iklan

√ Kenali Bahaya, Gejala, Dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang

Kelabang yaitu binatang yang cukup sering kita jumpai di rumah. Hewan ini masuk ke dalam rumah melalui susukan pembuangan air atau pintu maupun jendela yang terbuka. Kelabang sangat suka bersarang di tumpukan barang-barang, daerah yang gelap dan lembab, hingga dengan kamar mandi Anda.


Jangan remehkan binatang yang satu ini lantaran kelabang sanggup menggigit Anda dan menjadikan rasa sakit. Kenali bahaya, gejala, dan cara mengobati gigitan kelabang yang akan Bacaterus bagikan ini sebagai langkah antisipasi. Jika suatu ketika Anda atau kerabat digigit oleh binatang ini, Anda sanggup mengambil tindakan yang sempurna untuk segera mengobati gigitan kelabang.


Bahaya Gigitan Kelabang


 yaitu binatang yang cukup sering kita jumpai di rumah √ Kenali Bahaya, Gejala, dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang


Hewan dengan jumlah kaki yang banyak ini tidak sanggup diremehkan begitu saja. Pasalnya, kelabang mengembangkan bisa atau racun melalui gigitannya. Namun, racun kelabang tidak berbahaya bagi manusia. Mungkin Anda akan mencicipi komplikasi sesudah digigit kelabang, tapi racun kelabang tidak akan menghilangkan nyawa manusia.


Sebagai contoh, kelabang tertentu yang masuk dalam kelas chilopoda dikenal sebagai kelabang yang cukup berbahaya. Jenis kelabang ini mempunyai racun yang disebut venom. Racun ini diproduksi di cuilan dasar taring kelabang sehingga ketika menggigit korbannya, racun tersebut sanggup dengan gampang tersalurkan ke kulit korbannya.


Pada ketika kelabang menggigit kulit korban, kelenjar racun kelabang pribadi menyemburkan racunnya melalui susukan cuilan depan taring yang bentuknya menyerupai jarum.


Meskipun racun kelabang tidak masuk berbahaya, Anda harus segera mencari cara mengobati gigitan kelabang sesudah Anda digigit oleh binatang ini. Apalagi kalau kelabang menggigit Anda di area yang sensitif, tentu saja rasa sakitnya semakin berlipat-lipat.


Gejala Gigitan Kelabang


 yaitu binatang yang cukup sering kita jumpai di rumah √ Kenali Bahaya, Gejala, dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang


Sebelum membahas mengenai cara mengobati gigitan kelabang, Bacaterus ingin terlebih dulu mengajak Anda mengenal tanda-tanda gigitan kelabang. Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya, racun kelabang tidak berbahaya bagi manusia, tapi sanggup menjadikan komplikasi yang mengganggu. Adapun tanda-tanda dari gigitan kelabang yaitu sebagai berikut:



  • Area bekas gigitan akan terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan.

  • Pembengkakan kelenjar getah bening (kasus ini jarang terjadi).

  • Mati rasa atau kebas di area yang bekas digigit kelabang.

  • Bagi orang yang sangat sensitif atau alergi pada racun kelabang, mereka akan mengalami reaksi anafilaktik berupa kesulitan bernafas, denyut jantung meningkat, dan bisul di area tenggorokan.

  • Sakit kepala.

  • Mual dan muntah (jarang terjadi).

  • Tubuh terasa lemah.


Dari sekian banyak tanda-tanda gigitan kelabang, tanda-tanda yang paling umum yaitu nyeri, bengkak, dan kemerahan di area bekas gigitan kelabang. Namun, tidak menutup kemungkinan kalau Anda juga mengalami tanda-tanda lainnya. Tak perlu mengambil risiko dengan membiarkan bekas gigitan kelabang, segera temukan cara mengobati gigitan kelabang secepat mungkin.


Cara Mengobati Gigitan Kelabang


 yaitu binatang yang cukup sering kita jumpai di rumah √ Kenali Bahaya, Gejala, dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang


Gigitan kelabang memang tidak akan membunuh Anda. Namun, sudahkah Anda siap dengan sekian banyak tanda-tanda yang mungkin akan mengganggu acara Anda sehari-hari? Berikut yaitu cara mengobati gigitan kelabang secara medis.



  • Bersihkan area kulit yang digigit kelabang di bawah air yang mengalir. Untuk membersihkan racunnya, cuci bekas gigitannya dengan sabun antiseptik dan bilas kembali hingga residu sabunnya hilang.

  • Kompres dengan air cuek selama 10 menit untuk mengurangi rasa nyeri. Apabila nyerinya masih terasa, kompres kembali area bekas gigitan kelabang tersebut.

  • Obati dengan obat antiseptik (sejenis Betadine) atau alkohol semoga bekas gigitan kelabang tidak menjadikan infeksi pada kulit.

  • Apabila rasa nyeri bekas gigitan kelabang sangat tidak tertahankan, beli obat anti-nyeri (paracetamol) yang dijual bebas di apotik. Obat ini biasanya merupakan obat oral tapi sanggup meredakan nyeri bekas gigitan kelabang.

  • Oleskan salep atau krim yang mengandung kortikosteroid kalau bekas gigitan kelabang menjadikan gatal atau ruam.


Cara mengobati gigitan kelabang ini merupakan pinjaman pertama yang harus Anda lakukan ketika diri sendiri atau orang lain gres saja digigit kelabang. Akan tetapi, kalau korban gigitan kelabang mencicipi tanda-tanda yang tidak lazim, menyerupai mual dan muntah terus menerus ditambah suhu tubuhnya jadi meningkat, maka segera bawa korban ke IGD untuk mendapat pinjaman medis yang lebih mumpuni.


Cara Meredakan Nyeri Gigitan Kelabang Secara Tradisional


 yaitu binatang yang cukup sering kita jumpai di rumah √ Kenali Bahaya, Gejala, dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang


Selain cara medis, ternyata ada cara mengobati gigitan kelabang secara tradisional. Cara ini bukan untuk mengobati, lebih tepatnya hanya untuk meredakan nyeri akhir gigitan kelabang. Gunakan bahan-bahan berikut ini untuk mengatasi nyeri akhir gigitan kelabang:



  • Minyak Tawon


Minyak serbaguna ini sanggup dioleskan pada area bekas gigitan kelabang untuk mengecilkan pembengkakan. Minyak tawon juga mempunyai kegunaan untuk meredakan nyeri. Meskipun demikian, pengobatan medis lebih dianjurkan ketimbang hanya mengolesi minyak tawon saja.



  • Biji Asam Jawa


Satu lagi pengobatan tradisional yang banyak dipakai oleh orang-orang zaman dulu untuk mengobati gigitan kelabang, yakni dengan memakai biji asam jawa. Biji asam jawa ditumbuk hingga halus, kemudian taburkan bubuk ini ke kulit yang digigit kelabang.


Komplikasi Gigitan Kelabang


 yaitu binatang yang cukup sering kita jumpai di rumah √ Kenali Bahaya, Gejala, dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang


Sejatinya, gigitan kelabang mungkin terlihat sepele, tetapi gigitan tersebut sanggup menjadikan komplikasi kesehatan yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Agar Anda tidak menyepelekan gigitan kelabang, kenali komplikasi yang mungkin terjadi sesudah digigit kelabang:



  • Tetanus


Gigitan kelabang sanggup menjadikan infeksi yang berujung pada tetanus. Tentu saja tetanus yaitu kondisi yang tidak sanggup disepelekan begitu saja. Korban yang terinfeksi akhir gigitan kelabang harus segera mendapat perawatan dari pihak medis dan kalau perlu harus diberikan suntikan tetanus.



  • Gangguan Fungsi Jantung


Apabila kelabang menggigit orang yang sensitif atau mempunyai alergi terhadap racunnya, maka orang tersebut akan mengalami jantung berdetak lebih cepat. Detak jantung yang asing ini sanggup membahayakan kesehatan jantung. Lama kelamaan orang tersebut detak jantungnya akan melemah dan mengalami gangguan fungsi jantung.


Oleh lantaran itu, apabila orang yang gres digigit kelabang merasa mual, sakit kepala, dan jantung berdetak lebih cepat, segera bawa orang tersebut ke IGD untuk mendapat pengobatan lebih lanjut.



  • Pembengkakan Kelenjar Getah Bening


Pada beberapa kasus, orang yang digigit kelabang akan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening. Hal ini disebabkan lantaran badan membentuk antibodi untuk mencegah racun kelabang menjadikan infeksi pada cuilan badan lainnya.


Kondisi orang yang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening akhir gigitan kelabang akan berangsur-angsur pulih dengan sendirinya. Namun, kalau dalam waktu 24 jam kondisi korban tidak menjadi lebih baik, bawalah korban ke IGD.


Bahaya, gejala, komplikasi, dan cara mengobati gigitan kelabang ini sanggup membantu Anda segera bertindak dengan sempurna ketika digigit oleh binatang tersebut. Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua orang mengalami tanda-tanda atau komplikasi akhir gigitan kelabang. Ada orang-orang yang kebal sehingga tidak mencicipi tanda-tanda atau komplikasi apapun sesudah digigit kelabang.


Sebagai langkah antisipasi semoga tidak digigit kelabang, sebaiknya usir binatang ini dari rumah Anda dengan cara-cara yang ada di artikel cara mengusir kelabang yang masuk ke rumah.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Kenali Bahaya, Gejala, Dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel