iklan

Kegunaan Ekstranet Bagi Perusahaan

Kegunaan Ekstranet Bagi Perusahaan - Extranet ialah infrastruktur jaringan pribadi yang memakai dan menerapkan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik sebagai media mediator untuk menyebarkan beberapa sumber informasinya dengan kondusif dan kondusif kepada pihak luar yang terkait dengan kawan perusahaan, dalam hal ini kepada Supplier, Vendor atau Pelanggan.

Perusahaan yang menciptakan infrastruktur ekstranet sanggup bertukar data besar dengan memanfaatkan EDI (Electronic Data Interchange), menunjukkan bantuan kepada perusahaan lain dalam kelompok intranet yang serupa.

Ekstranet, menyerupai namanya, ialah teknologi yang bekerja sama dengan teknologi Intranet, namun satu-satunya perbedaan di antaranya ialah cakupan dan penggunaannya.

Extranet ialah jaringan pribadi yang memakai protokol Internet dan sistem warta global atau publik untuk menyebarkan beberapa sumber daya dengan jaringan publik, dalam hal ini sanggup berupa "informasi" atau "data".

Makara sanggup di tafsirkan Extranet ialah Intranet yang terhubung dengan dunia luar atau masyarakat, memakai jaringan internet, yang dengannya sanggup terhubung dengan Intranet lain atau LAN yang ditunjuk.

 Extranet ialah infrastruktur jaringan pribadi yang memakai dan menerapkan protokol i Kegunaan Ekstranet Bagi Perusahaan
Kegunaan Ekstranet Bagi Perusahaan


Pembatasan Ekstranet
Namun, tidak semua warta Perusahaan akan diberikan ke jaringan publik melalui Extranet ini. Hanya warta tertentu yang ada di Intranet Perusahaan yang informasinya diijinkan untuk dikirim ke jaringan Extranet, melalui mediator Firewall router.

Dalam Router Firewall Extranet ini memainkan tugas penting dalam memantau acara warta masuk dan keluar ke Intranet yang terhubung. Informasi yang mencurigakan atau dianggap tidak relevan diblokir, selain itu, Firewall bertanggung jawab untuk membatasi kanal dari luar yang ingin mengakses sumber warta pada Intranet terkait.

Kegunaan Estranet


1. Pertukaran Informasi yang Mudah
Ekstranet memudahkan menyebarkan sumber warta dari Intranet perusahaan ke Intranet perusahaan cabang atau jaringan publik yang mempunyai lokasi geografis yang cukup jauh, dengan saluran umum dengan keamanan tinggi.

Informasi yang diberikan meruapakan warta yang telah diatur semoga sanggup diakses oleh jaringan yang luas, di dalam Extranet ini. Untuk warta yang tidak diungkapkan tidak akan dibagikan secara publik.

2. Sebagai File Server
Ekstranet memudahkan pembuatan file server sentral perusahaan untuk perusahaan cabang. Perusahaan pusat sanggup menerapkan file server yang berisi warta saham rahasia, rahasia, kepemilikan, dan legalitas untuk penggunaan yang kondusif oleh perusahaan cabang melalui protokol Ektranet.

3. Remote remote
Dengan memakai VPN yang merupakan protokol Ektranet, memudahkan staf perusahaan untuk memecahkan problem perangkat lunak, perangkat keras komputer dan perangkat keras perusahaan, pemasangan, dan pemasangan ulang aplikasi perusahaan, tanpa harus berada di kantor, alasannya memakai remote control menyerupai Teamviewer, jarak ke PC perusahaan.

4. Media Informasi Perusahaan
Extranet sanggup dipakai untuk menghemat anggaran dalam menciptakan warta atau profil perusahaan perusahaan. Menerapkan server web dan file hosting secara lokal dari Intranet perusahaan, dan mengaktifkannya semoga sanggup diakses dari publik, memungkinkan terciptanya situs profil perusahaan perusahaan tanpa perlu menyewa layanan web hosting untuk menyimpan file situs web.

Baca juga: Fungsi Web Hosting

5. Fitur Keamanan Lengkap
Extranet didukung oleh fitur keamanan yang cukup ketat. Tingkat kanal dan pembatasan kanal untuk setiap pengguna atau grup pengguna sanggup dikelola dan dikelola melalui antarmuka yang ada.

6. Waktu lebih efisien
Waktu yang dihabiskan dalam menjalankan bisnis dengan kawan menjadi lebih efisien, hal ini alasannya Extranet menjanjikan fasilitas dan kecepatan pertukaran warta antar perusahaan dan kawan kerja sanggup berlangsung dengan baik.

7. Kemudahan dalam Perawatan
Ekstranet juga menunjukkan fasilitas dalam pengelolaan infrastruktur, termasuk namun tidak terbatas pada pengembangan perangkat keras, jumlah link, node-to-node, dan lain-lain.

8. Membangun industri Extranet
Menggunakan Intranet Kita sanggup membangun industri Extranet yang merupakan kombinasi dari beberapa Extranet yang mempunyai Extranets, yang mempunyai kegunaan untuk fasilitas komunikasi.

9.Membangun Digital Business Partnership
Membangun Extranet memudahkan pembuatan infrastruktur jaringan yang menjembatani komunikasi digital dengan kawan bisnis, vendor, pemasok, dan pelanggan.

10. Meningkatnya efektivitas bisnis
Dengan memakai infrastruktur Extranet tentunya akan menunjukkan fasilitas dalam meningkatkan efektifitas berbisnis.

11. Akses Informasi apapun (portabilitas).
Dengan Extranet Infastruktur, warta yang diberikan sanggup diakses dengan memakai aneka macam perangkat menyerupai Mobile, Tablet, Laptop. Sehingga warta yang diberikan sanggup diakses kapanpun dan dimanapun.

12. Perluasan jaringan lokal perusahaan
Dengan memakai Extranet, Perusahaan sanggup memperluas cakupan jaringan yang semula hanya jaringan Intranet ke jaringan yang lebih luas lagi. Dengan itu, ruang lingkup warta yang sanggup dijangkau akan lebih luas.

Baca juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer
Jenis Jenis Jaringan Komputer

13. Bagikan katalog produk dengan kawan dagang
Seperti dengan diperkenalkannya infrastruktur Ekstranet memungkinkan perusahaan dan kawan dagang untuk menyebarkan katalog produk. Katalog yang ada akan selalu up-to-date dan diam-diam dimana warta yang diberikan bersifat diam-diam dan kondusif terlepas dari media yang dipakai untuk mencapai warta tersebut ialah media publik sejati dimana informasinya.

14. Jalankan operasi bisnis yang lebih baik, dan korelasi jangka panjang dengan pelanggan.
Hubungan jangka panjang sanggup dicapai dengan sarana komunikasi yang efektif dan efisien. Extranet menjanjikan platform komunikasi yang lebih baik dan lebih luas daripada Intranet, sehingga memudahkan Anda mendapat warta yang ada secara efektif dan efisien.

15. Pelanggan gampang mendapat informasi
Pelanggan sanggup dengan gampang mengakses warta yang berkaitan dengan sumber warta internal perusahaan, agenda program masa depan, database media internal, dan warta lainnya melalui jaringan Extranet.

Kesimpulan
Extranet ialah infrastruktur jaringan yang sangat memudahkan Perusahaan dalam membangun warta dan komunikasi dengan aneka macam kawan dagangnya, terlepas dari batas geografis dan regionalnya.

Informasi antara kedua belah pihak sanggup disampaikan dengan cepat dan kondusif bahkan dengan memakai media jaringan terbuka. Selain itu, dukungan protokol keamanan tidak lupa disematkan di teknologi Extranet ini, dengan derma Firewall Router.

Meskipun Extranet menjanjikan fasilitas dalam penyampaian informasi, masih penting untuk selalu merencanakan konsep infrastruktur dengan baik bagi mereka yang akan memperpanjang intranet dengan dukungan Extranet.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Kegunaan Ekstranet Bagi Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel