iklan

Laporan Prakerin Flashing Bios Best Service Center

     Tugas sekolah kali ini akan membagikan kiprah laporan praktek kerja industri atau prakerin yang dilakukan dan dibentuk oleh  siswi di tempat kota tegal yang dilaksanakan di BEST SERVICE.tujuan di bagikanya pola laporan ini untuk saling membuatkan informasi dan sanggup mempunyai kegunaan untuk kita semua :

BAB I    
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
1.    Secara Umum
     PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) yaitu acara pendidikan, pembinaan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya menyerupai di masa kini ini.
     Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan mekanisme tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia perjuangan maupun didunia industri setidaknya sudah mempunyai kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapat bekal dari pembimbing disekolah untuk mempunyai ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia perjuangan atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus mempunyai bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya biar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami hambatan dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapat ilmu-ilmu gres yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.
    Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diperlukan setiap siswa – siswi bisa mengikuti acara kerja serta memahami acara kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri biar siswa – siswi tersebut sanggup mencapai serta mendapat sesuatu yang baik dan mempunyai kegunaan bagi dirinya serta biar siswa – siswi tersebut bisa menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada di dunia perjuangan atau dunia industri sehingga bisa menciptakan dirinya diperhitungkan di dunia perjuangan atau dunia industri.
   Prakerin memperlihatkan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari. melalui prakerin siswa diperlukan bisa memahami ihwal bagaimana tata dan hukum di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan dan mental.
    Beberapa peraturan dalam melaksanakan acara Praktek Kerja Industri (Prakerin) beserta keputusan dari Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri (Prakerin) tersebut ada dibawah ini, yaitu sebagai berikut :
1. Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 ihwal Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan penerima didik melalui acara bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya dimasa yang akan datang.
2. Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1990 ihwal Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan penerima didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan penerima didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
3. Peraturan pemernitah No. 39 tahun 1992 ihwal kiprah serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
4. Keputusan Menteri No. 0490/1993 ihwal Kurikulum Sekolah Menengah kejuruan yang berisi bahwa dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam Sekolah dan Pendidikan diluar Sekolah.
5. Didalam lampiran keputusan MENDIKBUD ihwal kurikulum 1994 SMKTA yaitu dalam dokumen landasan, jadwal dan pembangunan kurikulum 1994 SMKTA, disebutkan bahwa peningkatan mutu dan relevasi Pendidikan Menengah Kejuruan diarahkan untuk mengembangkan suatu sistem yang utuh dan mantap sehingga terdapat kesinambungan antara dunia Pendidikan dan Dunia Kerja.
2.    Secara Khusus
      Tujuan khusus dari jadwal Praktek Kerja Industri ialah biar penulis memperoleh pengalaman yang sesuai dengan keterampilan, menambah wawasan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang jaringan & komputer, bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di sekolah untuk dipergunakan di dunia kerja dan memahami acara yang dilakukan di dunia perjuangan maupun industri.

B.  TUJUAN
1.    Secara Umum
a. Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang mempunyai tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan pekerjaan.
b. Memperkokoh link dan match (kesesuaian dan kesepadanan) antara Sekolah Menengah kejuruan dan dunia kerja.
c.  Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pembinaan kerja berkualitas.
d.  Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah kejuruan Negeri 1 Adiwerna.
2.    Secara Khusus
Tujuan dibuatnya laporan ini :
a.  Mengetahui ihwal IC BIOS yang mengalami troubleshooting pada notebook hp mini 110.
b. Memahami cara penyelesaian dari troubleshooting IC BIOS yang tidak sanggup memunculkan tampilan pada layar.

BAB II
TINJAUAN PERUSAHAAN
A.  Sejarah Perusahaan
            Awal berdirinya Best service pada tahun 2001, Best Service didirikan oleh Pak Teguh sebagai pemilik toko. Namun pada tahun 2001 toko ini hanya menyediakan jasa berbaikan dan peralatan elektronik saja. Dan pada tahun 2003 Best Service mulai menyediakan jasa perbaikan komputer, perawatan komputer, serta menjual peralatan komputer.
Pada tahun 2006 Best service telah berkembang hingga membuka 2 cabang. Cabang yang pertama terdapat di Jl. Imam Bonjol No.12 Slawi, sedangkan Best yang satunya lagi ada di Jl. Moh Yamin. Namun pada tahun yang bersamaan Best Service membuka sebuah warnet tetapi sangat disayangkan warnet tersebut tidak sanggup bertahan usang sehabis 3 bulan lamanya warnet tersebut harus ditutup.
Dan pada awal tahun 2008, Best berubah nama menjadi Best Service Computer alasannya yaitu pada tahun 2008 Best Service Computer hanya melayani pengadaan, perawatan dan perbaikan perangkat IT, dan hingga kini Best Service Computer hanya menangani kasus IT saja.

B.  Visi dan Misi Perusahaan
1.      Visi :
Menjadi perusahaan solusi IT terbaik dan membuka peluang kerja bagi masyarakat.
2.      Misi :
a.       Memberikan service dan produk IT yang berkualitas.
b.      Menjadikan SDM yang kreatif dan bermanfaat bagi sesama.
c.       Memberikan kepuasan kepada konsumen atas jasa yang ditawarkan.

C.  Tujuan Perusahaan
    Tujuan perusahaan ialah memperlihatkan solusi untuk kasus IT baik hardware maupun software. Dapat menjaga kelangsungan perjuangan dan sanggup juga mengembangkannya, dengan perjuangan ini pengalaman dan wawasan si pengusaha sanggup bertambah, dan membantu masayarakat biar tertarik untuk mengikuti perkembangan teknologi.

BAB III
LANDASAN TEORI
A. Pengertian Flashing
    Flash atau flashing merupakan langkah untuk mengupgrade atau memperbarui suatu sistem operasi yang sudah usang digunakan. Selain sistem operasi yang sudah lama, kasus lain yang memungkinkan melaksanakan flash ini yaitu pada salah satu komponen sistem operasi mengalami korup yang tidak memungkinkan laptop, notebook, atau handphone menjalankan sistem operasi menyerupai seharusnya.

B. Pengenalan BIOS  
   BIOS sendiri merupakan abreviasi dari Basic Input Output System yang merupakan sumber informasi dalam suatu software dalam komputer yang ditulis dalam bahasa assembly yang mengatur fungsi dasar hardware (perangkat keras) pada komputer. BIOS tertanam didalam chip sebuah memory (ROM ataupun Flash Memory yang berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor-CMOS)  yang ada terdapat pada mainboard. Pada sebuah baterai yang biasa kita sebut dengan baterai CMOS yang mempunyai fungsi untuk menjaga biar waktu atau tanggal dan setingan lainnya yang sebelumnya telah kita set pada BIOS tidak hilang atau akan kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan yang fungsinya akan terus berjalan layaknya sebuah jam.
C. Fungsi BIOS
Fungsi utama dari BIOS yaitu
•  Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras dalam proses yang disebut dengan POST (Power On Self Test).
•   Memuat dan menjalankan sistem operasi.
•  Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer menyerupai tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja serta kestabilan komputer.
• Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Service.
•  BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan sanggup mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibentuk dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang dipakai oleh mesin yang bersangkutan.

D. Komponen-Komponen pada BIOS
Beberapa komponen yang terdapat pada BIOS :
1.      Program BIOS Setup
    Program ini berfungsi untuk mengubah konfigurasi komputer menyerupai tipe harddisk, disk drive, administrasi daya, kinerja komputer, dan lain-lain sesuai impian user. Umumnya BIOS menyebunyikan detail-detail perangkat yang bisa dibilang cukup rumit apabila dilakukan secara eksklusif untuk itu dibutuhkan sedikit keahlian kalau kita ingin mengetahui lebih dalam detail-detail perangkat tersebut.
2.      Driver
    Fungsi dari driver ini ditunjukkan untuk perangkat-perangkat keras computer menyerupai VGA, input device, processor, dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16 bit yang merupakan keluarga dari DOS.
3.      Program Bootstraper Utama
    Program ini yang yang berperan dalam proses booting ke dalam sistem operasi yang telah terpasang.

E. IC BIOS
    IC (Integrated Circuit) yaitu nama lain dari chip. IC yaitu piranti elektronik yang dibentuk dari material semikonduktor. IC atau chip merupakan cikal bakal dari sebuah komputer dan segala jenis device yang menggunakan teknologi micro-controller lainnya. IC BIOS merupakan BIOS yang tertanam dalam sebuah chip memori (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor-CMOS) yang terdapat pada motherboard. IC BIOS mendapat suply daya dari sebuah baterai yang biasa disebut sebagai baterai CMOS berfungsi untuk menjaga biar tanggal dan setingan lainnya yang telah kita set pada BIOS tidak hilang atau kembali ke konfigurasi awal meskipun komputer dimatikan.

F. Troubleshooting BIOS
-   Hati-hati dalam update BIOS, ketika meng-update anda keliru menentukan versi BIOS, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak sanggup masuk ke BIOS.
Solusi : Biasanya update tidak sanggup dibatalkan, hanya jenis motherboard tertentu yang mempunyai backup BIOS pada chip-nya, Disitu tersimpan jenis orisinil BIOS yang tidak sanggup dihapus, untuk sanggup merestore-nya anda tinggal memindahkan posisi jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang orisinil telah direstore, kembalikan posisi jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan hingga kaki IC BIOS patah atau terbalik posisinya.
-   CPU mengeluarkan bunyi beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.
Solusi : Bunyi beep menunjukan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, biasanya kesalahan pada memori yang tidak terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, processor bahkan kabel data monitor pun bisa jadi penyebabnya. Silahkan anda periksa kasus tersebut.
-   Menambah perangkat hardware baru, tetapi tidak terdeteksi oleh BIOS.
Solusi : Kemungkinan besar bios anda sudah kuno sehingga tidak sanggup mendeteksi hardware yang baru, maka segera update BIOS anda.
-   Jam dan setting tanggal BIOS selalu berubah-ubah.
Solusi : Baterai CMOS sudah tidak berfungsi (mati), ganti dengan baterai yang baru

G. Spesifikasi Notebook HP MINI 110
    Notebook hp mini 110 ini dibekali dengan Processor Intel Atom N550 berkecepatan 1.5GHz yang sangat cukup kalau hanya dipakai untuk keperluan sehari-hari saja, menyerupai browsing, mengerjakan tugas, nonton film, dll. Agar menunjang semua aktifitas yang ada pada notebook ini juga disediakan RAM sebesar 1GB yang mempunyai kegunaan menambah kinerja notebook ini. Juga dibekali dengan media tempat penyimpanan yang sangat cukup untuk menyimpan banyak sekali macam file-file.
    Dari segi desain notebook hp mini 110 ini juga mempunyai ukuran layar sebesar 10.1 inch dan resolusi 1024x600 yang sangat menarik perhatian karena bentuknya yang imut dan kecil, biar menunjang kualitas HD layar notebook ini juga disediakan Graphics Processor Intel GMA3150 yang menambah ketajaman dan kejernihan tampilan notebook ini. Juga kemudahan yang disediakan notebook ini cukup lengkap menyerupai Web camera, Bluetooth, USB2.0 tentunya sangat membantu dalam aktifitas sehari-hari.
Spesifikasi hp mini 110
•       Processor Intel Atom N550
•       Kecepatan Processor 1.5Ghz
•       Ukuran Memory 1GB DDR3
•       Ukuran Hard Drive 250GB 5400rpm
•       Graphics Processor Intel GMA3150 
•       Ukuran Layar 10.1 inch
•       Resolusi 1024x600
•       Tipe Wireless LAN IEEE802.11b/g/n
•       Lainnya/Koneksi Nikrabel
      Web camera 
•       Bluetooth,Lan, Wifi
       USB2.0
•       Dimensi (WxHxD) 191x 22.8 32x 268 
•       Berat 1.4kg
•       Operating System Free DOS

BAB IV
ISI LAPORAN
A. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
   Waktu dan tempat pelaksanaan acara Praktek Kerja Industri yang dilakukan penulis dilaksanakan pada :
            Tanggal : 2 Juli 2018 s/d 29 September 2018
            Waktu   : 3 Bulan / 13 Minggu / 563 Jam
            Tempat : Best Service Center
            Alamat  : Jl. Imam Bonjol No. 12, Slawi.

B.  Alat dan Bahan
Berikut merupakan alat dan materi yang dipakai ketika mengatasi  :
1.      Alat
Alat yang dipakai untuk mengatasi troubleshooting BIOS pada notebook HP mini 110 yaitu :
a.  Komputer atau Laptop
   Komputer atau Laptop dipakai sebagai media untuk flash BIOS yang di dalamnya sudah ada software flash BIOS yang akan digunakan.
b.  Solder
   Fungsi solder disini dipakai untuk memasang IC BIOS yang sudah selesai diflash untuk dipasang ke motherboard.
c.  Blower Uap
    Blower uap dalam melaksanakan perbaikan (repair) peralatan elektronik maka solder uap atau blower ini berfungsi untuk mencabut serta memasang ulang kembali spart part komponen elektronik. Pada troubleshooting kali ini blower uap dipakai untuk mencabut IC BIOS.
d. Penjepit
  Seperti namanya alat ini dipakai untuk menjepit atau mengambil IC BIOS pada motherboard yang sudah dilepas menggunakan blower uap.
e. Alat Flash BIOS
   Alat flash BIOS yang berjulukan USB-Highspeed programmer EZP2013 merupakan alat yang berfungsi untuk mereparasi (flash) banyak sekali macam memori, menghapus dan flash ulang IC.
f. Obeng
  Obeng pada project ini dipakai untuk membuka atau melepas dan memasang baut pada motherboard.
2.      Bahan
a.  Motherboard
  Motherboard ini dipakai sebagai tempat untuk memasang beberapa komponen dasar pada motherboard menyerupai IC BIOS, dll.
b. IC BIOS
   Digunakan sebagai materi utama pada project kali ini. IC BIOS merupakan chipset BIOS yang memuat banyak sekali macam konfigurasi dasar BIOS.
c. Software Flash BIOS
   Software flash BIOS merupakan perangkat lunak yang dipakai untuk jadwal mereparasi (flash) BIOS pada computer atau laptop.
d. Pasta Flux
  Pasta flux merupakan pasta yang dipakai untuk membantu melelehkan timah pada proses pensolderan dan melindungi komponen dari panas yang berlebih dari solder. Pada project kali ini, pasta flux dipakai untuk membantu melepas IC BIOS pada motherboard dengan blower uap.
e. Tinol
   Tinol berfungsi sebagai materi yang dipakai untuk menyambungkan antara dua materi komponen pada proses pensolderan yaitu komponen elektronikan dengan papan pcb atau motherboard.
f. Software Flash BIOS
   Software ini dipakai sebagai materi untuk melaksanakan konfigurasi-konfgurasi untuk melaksanakan flashing pada IC BIOS.

BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
     Berdasarkan pengalaman selama melaksanakan Praktek Kerja Industri (prakerin) di Best Service Center selama tiga bulan, maka penulis sanggup menarik kesimpulan antara lain :
-  Dapat mengetahui ihwal IC BIOS yang mengalami troubleshooting pada notebook hp mini 110.
-  Dapat memahami cara penyelesaian dari troubleshooting IC BIOS yang tidak sanggup memunculkan tampilan pada layar.  

B. Saran-saran
1.      Untuk Sekolah
1)   Perlu ditingkatkannya praktek-praktek di sekolah.
2)   Tidak membiarkan kelas siswa dalam keadaan kosong. Dalam hal ini yaitu tidak ada kejelasan dari guru yang mengampuh mata pelajaran tersebut sehingga acara jam berguru menjadi sia-sia.
3)    Melengkapi sarana dan prasarana Sekolah (berkaitan dengan kebutuhan paket keahlian Teknik Komputer Jaringan).
4)    Selalu memperlihatkan bimbingan dan motivasi bagi siswa-siswi dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri.
2.      Untuk Siswa
1)    Mengusahakan biar segera mencari tempat Prakerin.
2)    Persiapkan fisik, materi, dan mental dengan baik sebelum Prakerin biar selama acara Prakerin sanggup berlangsung dengan lancar.
3)    Menjaga nama baik Sekolah selama acara Prakerin berlangsung.
4)    Patuhi tata tertib dari pihak Perusahaan dan Sekolah.
5)    Jadikan Prakerin ini sebagai pengalaman yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Sumber http://sekolahmaning.blogspot.com

0 Response to "Laporan Prakerin Flashing Bios Best Service Center"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel