iklan

“Pengertian, Jenis-Jenis Serta Contoh” Tindakan Ekonomi

Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh dari Tindakan Ekonomi | Manusia sebagai makhluk ekonomi, insan harus berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam perjuangan pemenuhan kebutuhan hidup insan mengalami banyak masalah. Contohnya, insan selalau mengalami dimana banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, tetapi untuk memnuhi kebutuhan itu terhalang alasannya keterbatasan jumlah uang yang dimiliki.

Keadaan tersebut mendorong insan untuk bersikap cerdas dan cermat dalam mengatasi problem yang dihadapinya, yaitu menyerupai dengan membeli barang-barang berharga murah.

Hal ini menandakan bahwa insan dalam mempertimbangkan dan menentukan hal yang terbaik dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup mereka dengan memakai aliran mereka secara rasional.

Setiap perjuangan yang dilakukan oleh insan ini dengan melalui proses pertimbangan yang sangat matang disebut dengan Tindakan Ekonomi.

Tindakan ekonomi muncul alasannya adanya suatu keterbatasan pada sarana untuk memenuhi kebutuhan insan yang tidak terbatas. Contoh dari sarana pemenuhan kebutuhan insan yaitu berupa uang, barang, maupun jasa.

Karena keterbatasan ini, insan harus menentukan kebutuhan mana yang harus diutamakan dan kebutuhan mana yang sanggup ditunda atau diganti.

Jenis serta Contoh dari Tindakan Ekonomi “Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh” Tindakan Ekonomi

Baca juga:

  1.  10 Prinsip Dasar Ekonomi Syariah
  2. “Pengertian, Karakteristik, Serta Tujuan” Ekonomi Syariah
  3.  3 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Pengertian Tindakan Ekonomi

Pengertian Tindakan ekonomi yaitu suatu tindakan yang dilakukan insan yang didorong oleh perjuangan dalam pemenuhan suatu kebutuhan untuk mencapai suatu kemakmuran dalam hidupnya.

Disebut sebagai tindakan ekonomi mempunyai syarat yaitu, jikalau tindakan tersebut dilakukan dengan melalui proses mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil yang didapatkan, serta menentukan hal yang sempurna dalam pemenuhan suatu kebutuhan yang harus didahulukan dan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Dalam perjuangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, insan melaksanakan tindakan ekonomi dengan menentukan beberapa pilihan yang paling menguntungkan bagi mereka, namun harus didasarkan dengan aliran yang rasional, yaitu dengan membandingkan antara jumlah pengorbanan yang mereka lakukan untuk mendapat hasil yang akan diperoleh. Oleh alasannya itu, dalam melaksanakan tindakan ekonomi insan harus bersikap cerdas dan cermat.

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi terbagi menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut:

1. Tindakan ekonomi rasional

Tindakan ekonomi rasional merupakan salah satu jenis tindakan ekonomi yang berlandaskan atas dasar dalam menentukan hal yang paling baik dan yang paling menguntungkan bagi hidupnya. Agar insan sanggup meningkatkan kehidupan ekonominya menjadi lebih baik.

Rasional yaitu suatu aliran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Tindakan yang rasional ini diharapkan oleh insan dalam kehidupan sehari-hari serta dalam berusaha.

Dengan berdasarkan pertimbangan untung atau rugi, insan bisa meningkatkan kehidupan ekonominya menjadi lebih baik. Pertimbangan rasional dimulai dari hal yang kecil sampai hal yang besar.

Ciri-ciri tindakan ekonomi rasional

• Untuk mendapat suatu kepuasan yang maksimal, namun dilakukan dengan pengorbanan yang minimal. Hal ini dalam ilmu ekonomi disebut dengan prinsip ekonomi.
• Tindakan ekonomi didorong oleh suatu kepentingan. Dorongan dalam ilmu ekonomi disebut dengan motif ekonomi.

Contoh : Iga harus membeli seragam sekolah dan baju baru, namun ia hanya mempunyai uang yang cukup untuk sanggup membeli satu pakaian saja. Dengan mempertimbangan dengan sangat matang, karenanya ia tetapkan membeli seragam sekolah dengan alasan bahwa seragam sekolah merupakan prioritas yang lebih penting daripada baju baru.

2. Tindakan ekonomi irasional

Tindakan ekonomi irasional merupakan tindakan insan yang memperkirakan bahwa hal itu menguntungkan namun pada kenyataannya malah merugikan.

Biasanya, seseorang yang bertindak irasional tidak mempertimbangkan wacana faktor yang mempengaruhinya menyerupai biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan.

Contohnya : Bibi membeli beras dipasar yang jaraknya lebih jauh dari rumah, dengan alasan harga beras dipasar tersebut lebih murah, padahal jikalau dihitung dengan biaya ongkos yang dikeluarkan untuk pergi kesana, yaitu akan sama atau bahkan lebih mahal dengan pasar yang erat dengan rumah.

Jenis serta Contoh dari Tindakan Ekonomi “Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh” Tindakan Ekonomi

Baca juga:

  1. [7 Point] Masalah Ekonomi Makro dan Mikro
  2. Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab dan Cara Mengatasinya
  3. 17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi

Contoh Tindakan Ekonomi

Setiap aktivitas yang dilakukan oleh insan bertujuan untuk memenuhi kebutuhannya. Contohnya Mumu diberi uang saku oleh ibunya untuk kebutuhan hidupnya selama sebulan penuh. Dengan uang tersebut, Mumu sanggup membeli apa pun yang ia inginkan.

Namun, alasannya ia mempunyai banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi, maka ia harus sanggup memakai uang sakunya seefesien mungkin, caranya yaitu dengan menciptakan daftar atau list prioritas kebutuhan.

Bisa saja Mumu memakai uang itu untuk membeli makan, ongkos naik angkot, atau membeli perlengkapan sekolah. Namun dikala Mumu menentukan untuk membeli perlengkapan sekolah dengan banyak sekali pertimbangan tertentu, maka secara tidak eksklusif Mumu telah melaksanakan tindakan ekonomi.

Itulah tadi pembahasan [Pengertian, Jenis-Jenis serta Contoh] Tindakan Ekonomi, Semoga sanggup menambah wawasan dan bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. 17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi
  2. [Pengertian dan Contoh] Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith
  3. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  4. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]
  5.  (Lengkap) Pengertian, Contoh, Fungsi Lembaga Ekonomi dan Tujuannya

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

0 Response to "“Pengertian, Jenis-Jenis Serta Contoh” Tindakan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel