iklan

Konsep Penerimaan (Revenue), Keuntungan (Profit), Dan Maksimalisasi Keuntungan (Profit Maximization)

Setelah sebelumnya berguru ihwal konsep biaya (cost), kali ini kita akan mempelajari konsep penerimaan (revenue), keuntungan (profit), dan maksimalisasi keuntungan (profit maximization).

1. TOTAL REVENUE, AVERAGE REVENUE, DAN MARGINAL REVENUE.

Pada prinsipnya, penerimaan (revenue) merupakan jumlah unit moneter (uang) yang diperoleh dari penjualan output produksi.

1.1. Total Revenue (TR).

Total revenue (TR) merupakan keseluruhan penerimaan yang dihitung dari hasil perkalian antara harga (P) dengan kuantitas output (Q) yang terjual.



Jika dituliskan dalam sebuah persamaan akan terlihat menyerupai berikut.
Setelah sebelumnya berguru ihwal konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)

1.2. Average Revenue (AR).

Average revenue (AR) adalah penerimaan yang didapatkan dari setiap penjualan satu unit output. Dengan kata lain, AR ialah harga jual per unit output (P).

Adapun persamaannya ialah sebagai berikut.
Setelah sebelumnya berguru ihwal konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)

1.3. Marginal Revenue (MR).

Marginal revenue (MR) merupakan suplemen penerimaan yang diperoleh dari suplemen penjualan satu unit output.

Persamaan MR ialah sebagai berikut.
Setelah sebelumnya berguru ihwal konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)

1.4. Hubungan antara TR, AR, dan MR.

Untuk menjelaskan kekerabatan antara TR, AR, maupun MR, kita akan mengambil sebuah pola sederhana.

Misalkan A menjual roti tawar dengan kuantitas dan harga menyerupai tercantum dalam Tabel 1.
Setelah sebelumnya berguru ihwal konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)
keterangan:

2. PROFIT.

Profit atau laba merupakan keuntungan penjualan, yang besarnya merupakan selisih total revenue dengan total cost.

Bila dinyatakan dengan sebuah persamaan, maka akan terlihat menyerupai berikut.
Setelah sebelumnya berguru ihwal konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)

3. MAKSIMALISASI PROFIT.

Setelah memahami kekerabatan antara TR, AR, MR, TC dan Profit, pada bab ini kita akan mempelajari konsep maksimalisasi profit.

Dengan memakai pola diatas, kita sanggup melihat bagaimana maksimalisasi profit didapatkan, melalui Tabel 2. dibawah ini.
Setelah sebelumnya berguru ihwal konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)
keterangan:
  • pada tabel tersebut terlihat bahwa semakin banyak jumlah output terjual, pada awalnya profit mengalami peningkatan; namun pada titik tertentu, profit tersebut mengalami penurunan.
  • perhatikan kolom Perubahan pada Profit (MR – MC), disitu terlihat bagaimana besarnya perubahan profit yang diperoleh, seiring peningkatan penjualan output.

Maksimalisasi profit juga sanggup dijelaskan melalui kurva yang terlihat di Gambar 1.
Setelah sebelumnya berguru ihwal konsep biaya  Konsep Penerimaan (Revenue), Laba (Profit), dan Maksimalisasi Laba (Profit Maximization)
keterangan:
  • ketika MR > MC; maka untuk memaksimalkan profit, produsen harus meningkatkan kuantitas output.
  • saat MR < MC; maka untuk memaksimalkan profit, produsen harus mengurangi kuantitas output.
  • pada titik dimana MR = MC; pada ketika itulah level profit maksimal tercapai.

    Demikian ulasan ihwal konsep penerimaan (revenue), keuntungan (profit), dan maksimalisasi profit (profit maximization). *



    Referensi:
    1. Krugman, Paul, and Robin Wells. (2011). Economics, Second Edition, Worth Publishers.
    2. Mankiw, Gregory N. (2008). Principles of Microeconomics, Fifth Edition, South-Western Cengage Learning.
    3. Samuelson, Paul A., and William D. Nordhaus. (2002). Economics, Seventeenth Edition, McGraw-Hill.
    Materi sebelumnya:
    Konsep Biaya (Cost) dalam Ilmu Ekonomi
    Perilaku Produsen, Fungsi Produksi, Marginal Product, dan the Law of Diminishing Return

    Materi selanjutnya:
    Karakteristik dan Analisa Pasar Persaingan Sempurna (Perfectly-Competitive Market)
    Kurva Penawaran dan Ekuilibrium Jangka Panjang di Pasar Persaingan Sempurna
    Sumber http://www.ajarekonomi.com

    0 Response to "Konsep Penerimaan (Revenue), Keuntungan (Profit), Dan Maksimalisasi Keuntungan (Profit Maximization)"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel