iklan

Fungsi Bandwidth Dalam Jaringan Komputer

Fungsi Bandwidth dalam Jaringan Komputer - Bagi orang-orang yang sering menangani semua urusan perihal situs dan jaringan internet niscaya sudah terbiasa dengan konsep yang disebut bandwidth.

Bandwidth atau secara harfiah berarti pita yang lebat, merupakan ukuran nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan bit / detik, kilobit / detik, atau unit lain antara server dan client dalam waktu tertentu.

Kita juga sanggup menjelaskan bandwidth sebagai lebar atau lebar rentang frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi tertentu. Dari dua istilah di atas, kita sudah sanggup menyimpulkan bahwa bandwidth ialah kapasitas maksimum jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data yang diukur dalam hitungan detik.

Jika Anda masih mengalami persoalan membayangkan bandwidth apa, analogi yang paling sederhana ialah melihat cara setiap hari kita melewatinya.

Misalkan jumlah kendaraan yang melaju di seberang jalan mempunyai kecepatan yang sama, dan ukurannya sama. Dengan demikian, kalau kita memperlebar jalan, semakin banyak kendaraan yang sanggup lewat sehingga arus kendaraan lewat jalan juga semakin membesar.

Sebaliknya, kalau kita mempersempit jalan, kendaraan yang lewat pada ketika bersamaan akan berkurang alasannya ialah harus mengantri untuk memasuki jalan.

Nah, lebar jalan yang disebut bandwith. Atau kalau ingin lebih presisi, bandwidth ialah kapasitas jumlah kendaraan beroda empat yang sanggup melalui area jalan tertentu dalam satuan waktu tertentu.

Fungsi Bandwidth dalam Jaringan Komputer Fungsi Bandwidth dalam Jaringan Komputer
Fungsi Bandwidth dalam Jaringan Komputer

Istilah bandwidth dipakai di banyak tempat. Dalam jaringan komputer, istilah bandwidth dalam jaringan komputer sering kali menjadi identik dengan kecepatan transfer, atau tingkat pergerakan data dari satu titik ke titik lainnya selama periode waktu tertentu, juga dilambangkan dengan bit / detik (bps), byte / detik Bps), kilobit, kilobyte, megabyte dan lainnya.

Misalnya menyerupai ini. Jika kita memakai koneksi LAN 100 mbps, berarti idealnya dalam jaringan sanggup melaksanakan transaksi data dengan kecepatan maksimal 100 mega bit per detik (mbps).

Koneksi komputer ke jaringan komputer dengan bandwidth yang lebih besar atau lebih tinggi sanggup memungkinkan pengiriman data yang besar dalam waktu lebih cepat, menyerupai mengirim gambar file musik, film, video, dan sebagainya.

Baca juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer
Macam Macam Jaringan Komputer
Perangkat Jaringan Komputer
Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Istilah bandwidth juga dipakai di dunia web hosting. Sebenarnya analogi yang sama dengan komputer di jaringan LAN, yakni dengan bandwidth yang lebar atau luas maka kekuatan web hosting sanggup mentransfer data dan info juga semakin berpengaruh atau lebih cepat.

Sebenarnya, beberapa web hosting memperlihatkan bandwidth tak terbatas yang berarti Anda sanggup mentransfer data sebanyak yang Anda inginkan dari hosting ke perangkat keras yang mengakses web yang Anda miliki.

Mengetahui fungsi bandwidth sanggup membantu kita untuk memahami persoalan jaringan dengan lebih baik. Apa fungsi bandwidth? Silahakn baca di bawah ini.

1. Menjadi jalur atau media transmisi data
Fungsi ini merupakan fungsi yang paling umum dan berlaku di hampir daerah yang mempunyai jaringan komputer. Bandwidth berfungsi sebagai media atau jalur transmisi data yang dimiliki oleh komputer atau jaringan tertentu.

Istilah ini mungkin agak bersebelahan dengan gagasan media di daerah lain. Misalnya, antara komputer dan koneksi LAN di rumah, sanggup jadi koneksi media antara laptop dengan jaringan Anda di rumah ialah kabel LAN fisik.

Namun, di kabel LAN, ada jalur atau jaringan yang memungkinkan data antara laptop Anda dengan komputer lain di jaringan bergerak atau transfer.

2. Membatasi kecepatan transfer data
Fungsi kedua ini biasanya lebih sering dipakai oleh eksekutif jaringan untuk menjaga supaya jaringan tetap berfungsi dengan baik alasannya ialah ada satu pengguna yang mengakses situs atau data tertentu yang banyak menyedot banyak bandwidth. Misalnya untuk mend0wnl0ad film HD, mengakses situs streaming, dan sebagainya.

Akses menyerupai itu akan menyedot banyak bandwidth, dan akan sangat menghipnotis kenyamanan pengguna lain yang juga ingin mengakses internet untuk kebutuhan mereka.

Oleh alasannya ialah itu, manajer jaringan biasanya akan menyebarkan bandwidth yang cukup untuk pengguna internet, contohnya dengan memukul rata-rata semua pengunjung kafe (jika di warnet) mendapat kuota bandwidth 10Mbps atau 1MBps.

Makara bagi pengunjung yang mend0wnl0ad film HD misalnya, maka ia tidak akan menyedot bandwidth melebihi angka tersebut sehingga pengunjung lain tetap sanggup mengakses internet dengan nyaman.

3. Batasi jumlah data yang sanggup ditransfer
Fungsi ini mungkin juga lebih sering diterapkan oleh eksekutif jaringan dan hosting. Adanya bandwidth sanggup menjadi salah satu media yang sanggup dipakai untuk membatasi jumlah data yang sanggup ditransfer dalam kurun waktu tertentu. Misalnya web hosting menyediakan bandwidth 1 GB per bulan.

Baca juga: Pengertian Hosting dan Contohnya

Artinya, dalam sebulan, jumlah maksimal transfer data yang sanggup dilakukan ialah sebanyak 1 GB, tidak persoalan berapa banyak perangkat yang mengakses situs, berapa kecepatan akses, dan sebagainya. Aturan ini hanya membatasi jumlah data yang sanggup ditransfer oleh hosting ke penggunanya.

Pembatasan ini biasanya diterapkan oleh eksekutif jaringan hosting sebagai salah satu bentuk diferensiasi produk bagi penggemar hosting untuk beralih pada paket hosting yang lebih tinggi dan tentunya mempunyai biaya lebih tinggi pula.

Itulah beberapa fungsi bandwidth yang sanggup kita ketahui. Beberapa fungsi ini hanya sanggup diterapkan pada konteks tertentu saja. Namun, fungsi bandwidth yang paling fundamental ialah dalam hal transfer data itu sendiri. Tanpa bandwidth, mustahil untuk mentransfer data.

Lebar bandwidth itu sendiri juga ditentukan oleh banyak hal, baik dari elemen media yang dipakai (misalnya, kabel serat optik akan mempunyai bandwidth yang lebih besar bila dibandingkan dengan kabel telepon biasa), situs atau sumber transfer data yang diakses (misalnya, situs A membatasi bandwidth sementara situs B tidak, maka saluran bandwidth dari situs B akan lebih besar dan lebih cepat), dan sebagainya.

Semoga dengan klarifikasi diatas sanggup membantu anda mengerti perihal fungsi bandwidth ya. Selamat berguru dan semoga mendapat pengetahuan gres yang berguna!
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Fungsi Bandwidth Dalam Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel