iklan

Laporan Pkl Di Sultan Seafood

   Tugas sekolah kali ini akan membagikan laporan kegiatan praktik kerja lapangan atau biasa di singkat PKL yang telah dibentuk dan di jalani oleh siswi di tempat kota  yang kebetulan mau memperlihatkan pengalamanya kepada kita semua dengan tujuan saling membuatkan informasi dan materi serta bermanfaat untuk kita semua. Berikut ulasan laporan praktik kerja lapangan :
( Gambar Ilustrasi Restoran Seafood )
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK KERJA LAPANGAN
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DI SULTAN SEAFOOD
( Gambar Logo SMKN 1 Tegal )
Disusun oleh :
AULIA NI'MATUL SILMI
TATA BOGA

SMK NEGERI 1 TEGAL
Jl. Dr. Sutomo no. 68 Telp./fax (0283) 353302 Tegal 52113
Website: http:/smkn1kotategal.sch.id Email: smkn1kotategal@gmailyahoo.com

KATAPENGANTAR
    Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memperlihatkan rahmat serta hidayah-Nya. Sehingga penulis sanggup menuntaskan penyusunan laporan ini dengan waktu yang telah ditentukan.
     Tugas  ini disusun untuk diajukan sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Nasional ( UN ) dan Ujian Sekolah ( US ) di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Kota Tegal Tahun Diklat 2018/2019.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu dalam penyelesaian laporan ini, diantaranya :
1. BapakMas Rudianto,SPd, selaku Kepala Sekolah Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Tegal yang telah menyelenggarakan Program Praktek  Kerja Industri.
2.  Ibu Dra. Kartini, selaku pembimbing Kepala Program Kejuruan Tata Boga di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Tegal.
3.  Ibu Dra. Asihati, selaku pembimbing praktek kerja industri di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Tegal.
4. Panitia Penyelanggara Praktek Kerja Industri Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Tegal.
5. Bapak Aji Priyono, S. Th. I, selaku Owner restoran Sultan Seafood Tegal yang telah memberikan  izin kepada penulis untuk melakukan praktek kerja industri ( PRAKERIN ).
6.  Kedua orang bau tanah yang telah memberimotivasi dan santunan baik materiil dan inmateriil
7. Semua pihak yang tidak sanggup penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam pelaksanaan aktivitas Prakerin dan penyusunan laporan ini.
    Penulis sadar bahwa laporan praktek kerja industry ini masih banyak kekurangan. Oleh lantaran itu penulis mohon maaf serta mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi perbaikan dimasa yang akan datang.
Demikian laporan ini disusun semoga bermanfaat bagi semua pihak.

                                                                                                  Tegal,   Agustus 2018

Penulis

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
     Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Sekolah atau Ujian Nasional dan sebagai buku panduan dalam melakukan Tugas Akhir (TA) di sekolah. Praktik Kerja Industri ini melatih siswa dalam pembuatan laporan dan kiprah dari sekolah yang di perankan oleh siswa.
    Praktek Kerja Industri (Prakerin) yaitu salah satu bab dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang wajib dilaksanakan oleh sekolah kususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan dunia industri. Pelaksanaan  Prakerin ini akan membantu siswa dalam menambah atau memperluas wawasan mengenai lapangan pekerjaan serta membekali siswa dengan pengalaman kasatmata yang telah dilaksanakan para siswa di dunia industi (DU/DI) masing-masing sesuai dengan aktivitas keahlian yang dipilihnya.
   Dengan adanya Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini,berharap siswa bisa berpotensi dan mengembangkan contoh pikir mereka dalam dunia wirausaha. Karena siswa akan banyak menjumpai hal – hal gres yang mungkin sanggup menjanjikan motifasi mereka. Siswa akan banyak menyerap ilmu-ilmu gres yang mungkin belum pernah mereka jumpai atau belum pernah mereka dapatkan selama pembelajaran di sekolah.
   Pembelajaran di Dunia Industri (DU/DI) tersebut merupakan bab dari aktivitas diklat secara menyeluruh, lantaran itu materi yang dipelajari siswa selama di dunia industri harus berkaitan dengan kompetensi yang di pilih atau diampu para siswa.
Untuk memenuhi persaratan yang di tetepkan oleh mentri pendidikan maka dilaksanakan lah kegiatan Prakerin ini dan kegiatan ini dilaksanakan secara serempak. Didalam pembelajaran di Sekolah Menengah kejuruan khususnys jurusan TATA BOGA.
1.2 Praktek Kerja Industri
1. Memberikan kesempatan pada diripara siswa untuk berbaur dengan orang lain di   lingkungan kerja
2. Melatih saya semoga berfikir logis dalam menguraikan dan membahas suatu permasalahan yang ada didunia kerja sesuai dengan pengetahuan yang telah diperoleh sesuai bidang keahlianya
3. Mempersiapkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang mempunyai tingkat pengetahuan, jiwa entrepeneur, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan
4. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pendidikan dan training yang berkualitas
1.3 Tujuan Penulisan Laporan
   Setiap penyusunan sesuatu niscaya mempunyai tujuan tertentu, begitu juga penyusun laporan ini mempunyai tujuan :
1.  Sebagai salah satu syarat mengikuti UN / US
2.  Sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan prakerin
3.  Sebagai materi penilaian sehabis mengikuti prakerin
4.  Menjembatani kesenjangan pembelajaran yang di selenggarakan di Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Tegal.
5.   Sebagai materi kegiatan dalam peningkatan komppetensi di sekolah
1.4.Waktu Pelaksanaan Prakerin
1.  Waktu Pelaksanaan
    Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) di laksanakan di Restoran Sultan Seafood pada semester genap dimana  pelaksanaannya dimulai tanggal 2 Mei hingga dengan 31 Juli 2018.
2. Tempat Pelaksanaan
    Restoran Sultan Seafood yang terletak di Jalan Raya Sultan Agung No. 62 Kejambon Kota Tegal, Jawa Tengah.
1.5.Manfaat Praktek Kerja Industri
1. Mendapat pengalaman kerja sesuai dengan bidang kerjanya dan bekal dalam lingkungan pekerjaan yang sesungguhnya
2. Dapat menerapkan / mempraktekan semua teori yang di sanggup di sekolahdan di dunia industri
3. Meningkatkan efisiensi proses training pendidikan tenaga kerja yang berkualitas dan professional
4. Mempunyai kesempatan kerja yang lebih baik sehabis lulus selesai sekolah

BAB II
LAPORAN KEGIATAN

2.1 Profil Tempat Prakerin
Nama perusahaan/industri       : Sultan Seafood
Bidang usaha                           : Restaurant/rumah makan
Alamat                                     : Jl. Sultan Agung No. 62 Kejambon Kota Tegal
No. Telp                                   : 087736367979
Nama pimpinan perusahaan    : Aji Priyono, S. Th. I
    Dulunya restoran ini berjulukan Boombu Hot Resto, boombu Hot Restore sendiri didirikan oleh Bapak Aji Priyono semenjak 9 Oktober 2010. Alasan mendirikan ini karna pemilik menyukai dunia masakan serta sudah basicnya usaha. Dan pada tahun 2010 belum ada resto yang mempunyai ide-ide yang inovatif semoga sanggup diterima di lingkungan masyarakat sekitar. Dalam mendirikan resto ini sang pemilik mempunyai tujuan, yaitu tujuan ekonomi, Dan membuka Lapangan kerja bagi lingkungan sekitar.
    Namun pada tanggal 25 April 2018 resmi berganti nama menjadi Sultan Seafood. Alasan diubahnya nama menjadi Sultan Seafood, yang pertama karna merek Boombu Hot yang sudah Dari 2010. Barangkali konsumen bosen dengan Boombu Hot yang buka semenjak usang mana digantilah nama menjadi Sultan Seafood. Yang kedua juga lantaran profit keuntungan yang lebih besar dibandingkanmerek yang dulu.
Baca Juga : Laporan Prakerin PT. Komunika Utama Perkasa
1. Landasan RestoranSultan seafood terdapat pada The Frame Of Thinking   ( TFOT )
The Frame Of Thinking merupakan landasan / pedoman yang dipakai Restoran Sultan Seafood yang berisi VISI, MISI,dll.
Untuk secara terang sanggup dibagan The Frame Of Thinkng sebagai berikut :
The Frame of  Thingking Restoran Sultan Seafood
• Visi : 
   Menjadi salah satu perusahaan waralaba jasa boga terbaik di tempat dimana perusahaan berada dengan santunan SDM yang mempunyai kompetensi tinggi dalam penciptaan sajian yang berkualitas dan pelayanan yang memusakan pelanggan
• Tujuan :
   Pertumbuhan  profit dan perkembangan perjuangan dengan mengutamakan kepuasan,nilai, dan loyalitas pelanggan
•  Misi :
  Memenuhi kebutuhan pelanggan akan konsumsi yang bergizi tinggi hygienic dan kondusif bagi kesehatan
2. Falsafah Restoran Sultan Seafood :
  • Sumber daya insan professional sebagai kawan perjuangan strategis
  • Membangun loyalitas pelanggan yaitu kiprah utama kami
  • Kreatifitas  dan penemuan merupakan kunci sukses usaha
  • Management terbuka mendorong kerjasama tim menjadi lebih unggul
3.  Fasilitas yang dimiliki Restoran Sultan Seafood
  • Mushola
  • Halaman parkir luas
  • Toilet yang bersih
  •  Lesehan dan meja kursi
  • Free hot spot area
2.2  Deskripsi Lingkup Kerja Praktek Kerja Lapangan
Bidang pekerjaan
1. Pramusaji&Griter :
  • Menyambut&mengucapkan selamat datang/ selamat lagi, siang, sore, malam.
  • Mengantar tamu & mempersilahkan duduk dilesehan atau meja kursi
  • Memberikan sajian & pulpen kepada tamu sehingga tamu sanggup memesan Dan menulis sendiri pesanan mereka.
  • Membacakan menu/mengechek ulang yang sudah dipesan tamu.
  • Mengantar masakan kepada customer 
  • Clear up Dan crombing down
  • Menyapu halaman resto
  • Menata meja untuk bookingan
  • Memberitahu kepada tamu meja yang sudah dipesan atau meja yang belum dipesan
  • Menyapu lesehan bawah(kerpet)& lesehan atas
  • Mengisi handsoap yang sudah habis
  • Mencuci tray
  • Menyalakan lampu ketika sudah petang
  • Menyiram tanaman
  • Melengkapi tisue kalau tisu yang dimeja sudah habis
  • Mematikan & menghidupkan kipas angin
  • Membersihkan back basuh tangan dengan sikat
  • Menata minuman kedalam freezer
2. Asisten cooking
  • Mencuci peralatan memasak
  • Memetik kangkung&cabe
  • Menimbang kangkung,tauge,cabe dan materi lainnya yang perlu ditimbang
  • Memasak oseng (kangkung, tauge)
  • Menggoreng ayam,bebek, udang,cumi Dan ikan
  • Menata pesanan di box
  • Membuat box
  • Membuat wadah bungkusan kertas minyak
  • Menyucisayuranyang akan dimasak ibarat kangkung, tauge, kol,  dll
  • Memotong lalapan ibarat kol, Dan timun
  • Mencetak nasi
  • Membersihkan ganjal rotan
  • Menata rotan dengan ganjal daun pisang
  • Memeriksa pesanan customer sebelum diantar ke customer (food service)
  • Mengenal & menata sambal yang sudah jadi.
2.3  Pelayanan Prima
   Pelayanan prima artinya pelayanan yang diberikan kepada tamu secara maksimal, beretika, dan penuh sopan santun.
Selain itu pula dianjurkan untuk selalu berpegang pada budaya perusahaan 5 Syaitu :
a. Senyum
b. Salam
c. Sapa
d. Sopan
e. Santun
   Hal tersebut harus selalu diterapkan pada ketika terjun pribadi kedunia industry atau pada ketika jam kerja/ operasional

2.4 Dimensi First Impreson
   First impresson (kesan pertama) yaitu perpaduan perilaku verbal/ non verbal, bahasa badan dan ekspresi muka, yang diperlukan dengan cepat membuat kesan dibawah sadar pada orang-orang (RON WILLINGHAM “strategi pelayanan )
Ada 5 Dimensi First Impresson yaitu :
a. Face Language
Bahasa badan dalam bentuk ekspresi muka, ceria dan simpatik 
b.  Body Language
Bahasa badan dalam bentuk  ekspresi keluwesan bersopan santun
c.  Intonasi berbicara ( speak intonation )
Sebuah alunan frekuensi berbicara, sesuai  irama yang menyejukan, indah dan penuh kelembutan
d.  Responsive
Sebuah perilaku yang tanggap serta mengerti apa yang menjadi tingkat kebutuhan tamu, sehingga ada  tindakan kasatmata dalam menunjang pelayanan yang memuaskan
e. Kecepatan ( speed )
Sebuah refleksi kecepatan dalam setiap memperlihatkan pelayanan kepada tamu  sehingga  lebih sigap, tanggap, dan lincah dalam  langkah pelayanan

BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
   Setelah mengamati, mencatat dan melakukan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Restoran Sultan Seafood selama 3 bulan, penulis sanggup menarik kesimpulan sebagai berikut :
1. Letak Restoran yang strategis dan akomodasi yang memenuhi membuat penulis menentukan Restoran Sultan Seafood sebagai Praktek Kerja Industri
2. Solidaritas yang tinggi mendorong kerjsama tim menjadi lebih unggul
3. Mendapat ilmu pengetahuan tidak hanya berupa teori saja melainkan pribadi dipraktekan di lapangan
4. Di Restoran Sultan Seafood penulis ditempatkan di Departemen service bab waiterss,Greeter, Dan Asistan Cook.
B.       Saran-saran
A.    Untuk Sekolah
-          Waktu Kegiatan praktek di sekolah semoga ditambah
-          Fasilitas dalam praktek dan KBM semoga ditambah
B.     Untuk Sultan Seafood
-          Tingkatkan terus kretivitas dan penemuan SDM
-          Tetap selalu mengerti apa yang diinginkan tamu
-          Hindari kesalahan sekecil apapun, semoga tamu selalu puas dengan pelayanan yang di berikan
-          Perbaiki akomodasi demi kepuasan pelanggan
-          Selalu berinovasi dalam segala hal

Sumber http://sekolahmaning.blogspot.com

0 Response to "Laporan Pkl Di Sultan Seafood"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel