iklan

Pengertian Laporan Perubahan Modal Dan Cara Menyusun Laporan Perubahan Modal Pada Ukm

Jenis laporan keuangan cukup banyak, salah satu jenis laporan keuangan yaitu laporan perubahan modal. Banyak pengusaha UKM (Usaha Kecil Menengah) yang belum mengerti sama sekali mengenai perubahan modal. Padahal ini penting untuk kelangsung bisnis Anda. Kita akan bahas Laporan perubahan modal pada UKM.


Laporan keuangan memang menjadi hal yang vital dalam setiap menjalankan usaha. Banyak pengusaha yang tidak menciptakan laporan keuangan pada usahanya, dengan alasan mereka tidak mengerti mengenai laporan keuangan. Alasan tersebut tidak sanggup dijadikan alibi pengusaha untuk tidak menciptakan laporan keuangan. Laporan keuangan terdiri dari laporan keuntungan rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan juga laporan perubahan modal.


Apa Itu Laporan Perubahan Modal?


Sebelum kita menawarkan beberapa teladan laporan perubahan modal, SolusiUkm akan menawarkan pengertian mengenai laporan perubahan modal itu sendiri. Sehingga Anda sebagai pengusaha UKM sanggup mengetahui secara terang apa itu laporan perubahan modal, dan kenapa laporan perubahan untuk UKM itu penting.


Laporan perubahan modal ialah sebuah laporan yang berisi mengenai modal yang dimiliki oleh perusahaan, serta bagaimana modal-modal tersebut sanggup berubah. Perubahan ini sanggup berupa penambahan modal maupun pengurangan modal perjuangan sampai selesai periode akuntansi.


Pada UKM, laporan perubahan modal terdiri atas modal awal UKM, keuntungan dan rugi yang diperoleh dalam periode tertentu. Sehingga laporan keuntungan rugi ini sangat akrab kaitannya dengan laporan perubahan modal. Sehingga dengan adanya laporan keuangan perubahan modal ini, pengusaha sanggup mengetahui berapa modal selesai dari modal yang tersisa.


Menyusun Laporan Perubahan Modal


Setelah Anda mengetahui apa itu laporan perubahan modal, mungkin kini Anda bertanya-tanya bagaimana menyusun laporan perubahan modal pada UKM. Apa lagi banyak pengusaha UKM yang tidak mengerti mengenai akuntansi. Berikut beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk menyusun laporan perubahan modal.



  1. Modal awal yang dimiliki oleh UKM

  2. Laba higienis dan keuntungan kotor, berasal dari laporan keuntungan rugi

  3. Modal investasi (Jika ada). Apabila Anda mendapat dana dari investor

  4. Pengambilan pribadi

  5. Modal akhir

  6. Laba bersih


Apa Saja yang Menyebabkan Perubahan Modal:



  1. Adanya Tambahan modal, baik investasi atau apapun

  2. Laba dan kerugian usaha

  3. Mengambil Modal bila ada keperluan


Fungsi Laporan Perubahan Modal Pada UKM



  • Agar sanggup merangkum aktiva pembayaran dan investasi serta dana yang dihasilkan selama periode akuntansi

  • Melengkapi perubahan dari modal kerja


Contoh Laporan Perubahan Modal pada UKM


 yang belum mengerti sama sekali mengenai perubahan modal Pengertian Laporan Perubahan Modal dan Cara Menyusun Laporan Perubahan Modal pada UKM

Contoh Laporan Perubahan Modal untuk UKM

 yang belum mengerti sama sekali mengenai perubahan modal Pengertian Laporan Perubahan Modal dan Cara Menyusun Laporan Perubahan Modal pada UKM

Laporan perubahan modal Pada UKM


Bentuk Laporan Perubahan Modal


Bentuk laporan perubahan modal sanggup dilihat ibarat teladan di atas. Tapi Anda juga sanggup menciptakan laporan perubahan modal untuk UKM tidak harus ibarat mirip yang di atas. Laporan perubahan modal merupakan laporan yang cukup penting, dan terjadi akhir operasi UKM pada suatu periode akuntansi tertentu. Sehingga Anda mengetahui berapa jumlah modal yang telah Anda keluarkan selama satu tahun periode akuntansi atau setiap enam bulan periode akuntansi.


Jika Anda tidak mengerti dalam penyusunan laporan perubahan modal pada UKM, sebaiknya Anda menciptakan laporan tersebut dengan memakai software akuntansi online. Anda sanggup memakai software Accurate Online untuk menyusun banyak sekali laporan keuangan, termasuk laporan keuangan perubahan modal.


Accurate Online merupakan software akuntansi yang sangat cocok dipakai oleh UKM di Indonesia. Karena Accurate Online mempunyai tampilan user friendly, serta mempunyai versi ringan yang sanggup diakses di smartphone. Kaprikornus sangat memudahkan Anda dalam mengurus laporan keuangan sampai laporan pajak usaha.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Pengertian Laporan Perubahan Modal Dan Cara Menyusun Laporan Perubahan Modal Pada Ukm"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel