iklan

Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat

Sedulurtani.com. Sebelum melaksanakan budidaya tumbuhan teh, maka sebaiknya terlebih dahulu untuk mengetahui syarat tumbuh dari tumbuhan tersebut.


Dimana tumbuhan teh yang diusahakan pada tempat yang sesuai dengan syarat tumbuhnya akan menghasilkan produksi yang tinggi dan kualitasnya pun juga baik.


 maka sebaiknya terlebih dahulu untuk mengetahui syarat tumbuh dari tumbuhan tersebut Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat
Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat

Berikut ini yakni syarat tumbuh dari tumbuhan teh yang sesuai :

a. Iklim


Secara umum teh di tempat tropis ditanaman pada ketinggian sekitar 800-1100 m dpl. Akan tetapi tumbuhan teh akan berproduksi dan menghasilkan kualitas yang baik apabila ditanam pada ketinggian 700- 1000 mdpl.


Sedangkan pada ketinggian 400-800 mdpl tumbuhan teh memerlukan tumbuhan pelindung sementara maupun tetap dan juga diharapkan mulsa plastik untuk menurunkan suhu tanah.


Selain ketinggian, tumbuhan teh juga menghendaki curah hujan antara 2.000-2.500 mm per tahun. Pada tempat tropis tumbuhan ini tidak tahan terhadap kemarau yang panjang. Curah hujan yang ideal tidak kurang dari 100 mm/ bulan sepanjang tahun.


Suhu ideal untuk tumbuhan teh berkisar 18-30o C. Apabila suhu diatas 30o C, maka kondisi tersebut akan sanggup menghambat pertumbuhan tumbuhan teh.


Jenis angin yang berhembus membawa udara panas akan membawa imbas yang tidak baik bagi pertumbuhan tumbuhan teh. Apabila angin ini berhembus selema 4 hari berturut-turut, maka sanggup mennyebabkan kerontokan pada daun.


Kerontokan ini disebabkan lantaran ketidakseimbangan antara penguapan dan kemampuan akar menghisap air. Selain itu angin juga sanggup menjadikan hama dan penyakit yang sanggup menyerang tumbuhan teh.


Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat

b. Tanah


Tanah yang cocok untuk budidaya tumbuhan teh, yaitu tanah yang subur, tidak bercadas, dan mengandung banyak materi organik.


pH tanah yang ideal untuk tumbuhan teh antara 4,5-6,5, dan umumnya tumbuhan ini tumbuh dengan baik pada lereng-lereng pegunungan berapi yaitu pada tanah andisol.


Selain jenis tanah Andisol, tanah yang cocok untuk menanam teh, yaitu jenis tanah Latosol dan Podzolik. Kedua jenis tanah ini terdapat di tempat yang rendah di bawah 800 m dpl.


c. Elevasi


Elevasi tidak menjadi pembatas dalam pertumbuhan tumbuhan teh yang diusahakan. Dimana dalam hal ini terdapat kaitan antara elevasi dengan unsur iklim menyerupai suhu udara.


Semakin rendah elevasi tumbuhan maka suhu udara pun akan semakin tinggi. Oleh lantaran itu, untuk mengantisipasi suhu yang tinggi pada dataran rendah perlu dilakukan penanaman pohon pelindung.


Dengan adanya tumbuhan pelindung tersebut akan sanggup menghipnotis suhu udara menjadi rendah, sehingga akan baik untuk pertumbuhan tumbuhan teh.


Menurut keserasian elevasi di Indonesia terdapat tiga daerah, yaitu:



  1. Daerah rendah < 800 m di atas permukaan laut

  2. Daerah sedang 800 – 1.200 m di atas permukaan laut

  3. Daerah tinggi > 1.200 m di atas permukaan laut


Dalam budidaya tumbuhan teh mutu yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh suhu udara, dimana pada umumnya aroma teh yang dihasilkan pada dataran tinggi akan lebih baik daripada dataran rendah.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat. Semoga sanggup menjadi acuan bagi Anda yang sedang mencari isu terkait syarat tumbuh tumbuhan teh.

Follow juga saya diFacebook.




Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel