Ciri-ciri acara personal selling:
1) Hubungan akrab
2) Hubungan langsung
3) Adanya tanggapan
c. Sales Promotion/promosi penjualan
Merupakan segala acara pemasaran selain personal selling, advertensi dan publicity untuk merangsang pembelian barang perusahaan.Beberapa jenis promosi penjualan yakni :
Promosi pada konsumen memakai alat-alat promosi, seoperti sampel produk, kupon dll.
Promosi dagang antara lain jaminan pembelian, hadiah barang, komisi dagang dll.
Promosi wiraniaga ibarat bonus, insentif, tur keluarga dll.
d. Publication / publikasi
publicity yaitu upaya pengaturan ruang editorial biar terpisah dari ruang lainnya di semua media yang sanggup dibaca, dilihat atau didengar oleh konsumen atau calon konsumen suatu produksi perusahaan untuk mencapai tujuan penjualan.
Alat-alat publicity:
1) jumpa pers
2) publisitas produk
3) komunikasi perusahaan
4) pendekatan
5) bimbingan
Tujuan publicity:
1) meyakinkan para konsumen ihwal produk atau perusahaan
2) meningkatkan gambaran produk dan perusahaan
e. Sponsorship
Sponsorship merupakan aplikasi dalam mempromosikan produk atau merek yang berasosiasi dengan acara perusahaan lain atau acara pemerintah dan masyarakat. Sponsorship biasanya dilakukan pada :
1. Kegiatan seminar yang bekerjasama erat dengan manfaat produk
2. Acara bincang di radio, televise
3. Kegiatan kepemerintahan
4. Peluncuran produk gres perusahaan
5. Kegiatan social kemasyrakatan
f. Komunikasi di kawasan konsumen yang akan membeli /point of purchase
Komunikasi dengan system ini bertujuan untuk mempengaruhi seseorang pada ketika orang tersebut akan mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk.
5. Open interior display, closed interior display, exterior display
6. Barter
7. Ilmu menjual yaitu suatu kemampuan atau kecakapan untuk mempengaruhi orang, supaya mereka mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan
cara saling menguntungkan. Walaupun sebelumnya tak terpikirkan oleh calon pembeli untukk membeli barang itu, tetapi balasannya tertarik untuk membelinya.
8. ilmu menjual yaitu suatu seni dalam dagang dan hidup untuk mempegaruhi orang-orang supaya berpikir, mencicipi dan melaksanakan kehendak kita. Sehingga mereka mendapatkan keuntungan bila mempunyai atau membeli barang yang kita tawarkan.
Berbagai batasan yang dikemukakan olleh para hebat tersebut, merupakan materi perbandingan bagi kita untuk lebih mendalami pengetahuan menjual supaya memperoleh suatu studi perbandingan secara luas.
9. Penjualan eksklusif merupakan cara penjualan di mana penjual eksklusif berhubungan, berhadapan atau bertatap muka dengan calon pembeli atau langganannya.
10. 1) Advertensi cetak yaitu berupa iklan pada surat kabar atau majalah
2) Advertensi elektronik yaitu berupa iklan melalui siaran radio dan televisi
3) Transit advertising, yaitu berupa buletin, poster, stiker dan lain-lain
4) Kiriman langsung, yaitu barang cetakan yang dikirim eksklusif dengan pos kepada calon pembeli
5) Advertensi khusus, yaitu segala macam barang, berupa hadiah atau tunjangan gratis
6) Advertensi diluar rumah yaitu berupa papan reklame
Sumber http://raidikayasa.blogspot.com
0 Response to "Contoh Soal Kewirausahaan Bahan Pemasaran Beserta Jawabannya"
Posting Komentar